Skip to main content
wisata kuliner jogja

Wisata Kuliner Jogja Murah dan Enak, Legendaris yang Wajib Dikunjungi

Home » Blog » Wisata Kuliner Jogja Murah dan Enak, Legendaris yang Wajib Dikunjungi

Kota Jogja, selain dikenal dengan beragam objek wisatanya yang menarik hati, juga terkenal dengan wisata kulinernya yang menggugah selera. Bagi para wisatawan yang ingin menjelajahi kota batik ini, rasanya tidak lengkap jika tidak mengunjungi juga wisata kuliner di Jogja.

Dikenal dengan wisata kulinernya yang ramah di kantong, tak heran Kota Jogja menjadi salah satu tempat kesayangan bagi para traveller. Tidak hanya itu, wisata kuliner di kota ini juga bisa dinikmati dari berbagai kalangan. Berikut 10 list wisata kuliner di Jogja yang mampu menggoyangkan lidah para penikmatnya :

Jasa Kami: travel malang jogja

1. Gudeg Mbah Lindu Sosrowijayan

Gudeg Mbah Lindu Sosrowijayan

Berjalan-jalan di Kota Yogyakarta, memang paling pas jika ditemani dengan wisata kuliner yang nikmat. Gudeg Mbah Lindu Sosrowijayan ini contohnya. Sepiring gudeg dengan resep yang berasal dari Mbah Lindu sendiri, pasti bisa untuk menghilangkan rasa lapar para wisatawan yang sedang berada di Jogja.

Terbukti dari banyaknya pelanggan yang tidak pernah bosan untuk kembali ke sini, Gudeg Mbah Lindu pantas untuk dimasukkan ke dalam daftar wisata kuliner di Jogja yang nikmat. Gudeg Mbah Lindu yang berlokasi di Jalan Sosrowijayan, Jogja ini mematok harga sebesar Rp15.000,- saja untuk sepiring gudegnya.

Baca juga: 7 wisata tempat wisata hits di jogja

2. Sate Klatak Pak Bari

Sate Klatak Pak Bari

Sate Klatak ini mulai ramai dikunjungi oleh wisatawan semenjak kemunculannya dalam salah satu film legendaris, Indonesia, AADC 2. Tidak perlu khawatir, karena tidak hanya sekadar isu belaka, rasa sate klatak ini memang pantas diacungi jempol. Salah satu keunikan tempat ini adalah ditusuknya sate dengan menggunakan jeruji sepeda, bukannya menggunakan bambu.

Ditemani dengan seporsi gulai kambing yang nikmat, pengunjung akan melupakan dinginnya udara Jogja. Usaha Sate Klatak Pak Bari yang terletak di Jalan Imogiri Timur, Bantul, ternyata sudah dimulai semenjak zaman kemerdekaan negara Indonesia. Dengan harga seporsinya yang hanya Rp20.000,- tidak heran banyak yang ingin menikmati sate klatak seperti Rangga dan Cinta.

3. Gudeg Pawon

Gudeg Pawon

Ada yang unik dari wisata kuliner di Jogja yang satu ini. Pengunjung yang ingin menikmati sepiring gudeg ini harus siap mengantre bersama puluhan orang lainnya di pawon (dapur). Selain itu para pengunjung harus datang sepagi mungkin, karena Gudeg Pawon ini hanya buka selama 3 jam saja setiap harinya.

Tempat wisata kuliner yang satu ini mulai beroperasional pada pukul 22.00 sampai dengan 01.00 saja. Gudeg Pawon yang berlokasi di Jalan Janturan, Umbul Harjo, Jogja ini juga termasuk kuliner legendaris karena sudah berdiri dari tahun 1958. Untuk dapat menikmati satu porsi Gudeg Pawon pengunjung harus membayar sebesar Rp24.000,- saja.

4. Bakmi Mbah Mo

Bakmi Mbah Mo

Bagi para pencinta kuliner mie, wisata kuliner di Jogja yang ini rasanya tidak boleh terlewatkan. Bakmi Mbah Mo dikenal dengan kelezatan bakminya semenjak berpuluh-puluh tahun yang lalu. Menawarkan semangkok bakmi dengan suwiran ayam dan taburan bawang goreng yang crispy, banyak pengunjung yang ketagihan dengan cita rasanya.

Bakmi Mbah Mo sendiri terletak di Jalan Parangtritis, Bantul, Yogyakarta. Mematok harga sebesar Rp15.000,- hingga Rp20.000,- untuk berbagai menu makanannya, kelezatan Bakmi Mbah Mo tidak membuat pengunjung ketagihan untuk kembali mencicipinya.

5. Rujak Es Krim Pak Nardi

Rujak Es Krim Pak Nardi

Menikmati hidangan dingin memang paling pas setelah seharian lelah mengunjungi Kota Jogja. Rusak Es Krim Pak Nardi siap untuk menemani para pengunjung yang merasa kehausan dan ingin melepas dahaga. Uniknya, tempat berjualan rujak es krim ini hanya berupa gerobak dorong yang dilengkapi dengan banner yang besar saja.

