Skip to main content
Warung-Bebek-Tugu-Pahlawan

Ini Wisata Kuliner Surabaya, Yang Wajib Dinikmati

Kota Pahlawan Surabaya tidak hanya dikenal dengan kisah sejarah perjuangan yang disebut “peristiwa 10 november”. Namun, wisata kuliner di Surabaya juga terkenal dan menjadi ciri khas yang tidak terlupakan.

Siapa pun yang berkunjung ke Ibu Kota Jawa Timur ini, tentu kurang bermakna jika tidak mencicipi makanan khas Surabaya. Dijamin, lidah bergoyang dan tidak memberatkan dompet. Ini dikarenakan, selain rasanya yang nikmat, sebagian besar menu kuliner dibandrol dengan harga di bawah Rp50.000 rupiah. Berikut wisata kuliner di Surabaya, yaitu:

1. Sate Klopo Ondomohen

Sate Klopo Ondomohen

Lokasi wisata kuliner di Surabaya yang pertama adalah Ondomahen. Di sini terdapat aneka macam jenis sate yang diolah dengan berbagai teknik. Salah satunya yang populer adalah sate klopo. Bahan satenya sendiri dibuat dari berbagai jenis daging, termasuk udang, hingga sumsum tulang. 

Yang membedakan sate ini dengan sate lainnya adalah setelah matang, sate disajikan dengan taburan parutan kelapa yang telah disangrai. Aroma wangi khas kelapa pun semakin menambah nikmat rasa sate. Agar bisa menikmati sate ini, datang saja ke Jalan Walikota Mustajab 36 Surabaya. Rekomendasi menggunakan travel malang surabaya

2. Zangrandi Ice Cream

Zangrandi Ice Cream

Di Surabaya juga ada tempat khusus anak muda penyuka ice cream namanya adalah Zangrandi. Di sini, tersedia Zangrandi Ice Cream yang bisa menghilangkan dahaga pasca berputar-putar di Kota Pahlawan.

Kabarnya lokasi kuliner yang terletak di Jalan Yos Sudarso Surabaya ini, sudah berdiri sejak puluhan tahun yang lalu. Sekitar tahun 1933, Zangrandi sudah menjadi tempat favorit muda-mudi untuk menghabiskan waktu. Jadi jangan heran dengan gaya arsitektur dan interior khas Eropa yang masih dipertahankan di tempat ini hingga sekarang. 

Baca juga:

3. Nasi Bebek Sayang Anak Cak Yudi

Nasi Bebek Sayang Anak Cak Yudi

Jika perut terasa lapar pasca berjalan-jalan keliling Surabaya, silakan datangi Jalan Tanjung Torowitan no 39. Di sana disediakan Nasi Bebek Sayang Anak Cak Yudi yang tidak hanya mengenyangkan, tetapi juga nikmat. Hanya saja, karena banyaknya peminat tempat makan ini, pengunjung pun harus antre. Ditambah lagi, warungnya hanya buka tiga jam saja yaitu dari jam 16.00 – 19.00 WIB saja. 

Sekalipun jam bukanya cukup singkat, namun ini tidak menyurutkan semangat para pengunjung untuk datang ke sini. Apalagi, sambal yang disediakan memancing selera dan membuat ketagihan. Dijamin, jika sudah merasakan sambal mangga muda buatan Cak Yudi, pasti tak akan bisa berhenti. 

4. Kepiting Cak Gundul 1992

Kepiting Cak Gundul 1992

Sea food adalah makanan yang harus dijajal ketika sedang berkunjung ke tempat wisata. Di Surabaya, Makanan laut Cak Gundul 1992 adalah solusi untuk pengunjung yang rekreasi ke kota pahlawan. Jika ingin mendatanginya, silakan datang ke tempat kuliner malam Surabaya 24 jam yang ada di Jalan Raya Kupang Indah Surabaya.

Info: layanan travel surabaya malang 24 jam

Restoran ini menyediakan berbagai menu ikan laut seperti kakap dan gurami. Selain kedua hewan tersebut, yang paling laris adalah menu dari olahan kepiting. Selain pengunjung bisa memilih ukuran kepiting, pilihan bumbu dan sausnya juga bervariasi. Pengunjung pun bisa memilih saus yang akan digunakan sesuai selera. 

5. Nasi Udang Bu Rudy

Nasi Udang Bu Rudy

Kuliner murah dan enak di Surabaya selanjutnya adalah Nasi Udang Bu Rudy. Masakannya biasa, tetapi bumbu sambalnya yang luar biasa. Di warung yang beralamat di jalan Dharmahusada Surabaya Ini, pengunjung disediakan berbagai macam sambal pedas yang lezat. Selain itu, menu nasi empalnya juga diminati oleh banyak orang. 

Jika tidak ingin makan di tempat, pengunjung bisa memesan lauk udang untuk dibawa pulang. Tak perlu khawatir rasanya akan berbeda, sebab di makan di rumah pun tetap akan nikmat dan bikin ketagihan. Yang paling penting, harga makanan di sini dijamin murah meriah. 

