Skip to main content
Pulau Menjangan Bali Barat

Wisata di Pulau Menjangan – Wisata Eksotis di Bali Barat

Wisata di Pulau Menjangan – Kebanyakan wisatawan baik lokal maupun mancanegara ketika berlibur di Bali pasti akan memilih objek wisata yang sudah terkenal. Namun, di wilayah bagian barat Bali, terdapat satu pulau yang memiliki daya tarik tersendiri untuk dikunjungi yaitu Pulau Menjangan.

Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Objek wisata di Pulau Menjangan ini terletak di barat dari Pulau Bali. Tepatnya pada timur laut Taman Nasional Bali. Lokasi dari wisata ini ada Ds. Sumber Klampok, Gerogak, Kab. Bulelang, Bali. Untuk mencapai lokasi ini kurang lebih memakan waktu sekitar 3 Jam dan itu baru sampai di area penyeberangan.

Wisata di Pulau Menjangan

Disarankan jangan pergi seorang diri ke pulau ini, tetapi pergi secara berkelompok. Hal ini dikarenakan banyak hewan liar yang tinggal di sini. Akses jalan yang dilewati tidak sulit bisa dari Labuhan Lalang dengan menaiki perahu, Pantai Watu Dodol banyuwangi maupun Bangsring Underwater.

Harga tiket masuk di pulau ini dikempokkan menjadi dua bagian yaitu wisatawan lokal dan mancanegara. Untuk lokal yang ingin brrlibur di objek wisats ini yaitu sebesar Rp2.500,- dengan Asurani Rp 4.000,-. Sementara itu, untuk wisatawan mancanagera untuk menikmati keindahan alam di pulau menjangan harga tiket yang dibandrol sebesar Rp 400.000,-.

Rute Menuju ke Lokasi Wisata di Pulau Menjangan

Ada dua pilihan untuk menuju ke objek wisata pulau ini. Yang pertama dari Bali dengan lewat di tempat penyebarangan dari Pelabuhan Lalang menggunakan perahu. Waktu tempuh tidak terlalu lama melihat cuaca juga yaitu sekitar 30 sampai 40 menit.

Wisata di Pulau Menjangan Bali Barat

Yang kedua bisa lewat Banyuwangi, kota yang berats diujung timur dari Jawa Timur bisa dijadikan alternatif. Untuk menuju ke objek wisata ini bisa lewat dari Bangsring Underwater dengan menggunakan perahu nelayan kurang lebih memakan waktu sekitar satu jam an. Tentu ini bisa di jadikan alternatif perjalanan jika dari Jawa tidak perlu menuju ke Bali.

Keunikan Pulau Menjangan

Setelah mengetahui lokasi serta harga tiket masuknya informasi penting yang perlu diketahui tentang pulau di barat Bali ini yaitu tentang keunikan. Pulau yang masih belum terlalu ramai pengunjung ternyata banyak memiliki keunikan. Berikut ini keunikan dari Pulau Menjangan yang wajib diketahui oleh para wisatawan :

Tempat Diving yang Seru

Di pulau ini terdapat beberapa tempat untuk diving. Tempat yang pertama adalah Secret Bay. Lokasi diving ini memiliki kedalaman sekitar 10 meter tentu sudah melihat bermacam-macam ikan serta terumbu karang di sana.

Snorkeling di Pulau Menjangan

Yang kedua yaitu Anchor Wreck yang mana memiliki kedalaman 45 meter. Ketika sudah berada di bawah laut memiliki pemandangan yang tak biasa, yaitu terdapat bangkai kapal milik Belanda yang tenggelam. Kemudian, spot diving yang ketiga ada Eel Hardens yang letaknya di bagian barat pulau. Spot terakhir ini digadang-gadang merupakan lokasi terbaik untuk menyelam.

Tempat Snorkeling yang Menarik

Jika ingin berlibur ke salah satu pantai dan melakukan snorkeling tentunya tempat yang paling dikenal seperti Wakatobi ataupun Raja Ampat. Akan tetapi, ternyata di Pulau Menjangan ini juga bisa melakukan snorkeling. Pemula yang belum berpengalaman pun bisa aman untuk mencoba menjajal aktivitas yang satu ini.

Airnya yang tidak terlalu dingin membuat snorkeling hingga tidak mengingat waktu. Selain itu, kerjenihan air pun memudahkan pemandangan ikan-ikan dan terumbu karang semakin jelas. Pengalaman snorkeling di Pulau Menjangan pun pasti kian tak terlupakan.

