Home » Blog » Wisata Kebun Raya Purwodadi, Tempat Liburan Seru Bersama Keluarga

Bagi yang berada di Jawa Timur atau sedang berencana ke Jawa Timur dan mencari tempat untuk berwisata dengan keluarga, maka cobalah datang ke wisata Kebun Raya Purwodadi. Disini, para pengunjung tidak hanya dapat berwisata, namun juga menambah pengetahuan mengenai berbagai jenis tumbuhan yang ada di dalamnya lho!

Sebelum menjadi tempat wisata umum seperti saat ini, kebun yang didirikan oleh Dr. Lourens Gerhard ini dulunya merupakan sebuah tempat penelitian tumbuhan. Ada banyak jenis tumbuhan yang diteliti oleh para ahli mulai dari tanaman, bunga hingga pohon. Jadi, ketika berkunjung ke Kebun Raya Purwodadi, jangan kaget ketika melihat beraneka ragam tanaman yang ada di dalamnya.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan

Sebagai kebun raya dengan luas 85 hektar, maka ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan para pengunjung ketika berwisata kesini. Selain melihat keindahan alamnya, para pengunjung bisa piknik bersama keluarga hingga mengajak si kecil berenang. Untuk lebih detailnya, berikut adalah beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di wisata Kebun Raya Purwodadi:

1. Melihat Koleksi Tanaman

Bagi para pecinta tanaman, Kebun Raya Purwodadi bisa menjadi surga karena memiliki begitu banyak koleksi tanaman yang dapat dilihat dan dipelajari.  Koleksi tanaman di kebun raya ini telah mencapai 12.000 tanaman yang berasal dari 179 suku yang berbeda-beda. Beberapa diantaranya adalah polong-polongan, anggrek, palem, bambu hingga paku.

Bagi yang ingin mengetahui lebih detail mengenai tanaman-tanaman yang ada, maka ikutilah paket pendidikan lingkungan atau tour yang diadakan oleh pihak kebun raya. Dengan mengikuti paket ini, para pengunjung bisa mendapatkan informasi dan pengetahuan mengenai tanaman yang ada. Jadi, selain bermain, disini para pengunjung juga bisa mendapatkan pengetahuan tambahan!

2. Piknik & Bersantai di Taman

Untuk yang berkunjung bersama keluarga, maka sempatkan untuk piknik dan bersantai di taman yang disediakan oleh pihak setempat. Dengan lahan yang sangat luas, maka ada banyak pilihan spot yang dapat digunakan oleh para pengunjung. Pilihlah tempat yang nyaman, dan berpiknik lah bersama keluarga sambil menikmati makan siang bersama.

Setelah selesai makan siang, bersantailah di area taman sambil menikmati pemandangan taman yang indah. Di beberapa area terdapat wahana gratis seperti ayunan, jungkat-jungkit hingga perosotan yang dapat digunakan oleh para pengunjung secara bebas.

3. Keliling Kebun

Ada banyak cara untuk menikmati wisata Kebun Raya Purwodadi, salah satunya adalah dengan bersepeda. Daripada naik mobil keliling kebun raya, kenapa tidak menggunakan sepeda saja untuk melihat keindahan alam sekalian menikmati udara segarnya? Para pengunjung yang datang bisa membawa sepedanya sendiri atau menyewa yang ada di kebun raya tersebut.

Selain bersepeda, para pengunjung bisa mengelilingi kebun raya dengan berjalan kaki. Dengan berjalan kaki, orang bisa melihat secara langsung tanaman-tanaman yang ada di dalam kebun sekaligus olahraga. Namun perlu diingat, dengan luas kebun raya yang mencapai 85 hektar, maka jalan kaki keliling kebun raya akan sangat melelahkan. Jadi pastikan untuk menggunakan alas kaki yang nyaman agar tidak sampai terlalu capek.

4. Berenang Bersama Si Kecil

Selain bersepeda, kegiatan lain yang dapat dilakukan bersama si kecil adalah berenang. Di dalam Kebun Raya Purwodadi terdapat sebuah kolam renang kecil yang dapat dikunjungi oleh para pengunjung. Meskipun ukurannya tidak terlalu besar, namun airnya yang dingin dan segar membuat kegiatan ini tetap menyenangkan!