6. Warung Bebek Tugu Pahlawan

Warung Bebek Tugu Pahlawan

Di surabaya banyak sekali orang yang berjualan nasi bebek. Dari semua tempat makan yang ada, Warung Bebek Tugu Pahlawan menyediakan menu bebek yang berbeda dari yang lain. Bahkan, di sini pengunjung bisa mendapatkan suasana yang romantis dan indah. Salah satu penyebabnya adalah lokasi warung yang berdekatan dengan sang tugu bersejarah. 

Warung ini pun memiliki tampilan sederhana. Di mana pengunjung bisa menyantap makanan di bawah tenda, sehingga terasa lebih merakyat. Maka dari itu, sejak pertama kali buka yaitu jam 18.00 sore, warung bebek tugu pahlawan tak pernah sepi pengunjung. 

7. Soto Ayam Lamongan Cak Har

Soto Ayam Lamongan Cak Har

Jika ingin makan Soto Lamongan, tidak perlu keluar dari Kota Surabaya. Sudah ada tempat makan soto lamongan yang dengan rasa yang terjamin di Surabaya. Dari semua warung soto lamongan yang ada, Soto Ayam Lamongan cak Har adalah salah satu yang paling populer. Selain rasa soto yang unik, pilihan lauknya juga pilihan lauk pendampingnya memiliki banyak variasi. 

8. Rawon Setan Mbak Endang

Rawon Setan Mbak Endang

Wisata kuliner di Surabaya selanjutnya adalah Rawon Setan Mbak Endang. Pengunjung bisa menyantapnya di salah satu warung yang terletak di jalan Embong Malang, Surabaya. Kabarnya, dari sinilah cikal bakal munculnya rawon setan yang kini populer hampir di seluruh Indonesia. Disebut rawon setan, dikarenakan rasa bumbunya yang sangat pedas. Akan tetapi jangan salah, wangi aroma rawon tetap tercium. Selain itu, lauk daging dipotong besar-besar dan empuk.

9. Pecel Rawon Warung Pojok Moro Seneng

Pecel Rawon Warung Pojok Moro Seneng

Warung Pojok Moro Seneng Surabaya juga menyediakan kuliner khas dan nikmat, yaitu pecel rawon.  Untuk menikmatinya, silakan datangi warung yang terletak di Jl. Pucang Anom 17 Gubeng Surabaya.

Yang terkenal dari warung ini adalah sambal kacangnya, yang masih diolah dengan cara tradisonal. Ditambah lagi, pengunjung juga bisa merasakan sambal yang dibuat dari berbagai macam sayuran yang dihaluskan. Lalu dituangkan ke kuah rawon yang aroma rempahnya sangat tajam.

10. Mie Pecun

Mie Pecun

Mi Pecun Surabaya adalah kuliner paling disukai oleh wisatawan. Selain mie yang dicampur dengan aneka sea food, bumbu yang disiramkan juga memancing minat dan selera. Untuk penyuka mie pedas, juga wajib merasakan menu ini. Semua menu disediakan dalam bentuk paket.

Uniknya, semua diberi nama yang lucu-lucu seperti paket semriwing, Culun dan Galau. Ini disesuaikan dengan rasa pedas yang berbeda-beda. Untuk menikmati mie kuah spesial ini silakan kunjungi Mie Pecun yang berada di Jalan Anjasmoro Sawahan. Tepatnya di kecamatan Sawahan Surabaya.

11. Nasi Cumi Waspada

Nasi Cumi Waspada

Satu lagi kuliner khas Surabaya yang layak disantap, yaitu Nasi Cumi Waspada. Untuk mencarinya, silakan singgahi area kios yang berada di belakang Pasar Atom Surabaya. Tepatnya di Jalan Waspada, Desa Pabean, Kecamatan Cantikan, Surabaya.

Di sini, pengunjung disediakan berbagai macam olahan cumi. Bisa langsung disantap atau dicampur nasi dan lauk yang lain. Jika pengunjung tidak begitu suka dengan masakan cumi, tersedia juga menu lain yang tak kalah murah dan lezat, seperti nasi paru dan olahan ikan tongkol.

12. Tahu Campur Kalasan

Tahu Campur Kalasan

Pergi ke Surabaya, kurang lengkap jika tidak merasakan kuliner Tahu Campur Kalasan. Ini merupakan jajanan khas Kota Pahlawan yang masih eksis hingga saat ini. Masakan ini memiliki bahan-bahan yang sama dengan tahu campur biasa. Yang membuat berbeda, di tempat ini bumbunya lebih kental dan harum.

Jika penasaran dan ingin mencicipinya silakan datangi warung yang terletak di jalan Kalasan 22 Tambaksari Surabaya. Sediakan uang sebesar Rp20.000,- saja, pengunjung sudah mendapatkan satu porsi makanan ini.

Ada banyak pilihan wisata kuliner di Surabaya yang perlu untuk dicicipi. Kota Pahlawan ini memiliki jenis masakan yang berbeda dengan daerah di lainnya di Pulau Jawa. Selamat berwisata kuliner saat berkunjung ke Surabaya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *