Skip to main content
Wisata Gunng Puncak B29

Wisata Puncak B29 – Negeri di Atas Awan Lumajang

Wisata Puncak B29 –  Wisata yang menyuguhi pesona alam yang wajib dikunjungi salah satu nya adalah wisata Puncak B29. Bagi pencinta alam mendengar kata pegunungan Tengger, Bromo, Semeru sudah sangat tidak asing lagi, nah wisata B29 ini masih satu kawasan dengan gugusan pegunungan itu.

Lokasi dan Rute Menuju ke Puncak B29

Sebagai bagian dari Gunung Bromo, Puncak B29 terletak di Lumajang, lebih Tepatnya ada di Ds. Argosari, Kec. Senduro, Kab. Lumajang, Provinsi Jatim. Bagi wisatawan dari luar kota, disarankan agar wisatawan berkunjung menggunakan kendaraan pribadi. Disarankan demikian karena untuk memudahkan akses menuju ke lokasi.

Wisata Gunng Puncak B29

Jika pengunjung menggunakan kendaraan umum seperti bis umum, maka pastikan berhenti di Kecamatan Senduro, Desa Argosari. Lalu jika dirasa tidak memungkinkan untuk berjalan kaki menuju puncaknya. Ada alternatif lain yaitu bisa naik ojek dengan tarif Rp50.000,- sampai dengan Rp100.000,- tergantung sekali perjalanan atau berangkat dan pergi.

Para wisatawan pun tidak perlu khawatir saat berwisata di sini. Ini dikarenakan lokasi ini termasuk objek wisata alam yang memiliki kelengkapan fasilitas. Adapun fasilitas yang tersedia antara lain seperti: penginapan, ojek, parkir kendaraan, kamar mandi, mushola, dan sebagainya.

Baca Juga :
Djawatan Benculuk Banyuwangi
Pulau Gili Ketapang

Atraksi Wisata yang Ada di Puncak B29

Orang pergi berwisata ke suatu tempat pastinya karena tertarik dengan atraksi wisata apa yang ditawarkan. Demikian halnya dengan lokasi wisata alam yang satu ini. Oleh karenanya, berikut adalah beberapa atraksi wisata yang bisa dilakukan saat berada di Puncak B29:

Belajar Kultur Budaya setempat

Berwisata ke bukit B29 pasti tidak akan lepas dari wisata budaya. Penduduk asli yang tinggal disekitar Gunung Bromo atau sering disebut dengan suku Tengger. Mereka memiliki kesenian dan kebudayaan yang sangat unik. Penduduk asli Tengger yang terkenal ramah akan menyuguhi wisatawan dengan kesenian maupun kebudayaan mereka disaat saat tertentu.

Mengabadikan Memori di Spot Foto Terbaik

Puncak B29 Lumajang Jatim

Kawasan Gunung Bromo telah dikenal menjadi sebuah obyek wisata bagi wisatawan yang suka traveling dan mendaki gunung. Bagian paling dicari cari oleh wisatawan adalah keindahan alamnya, seperti kawah Gunung Bromo dan lautan pasir atau sering disebut dengan pasir berbisik. Pengunjung pasti melewati lautan pasir yang sudah terkenal itu dalam perjalanan menuju ke puncak.

Keindahan bentangan kawasan Gunung Bromo itu bisa disaksikan langsung dari puncak tertinggi di kawasan Pegunungan Tengger ini. Spot foto terbaik yang ditawarkan terletak di kawasan Kabupaten Lumajang. Bahkan pengunjung bisa melihat Pura Luhur Poten yang berada di Bromo dari Puncak B29 dengan bidikan lensa tele.

Sensasi Mengunjungi Negeri di Atas Awan

Pengunjung akan sampai di puncak dengan melewati jalur yang berkelok kelok yang cukup memacu adrenalin. Kemudian, semua itu akan terbayar begitu tiba di lokasi ini. Decak kagum pun tak akan terhenti dan memuji Sang Kuasa atas ciptaan-Nya.

Dari atas puncak ini, pengunjung dapat melihat hamparan luas lautan awan putih dari puncak bukit. Para pengunjung akan disuguhi panorama paling unik sembari layaknya sedang berada di atas awan. Pasti berada di tempat ini menjadi pengalaman paling menyenangkan.

Masyarakatnya sekitar sekitar menyebut puncak ini dengan sebutan Puncak Songolikur. Kata songolikur sendiri dalam Bahasa Indonesia berarti dua puluh sembilan. Hal ini melambangkan ketinggian lokasi ini, yakni 2900 mdpl. Masih belum jelas terbukti apakah nama B29 sendiri bersumber dari hal ini atau bukan.