Komposisi rujak es krim ini terdiri dari rujak dengan kuah ditambah dengan es krim yang dingin. Perpaduan yang sempurna memang di hari yang terik. Harga seporsi rujak es krim adalah Rp6.000,- saja dan berlokasi di Jalan Harjowinatan, Pakualaman, Yogyakarta.

6. Angkringan Kopi Jos Lek Man

Angkringan Kopi Jos Lek Man

Berkunjung ke Jogja, haruslah juga menikmati kuliner angkringannya. Salah satu wisata kuliner angkringan yang paling favorit di lidah para pengunjung adalah Angkringan Kopi Jos Lek Man. Menawarkan suasana sederhana dengan konsep lesehan, Angkringan Lek Man mempunyai daya tariknya sendiri.

Menu makanan yang disediakan pun beragam, mulai dari nasi kucing, berbagai sate, gorengan, dan kopi panas. Dibuat dengan menggunakan arang panas, kopi di tempat ini memiliki cita rasa yang berbeda. Hidangan di angkringan ini dibandrol mulai dari Rp 1.000,- saja. Angkringan Kopi Jos Lek Man terletak di Jalan Wongsodirjan, Jogjakarta.

7. Wedang Ronde Mbah Paiyem

Wedang Ronde Mbah Paiyem

Di malam hari, suasana Kota Jogja menjadi cukup dingin, menikmati wedang ronde yang menghangatkan badan bisa menjadi pilihan wisata kuliner di Jogja selanjutnya . Wedang Ronde Mbah Paiyem sudah mulai beroperasi semenjak tahun 60-an. Tak heran jika tempat ini sudah menjadi wisata kuliner legendaris.

Semangkok wedang ronde di sini dihargai sebesar Rp5.000,- saja dan mulai buka sejak pukul 19.00 – 00.00 setiap harinya. Menggunakan gerobak yang seadanya, Mbah Paiyem sendiri yang akan menghidangkan wedang ronde bagi para pembelinya. Lokasi Wedang Ronde Mbah Paiyem adalah di Jalan Kauman, Yogyakarta.

Cek juga layanan sewa mobil malang untuk wisata keluarga.

8. Pondok Makan Palem Golek

Pondok Makan Palem Golek

Wisata kuliner di Jogja yang satu ini tidak hanya menyajikan berbagai hidangan khas Kota Jogja namun juga menawarkan suasana yang nyaman dan eksotis. Palem Golek berkonsep pedesaan dengan sungai kecil yang mengalir disamping area tempat makan. Pepohohan yang rimbun juga menyempurnakan suasana sejuk bagi para pengunjungnya.

Hidangan favorit di sini adalah ikan gurame yang dipadukan dengan minuman es jeruk kelapa atau bisa juga menikmati bir jogja. Pondok Makan Palem Gojek berlokasi di Jalan Palagan Tentara Pelajar, Jogja dengan harga makanan mulai dari Rp5.000,- hingga mencapai Rp110.000,-

9. Warung Sawah Gondang Legi

Warung Sawah Gondang Legi

Bagi para wisatawan yang bosan dengan hiruk pikuknya suasana kota, datang ke Warung Sawah Gondang Legi mungkin bisa menjadi solusi. Menghadirkan pemandangan hamparan sawah didukung design bangunan yang masih tradisional, akan memanjakan mata dan pikiran para pengunjung yang datang ke tempat ini.

Gondang Legi menyajikan menu sate lilit plus sambal kecombrang sebagai hidangan favorit pilihan para pengunjung. Ada juga menu dessert yang paling diminati di sini yaitu tropical saladnya. Warung Sawah ini terletak di Jalan Gito Gati, Sleman, Jogja dengan harga makanan mulai dari Rp10.000,- sampai Rp150.000,-

10. Moelih Ndeso

wisata kuliner jogja

Seperti namanya, Moelih Ndeso memilih konsep “pulang ke rumah” untuk menarik para pengunjungnya. Mulai dari alat makannya yang masih tradisional, bangunan dengan pondok bambu, dan suasana dengan pepohonan yang hijau akan menyapa para pengunjung ketika datang ke Moelih Ndeso.

Untuk harga, Moelih Ndeso mematok harga mulai dari Rp11.000,-saja. Tidak hanya itu, di sini juga disediakan area out bound yang bernama Sobo Ndeso. Moelih Ndeso beramat di Jalan Beringin 1, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Wisata kuliner di Jogja memang sudah tersohor keberadaannya. Menikmati kelezatan hidangan khas Kota Jogja bisa dijadikan opsi bagi para wisatawan yang ingin menjelajah Yogyakarta melalui cita rasa kulinernya. Semoga informasi dari Travellora Tour di atas bisa bermanfaat bagi para traveller di berbagai daerah!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *