Skip to main content
wisata baru di malang

15 Wisata Baru di Malang, Bikin Liburan Ga Mau Pulang

Wisata Baru di Malang – Liburan ke Malang ga akan pernah membosankan. Banyak tempat wisata yang siap untuk kamu dieksplorasi. Dan yang jelas, wisata tersembunyi di Malang, bikin Liburan ga mau pulang!

Seperti yang kita tahu, Malang Raya sejak beberapa tahun ini dikenal sebagai salah satu maskot wisatanya Jawa Timur.

Beragam tempat wisata baru di malang mengagumkan seperti Gunung Bromo sudah menjadi ikon wisata Malang yang sudah mendunia. Belum lagi area Kabupaten Batu yang menjadi surganya para wisatawan.

Meskipun banyak tempat yang sudah terkenal, Malang masih menyimpan banyak sekali surga-surga tersembunyi atau tempat wisata baru di Malang yang siap untuk dijadikan destinasi liburan kamu.

Tak perlu berbasa-basi, mari kita ulas sedikit dari wisata menawan yang masih jarang orang ketahui di Malang.

Baca Juga :

Wisata Baru di Malang

Coban Sewu

coban tumpak sewu

Ini dia, air terjun yang sejak awal tahun 2019 ini banyak menjadi feed instagram. Terletak di Desa Sidorenggo, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang, air terjun ini begitu memukau dengan banyaknya air yang turun di ketinggian +-180 meter.

Tidak hanya dapat menikmati dari atas, kamupun dapat menikmati keindahan air terjun ini dari dekat dengan turun ke dasar. Ada jalur yang di sediakan untuk turun meskipun hanya dengan pegangan bambu dan sangat curam.

Di dasar, kamu akan merasakan sensasi yang mengagumkan. Di kelilingi air yang terjun dari ketinggian, akan menimbulkan hawa sejuk dan lembab dari terpaan udara dari air yang jatuh.

Selain itu kamu dapat menyusuri Goa Tetes yang terletak di tebing. Siap-siap basah-basahan jika kamu kemari.

Coban Pitu

wisata baru di malang

Dalam bahasa Indonesia, coban pitu memiliki arti air terjun tujuh. Dan benar, di tebing Coban Pitu ini bukan hanya ada satu air terjun, namun terdapat beberapa air terjun sehingga dinamai Coban Pitu.

Di area Coban Pitu sendiri sebenarnya ada 3 lokasi air terjun, yang pertama ada di bawah Coban Pitu yang dinamai Coban Siji, yang mana memang hanya ada 1 air terjun.

Biasanya Coban Siji ini digunakan untuk istirahat sejenak sebelum naik ke Coban Pitu, Untuk anda ketahui, dari Coban Siji ke Coban Pitu aksesnya cukup sulit sebab tempatnya cukup curam dan hanya ada tali pengaman di sepanjang jalannya.

Setelah Coban Pitu, ada Coban Papat, yang artinya empat air terjun. Sedikit naik, lalu belok ke kanan. Disanalah lokasi dari Coban Papat.

Rasakanlah sensasi berwisata ke Coban Pitu ini. Jajaran air terjun tersebut adalah sensasi klimaks atau GOAL dari perjalanan menuju ke lokasi jajaran coban tersebut.

Akses menuju area jalan setapak yang hanya dapat di tempuh dengan jalan kaki dengan melalui perbukitan. Kurang lebih berjarak 3km dari tempat parkir.

Di sepanjang jalan, panorama alam sangat mengagumkan. Salah satu yang sering dijadikan spot foto adalah hutan pinus muda di salah satu puncak bukit yang instagramable banget.

Setelah perjalanan panjang yang melelahkan, kesejukan dari Coban Pitu menjadi klimaks yang sangat-sangat melegakan. Untuk kesini, pastikan kamu dalam kondisi prima.

Tempat Wisata Baru di Malang

Gunung Kawi

gunung kawi wisata baru di malang

Selanjutnya ada gunung yang menjulang tinggi di sebelah barat Kota Malang, Gunung Kawi. Gunung yang tidak asing bagi pelaku spiritual ini, siapa sangka sangat menawan untuk dijadikan tempat wisata?

Tempat yang sering dikunjungi adalah kraton, disana terdapat vihara dengan bangunan kuil khas Tiongkok. Menurut warga setempat, vihara ini didirikan sebab banyak pengunjung dari warga Tiongkok setelah kemerdekaan RI.

Kraton sendiri tersebut sebenarnya adalah nama petilasan atau tempat bertapa orang besar pada zaman dahulu seperti Prabu Kameswara Kediri, Ken Arok, Patih Gajah Mada dan banyak lainnya.

Ada juga Pesarean, tempat disemayamkannya dua tokoh yang dikenal dan dihormati atas jasa-jasanya, yakni Kyai Zakaria II/Eyang Djoego dan Raden Mas Iman Soejono.

Hingga sampai saat ini kedua tokoh tersebut dikenang dan didoakan masyarakat dari berbagai kalangan tanpa ada sekat agama, etnis, budaya, golongan, maupun strata sosial.