Spot-Spot Menarik Untuk Dikunjungi

Dengan luas Kebun Raya Purwodadi yang sangat luas, sepertinya akan sulit untuk mengunjungi dan melihat semua spot pada satu waktu. Oleh karena itu, sebelum berkunjung kesana, ada baiknya para pengunjung mengetahui beberapa spot menarik yang ada di dalamnya. Untuk yang berencana ke Wisata Kebun Raya Purwodadi, berikut adalah beberapa spot yang bisa dikunjungi:

1. Taman Mexico

Jika ingin terasa seperti di Mexico, maka cobalah datang ke taman Mexico yang ada di dalam Kebun Raya Purwodadi. Seperti namanya, taman ini dibuat dengan suasana Mexico dengan menghadirkan tumbuhan-tumbuhan khas daratan Mexico seperti kaktus, lidah buaya hingga sansevieria. Selain itu, ada juga ornamen pasir hingga batu apung untuk membuat suasana semakin terasa di Mexico.

Seluruh tanaman yang ada di area merupakan jenis tanaman yang tidak membutuhkan air. Jadi, jangan heran jika tanaman-tanaman tersebut dapat tumbuh dengan subur hingga berukuran besar.

2. Taman Obat

Selain taman dengan tema negara, ada juga taman obat yang berfungsi untuk pengobatan.  Jadi, tanaman yang ditanam di area ini dapat menghasilkan obat yang nantinya dapat digunakan untuk pengobatan. Beberapa tanaman yang ada di dalamnya adalah temu hitam, keci beling hingga belimbing wuluh. Obat yang dihasilkan oleh tanaman-tanaman ini pun dapat digunakan oleh siapa saja, termasuk para pengunjung.

3. Taman Akuatik

Bagi yang ingin melihat bunga-bunga yang indah, maka datanglah ke area taman akuatik. Area ini merupakan kawasan konservasi tumbuhan yang ditata berdasarkan klasifikasi tertentu. Untuk memudahkan para pengunjung dalam mempelajari nama-nama tanaman, ada juga papan nama yang menjelaskan jenis tumbuhan tersebut.

Selain bunga-bunganya yang indah, kawasan ini juga ditata begitu cantik dan mempesona. Jadi, pastikan untuk membawa kamera jika memutuskan untuk berkunjung kesini.

4. Menara Pandang & Rumah Kacara

Dengan desainnya yang unik, dua gedung yang ada di dalam Kebun Raya ini pasti akan langsung menarik perhatian para pengunjung. Sesuai namanya, 90% gedung ini terbuat dari kaca-kaca yang memantulkan bayangan dari luar, namun tembus pandang dari dalam. Sedangkan bagian dalamnya juga terdapat beberapa tanaman indah yang dapat dilihat oleh para pengunjung.

Operasional & HTM Kebun Raya

Untuk yang tertarik datang ke Wisata Kebun Raya Purwodadi, maka datanglah ke area Pasuruan, Jawa Timur tepatnya di Jalan Raya Surabaya Malang Km 65 Purwodadi. Lokasi taman ini berada di pinggir jalan raya yang besar, sehingga mudah ditemukan dan diakses menggunakan transportasi pribadi maupun umum. Bagi yang tidak memiliki kendaraan pribadi, maka cobalah naik bus atau bemo.

Sedangkan HTM untuk masuk ke dalam Wisata Kebun Raya Purwodadi sangatlah terjangkau. Untuk pengunjung domestik, biayanya hanya Rp 9.500 saja! Anak-anak dibawah 80 cm tidak dikenakan HTM alias masih gratis. Sedangkan untuk pengunjung mancanegara, tarifnya adalah Rp 15.500.

Bagi yang membawa kendaraan pribadi, maka akan dikenakan tarif Rp 3.000 – Rp 10.5000, tergantung dari jenis kendaraannya. Jika ingin menikmati kebun raya dengan cara yang berbeda, maka cobalah naik wahana yang ada seperti mobil keliling hingga sepeda kelinci.

Untuk jam operasionalnya, Wisata Kebun Raya Purwodadi buka setiap hari sepanjang tahun, dari jam 07:00 – 16:00. Jika ingin mendapatkan cuaca dan suasana yang terbaik, maka datanglah ke kebun raya pada pagi hari atau sore hari.

Jadi itulah sekilas informasi mengenai Wisata Kebun Raya Purwodadi yang berada di Jawa Timur. Dengan berbagai wahana dan fasilitas yang ada, maka tempat ini sangat cocok bagi yang ingin berlibur dan belajar.

Layanan Travellora Tour Malang

Kategori: Blog

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.