Melihat Keindahan Kaldera Bromo

Tahukah apa itu kaldera? Itu merupakan istilah untuk menyebut pusat letusan dari sebuah gunung berapi. Kaldera gunung Bromo sendiri memiliki diameter hingga lebih dari 2 kilometer. Adapun kawahnya mempunyai diameter lebih kecil yaitu kurang dari ukuran tersebut. Bisa dibayangkan bahwa kaldera Bromo sangat istimewa.

Barisan perbukitan yang mengelilingi pun akan tampak seperti sebuah benteng. Pemandangan seperti ini jelas sulit untuk ditemui di lokasi lain. Oleh karenanya, pastikan untuk berkunjung saat cuaca cerah agar dapat melihat pemandangan dengan jelas. Bonus lainnya, selain pemandangan Kaldera Bromo beserta barisan perbukitannya, penorama berlatar Gunung Batok pun dapat terlihat jelas.

Menyaksikan Letusan Puncak Mahameru

Apabila ditarik garis lurus, Puncak Mahameru berjarak sekitar 18 kilometer jauhnya dari lokasi ini. Akan tetapi, pengunjung tetap bisa melihat kemegahan Mahameru dengan mata telanjang. Karena posisinya yang sama-sama berada di ketinggian, Puncak Mahameru pun terlihat seolah tepat di sebelah puncak ini.

Pemandangan terbaik dapat disaksikan saat langit cerah dengan langit biru sebagai latar belakang. Selain itu, karena Gunung Semeru masih aktif, sesekali akan terlihat letupan kecil awan panas dari Puncak Mahameru. Akan tetapi tenang saja, jaraknya cukup jauh sehingga keamanan pengunjung pun terjamin. Jika beruntung, bisa dijadikan sebagai objek berikutnya untuk diabadikan melalui lensa kamera.

Melihat Gunung Arjuno-Welirang

Berwisata ke puncak ini memang sudah merupakan paket komplit. Ini dikarenakan, selain dapat menyaksikan pemandangan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, pengunjung juga disuguhi pemandangan Gunung Arjuno-Welirang. Pemandangan yang satu ini dapat disaksisan jika memandang ke arah barat dari puncak.

Yang sebelah kanan merupakan Puncak Arjuno, dan di sisi kanan adalah Puncak Welirang. Jika bingung membedakan, maka Puncak Welirang adalah yang mengeluarkan kepulan asap.

Berkunjung ke Tempat Suci Menurut Kepercayaan Suku Tengger

Sebagian suku Tengger menyebutkan bahwa puncak ini merupakan lokasi yang sakral. Hal ini dikarenakan, pada bagian Puncak tersebut, terdapat sebuah bangunan yang dipercaya suci oleh masyarakat Tengger. Bangunan tersebut konon katanya merupakan lokasi di mana tiga tokoh besar Tengger pernah bersemedi.

Ketiga tokoh tersebut adalah Joko Noto, Joko Niti, dan Sapu Jagad. Ketiganya masih dipercaya sebagai pembawa keberkahan bagi masyarakat setempat. Oleh karenanya, puncak ini pun dianggap sebagai tempat suci oleh warga Tengger dan sering dijadikan sebagai lokasi permulaan ritual.

Menyaksikan Matahari Terbit dan Tenggelam

Puncak B29 Lumajang

Aktivitas yang tak boleh terlupakaan saat berada di puncak sebuah gunung adalah menyambut dan mengantarkan matahari. Apalagi kalau bukan menyaksikan matahari terbit serta melihat matahari terbenam. Tinggal pilih saja sisi puncak sebelah mana sesuai dengan waktunya. Saat terbit, maka pilih sisi sebelah timur dan saat terbenam, maka pilih ke sisi sebelah barat.

Bermalam di Puncak Gunung

Banyak pengunjung yang sengaja berkemah di puncak ini. Salah satu alasannya adalah ingin melihat keindahan panorama alam di malam hari. Bagi Pecinta dunia fotografi, suasa malam hari di puncak yang satu ini ini akan menjadikan hasil yang terbaik. Khususnya saat langit cerah dan gemerlap bintang tampak terang.

Baca Juga :
Makanan Khas Bali
Pantai Pandawa

Sudah banyak orang yang mengakui keindahan negeri di atas awan dalam wujud Puncak B29. Oleh karenanya, pastikan untuk mendapatkan pengalaman yang sama dan buktikan langsung kebenarannya. Segera pilih waktu terbaik untuk datang ke lokasi wisata ini dan rasakan langsung sensasi berada lebih tinggi dari awan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PESAN TRAVEL SEKARANG