Gunung Kawi sendiri memiliki rute untuk ke puncak melalui jalur pendakian precet dan panderman. Puncak yang terkenal dengan nama Puncak Batu Tulis 2603 mdpl menyuguhkan pemandangan Sunrise yang mengagumkan.

Di perjalanan, pemandangan memanjakan mata menyertai setiap langkah menuju puncak, jadi buat kamu yang hobi hiking, kamu akan sangat menikmati pemandangan Gunung Putri Tidur ini.

Baca Juga :

Gunung Kelud

 

Selanjutnya ada Gunung Kelud. Setelah Gunung Kawi yang bukan gunung aktif, sekarang ada Gunung Kelud, gunung berapi yang terletak dalam 3 wilayah, Malang, Blitar dan Kediri.

Jika kamu perhatikan, Malang adalah kabupaten yang di kelilingi oleh gunung-gunung megah aktif maupun non-aktif. Dan salah satunya adalah Gunung Kelud yang terletak di perbatasan.

Gunung berapi satu ini memiliki kawah yang berbentuk seperti kolam dan sangat unik. Di area kawah ini pula adalah spot foto yang di favoritkan oleh para wisatawan yang berkunjung.

Tak perlu diragukan lagi, ketika kamu hiking, jelas pemandangan alam menjadi sajian utama dalam menikmati kemegahan ciptaan Tuhan. Termasuk Gunung Kelud, yang menyuguhkan panorama sangat memukau.

Untuk di ingat, selalu perhatikan, laksanakan dan patuhi himbauan dari pengelola wisata untuk keamanan kamu sendiri ketika berwisata di Gunung Kelud.

Disini ada pula Jalan Misteri. Di jalan ini segala macam kendaraan, seperti mobil dan sepeda motor bisa bergerak sendiri tanpa dikendalikan. Ga percaya? Silakan buktikan sendiri.

Pantai Parang Dowo

Kali ini kita berpindah ke Malang bagian selatan, yang mana jajaran pantai mengagumkan berjajar memanjang sepanjang wilayah selatan Kab. Malang.

Pantai Parang Dowo sendiri menjadi sering dikunjungi wisatawan semanjak rampungnya Jalur Lintas Selatan. Sebab letaknya persis di pinggir jalan JLS.

Seperti namanya, di bibir pantai ada batu karang yang memanjang seolah menjadi tembok untuk ombak yang hendak menggapai pantai. Meskipun ketika gelombang pasang ombak tetap bisa melewati karang.

Yang membuat pantai ini ada dalam “surga tersembunyi” adalah panorama sunsetnya yang sangat mengagumkan.

Di sebelah barat pantai ada bukit kecil, yang mana dari puncaknya lah kita dapat menikmati pemandangan matarari terbit yang menawan.

Matahari dengan sinar keemasan atau jingga biasa menyapa di antara bukit di sebelah timur. Sinarnya memantul pada air laut dengan ombak yang beralun 3 jajaran. Mengagumkan bukan?

Beberapa Wisata Baru di Malang

Pantai Batu Bengkung

Pantai Batu Bengkung

Jika Pantai Parang Dowo mengagumkan dengan sunsetnya, maka Pantai Batu Bengkung adalah spot terbaik di Malang untuk menikmati matahari terbenam. Terlebih bersama pasangan.

Bukit di bibir pantai dapat kita naiki untuk memandang jajaran pantai yang seolah melengkung di sebelah barat. Ketika matahari turun, itulah saat-saat mengagumkannya pantai Batu Bengkung ini.

Teruntuk kamu yang datang kemari bersama pasangan, kamu datang ke tempat yang tepat untuk beromantis ria bersama pasangan kamu. Senja di pantai ini akan menggiringmu menuju suasana romantis seiring menguningnya langit di sebelah barat.

Bagi kamu yang datang bersama keluarga, tempat ini juga sangat tepat. Sebab disini aman untuk mandi meskipun anak-anak. Sebab ada karang yang dapat membendung ombak secara langsung. Sehingga Pantai Batu Bengkung aman untuk bermain air.

Pantai ini masih ada di antara jajaran pantai yang dapat dilalui di Jalur Lintas Selatan. Sehingga akses untuk ke pantai ini dapat dijangkau dengan kendaraan. Meskipun belum ada angkutan umum yang mencapai JLS sekalipun angkutan online.

Dan demikian beberapa tempat wisata yang jarang diketahui, atau dapat kita sebut sebagai “surga tersembunyi”nya Kota Malang. Yang mana bikin kamu betah untuk liburan di Malang dan malas untuk pulang.

Meskipun sebenarnya masih banyak lagi tempat “surga tersembunyi” lainnya seperti Hutan Pinus Semeru, Taman Keceh dan Kampung Wiken yang terletak di Kecamatan Wajak. Atau Coban Nirwana di Kecamatan Gedangan dan masih banyak lagi wisata yang belum banyak diketahui.

Untuk diketahui, dari tempat-tempat wisata tersebut tidak semuanya dapat di jangkau dengan angkutan transportasi umum, kamu bisa menggunakan jasa sewa mobil malang murah yang kami sediakan untuk menjelajah tempat-tempat wisata di Malang.

Jadi, kuy liburan ke Malang bareng travellora.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PESAN TRAVEL SEKARANG