Skip to main content

Wisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Letak Wisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru berada di wilayah kabupaten pasuruan,kab Malang ,Kabupaten Lumajang ,dan Kabupaten Probolinggo.dan terdaftar sebagai taman nasional di Jawa Timur, Indonesia.

Taman yang bentangan barat-timurnya sekitar 20-30 kilometer dan utara-selatannya sekitar 40 km ini ditetapkan sejak tahun 1982 dengan luas wilayahnya sekitar 50.276,3 ha.

Di area ini terdapat kaldera /lautan pasir yang luasnya mencapai lebih kurang 6290 ha. Batas kaldera lautan pasir ini berupa dinding terjal, dan mempunyai ketinggian 200-700 mdpl.

  • Terdapat Kekayaan Flora & Fauna

Di wisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru memiliki tipe ekosistem sub-montana, montana dan sub-alphin dengan pohon-pohon yang besar.

Yang berusia ratusan tahun antara lain cemara gunung, jamuju, edelweis, berbagai jenis anggrek dan rumput langka.

Pada dinding yang mengelilingi wisata Taman nasional Bromo Tengger Semeru terdapat banyak rerumputan, centigi, akasia, cemara, dll.

  • foto jenis tumbuhan di Wisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

  • Satwa di wisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Keragaman Satwa juga terdapat di wisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini diantaranya: luwak , rusa , kera ekor panjang , kijang , ayam hutan merah , macan tutul…

dan berbagai jenis burung seperti alap-alap burung, rangkong , elang ular bido , srigunting hitam, elang bondol dan belibis yang hidup di Ranu Kumbolo Ranu Pani dan Ranu Regulo.

Pemerintah jawa timur menggalakkan taman nasional ini menjadi tujuan utama.

Sedangkan untuk akses ke wisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru sekarang sangatlah mudah bagi wisatawan luar negeri maupun domestik.

Adanya penerbangan langsung Malang-Jakarta, Malang-Denpasar atau Malang-Surabaya diharapkan menjadi terus meningkat.

Tersedia travel tujuan Malang bagi anda yang baru mendarat di Juanda Surabaya berikut infonya:

Baca: Travel Malang Juanda Surabaya

Untuk gunung Bromo sendiri memang menjadi daya tarik utama wisatawan,sedangkan gunung Semeru menjadi daya tarik tersendiri.

Bagi para pendaki,perlu diketahui gunung semeru ini adalah gunung tertinggi di pulau jawa yang memiliki ketinggian 3.676 m.

Dan untuk mendaki gunung semeru ini tidaklah mudah bagi semua orang dan pendaki juga harus memiliki izin atau guide (pendamping) dari kantor pengelola taman nasional yang ada di Malang.

Bagi penggemar hiking direkomendasikan ambil rute dari Malang agar bisa menikmati keindahan lautan pasir yang panjang.

Awal start point bisa dimulai dari Ngadas yang merupakan desa terakhir yang berada di area taman nasional, serta tempat untuk melengkapi…

perbekalan terutama persediaan air karena setelah kawasan ini tidak akan lagi dijumpai sumber air.

Itulah sedikit ulasan dari travelloraTOUR.com tentang wisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru….happy traveling.