Terdapat Banyak Pura

Di pulau ini terdapat banyak pura untuk tempat ibadah umat Budha. Di pura ini tidak setiap hari ada pemangku jadi jika ingin beribadah bisa disesuaikan setiap hari Sabtu atau Minggu. Tempatnya pun tidak dialiri listrik dari PLN, melainkan menggunakan tenaga genset.

Pura yang bersejarah di area ini di antaranya seperti: Pagoda Agung Dewi Kwan In, Pendhopo Idha Bathara, Pura Taman, serta Pura Sanghiang. Kesemuanya pun memiliki sejarah masing-masing. Selain itu, ada salah satu pura yang letaknya di pinggiran pantai dan bisa dijadikan spot foto. Pura tersebut namanya Pura Patung Ganesha atau Dewa Gajah dengan Gading yang putus.

Penginapan Murah di Pulau Menjangan

Jangan takut jika sedang berlibur di pulau ini mengenai sewa tempat untuk menginap bisa banyak pilihan sesuai dengan budget. Harga penginapan dimulai dari Rp100.000,- hingga Rp180.000,- untuk biaya per kamarnya. Yang paling mahal, satu kamar dibandrol dengan harga Rp360.000,- untuk tarif satu malam.

Setiap penginapan memiliki fasilitas yang berbeda-beda, tergantung dengan besarnya biaya yang dikenakan. Hanya saja bisa dipastikan bahwa keamanan di penginapan-penginapan yang ada di sini sudah pasti terjamin.

Bisa Menyewa Kapal Selam Odyssey Submarine

Saat di Bali tentu hal yang sangat menarik untuk melihat keindahan bawah laut dengan menyewa kapal selam Odyssey Submarine. Di sini kapal selam bisa dinaiki mulai dari bayi hingga usia 70 tahun. Tentu saja harga sewanya pun dibedakan menurut kategori usia, yakni:
• Untuk sia 0-5 tahun sebesar Rp110.000,-
• Usia 5-12 tahun Rp450.000,-
• Dan usia 12-70 tahun Rp 650.000,- .
• Selain itu, terdapat paket keluarga seharga Rp1.980.000,-

Pulau Tanpa Penghuni

Pulau yang berbentuk karang dan banyak pehonan dan semak belukar ini memiliki keindahan tersendiri. Di tempat ini tidak ada akomodasi untuk sewa penginapan, restoran dan toko. Pulau yang terdapat banyak hewan langka seprti rusa ini sering berkeliaran disekitar pantai pada saat pantai pasang.

Bahkan hewan tersebut berenang di pantai tentu ini menjadi pemandangan yang sangat seru. Disebut menjangan dari istilah hewan tersebut atau biasa dikenal sebagai kijang. Keberadaannya sudah hampir punah untuk itu dipulau ini melestarikan hewan langka tersebut agar tetap terpelihara dan dilestarikan.

Jalan-jalan dengan Suasana Yang Berbeda

Ketika berlibur di sini selalu sempatkan waktu untuk berjalan-jalan untuk menikmati keadaan di sana. Pantai yang berpasir putih juga serta airnya yang jernih dan masih tenang. Pengunjung banyak yang ingin menikmati keindahan bawah lautnya semakin memukau. Selain menikmati suasana pantainya, juga dapat melihat hewan-hewan khas bali yang sudah langka seperti Rusa, Kijang, Burung Jalak maupun orang utan liar.

Bisa Melihat Kawanan Burung Jalak Bali

Keunikan lainnya dari pulau ini yaitu dapat melihat kawanan burung jalak bali. Salah satu hewan yang lucu itu dengan sayap dan matanya yang bagus. Burung ini berada di daerah konservasi untuk dilindungi khususnya di wilayah ini.

Hewan ini juga menjadi objek warga yang ingin memburu. Karena bentuknya lucu menjadi incaran tersendiri bagi para pemburu. Untuk itu tempat ini sangat menjaga kelestariannya agar tetap terlindungi dan tidak punah di Pulau Menjangan.

Terdapat Kolam Pemandian Air Panas
Salah satu tempat yang menarik di pulau ini untuk dikunjungi adanya kolam pemandian air panas. Kolam pemandian ini terkenal dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Selain itu, sumber airnya berasal dari mata air alami serta jernih. Banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang menyempatkan untuk mampir ke lokasi ini.

Informasi di atas tentu sangat penting untuk diketahui sebelum memutuskam untuk berlibur di Pulau Menjangan. Pulau yang berada di barat Bali ini memiliki keindahan yang sangat menarik karena belum terlalu banyak dikunjungi. Harga untuk berlibur juga cukup terjangkau dan bisa dicoba oleh semua kalangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pesan Travel Sekarang