Skip to main content
destinasi wisata hits karimunjawa

13 Destinasi Wisata KarimunJawa Paling Hits, Wajib Dijadikan Tempat Berlibur

Home » Blog » 13 Destinasi Wisata KarimunJawa Paling Hits, Wajib Dijadikan Tempat Berlibur

Pemerintah kota Jepara sudah menetapkan Karimun jawa sebagai Taman Nasional yang mana di daerah ini memiliki 22 pulau yang memiliki keindahan tersendiri dan sangat bagus untuk dikunjungi. Selain itu, banyak tempat-tempat wisata yang mampu menarik perhatian bagi para wisatawan. Kota ini mendapat julukan the paradise of java. Berikut tempat-tempat wisata yang menarik tersebut :

1. Tanjung Gelam

Tanjung Gelam

Salah satu pantai yang ada di Karimun jawa yaitu tanjung gelam. Pantai sangat cocok dikunjungi ketika sore hari. Karena pantai yang berada di ujung barat pulau itu sangat pas untuk melihat sunset dengan jelas tidak terganggu dengan pemandangan lain.

Baca Juga! Mengenal Wisata Malam Jogja, Paling Hits dan Menarik

Lalu, di tanjung gelam juga bisa dijadikan tempat untuk snorkeling. Banyak terdapat warung-warung kuliner yang menyediakan makanan laut dan minuman yang bervariasi. Di lokasi ini juga sangat mudah dijangkau dengan kendaraan umum.

2. Pulau Menjangan Kecil

Pulau Menjangan Kecil

Karimun jawa merupakan tempat yang sudah sangat terkenal oleh para wisatawan baik lokal maupun mancanagera. Keindahan alam dan banyak terdapat pantai di sana sangat menarik untuk dijadikan tempat liburan bagi segerombolan orang yang butuh refreshing. Pulau menjangan kecil memiliki ciri khas dengan terumbu karang yang berwarna-warni.

Saat menyelam bisa melihat ikan kecil yang sedang bergerombol. Tak hanya itu, airnya yang jernih berwarna kebiruan menambah keindahan. Warga disekitar pulau menjangan kecil juga selalu menyambut para wisatawan dengan sangat ramah.

3. Pulau Cemara

Pulau Cemara

Julukan cemara ini dikarenakan terdapat banyak pohon cemara disekitar pantai tersebut. Pulau ini menyajikan pasir putih yang apabila airnya pasang garis perbatasan pulau dan daratan sangat jelas. Lokasinya lumayan jauh dari pulau utama Karimun jawa namun di pulau ini sangat asri karena masih sepi pengunjung.

Jika ingin mengelilingi pulau cemara memakan waktu kurang lebih 30 menit. Di pulau ini terdapat ikan-ikan kecil yang menyambut di pinggiran dan terlihat sangat jelas. Di pantai ini bisa dijadikan untuk berselam dengan menikmati indahnya bawah laut.

4. Pulau Tengah

Pulau Tengah

Kenapa disebut dengan pulau tengah? Karena letaknya berada diantara pulau sintok dengan pulau-pulau kecil. Yang mana pulau ini juga menjadi pilihan saat berlibur di wilayah nan menarik ini. Pulau satu ini merupakan pulau yang berpasir putih dengan ombak yang tenang sangat bagus untuk dinikmati.

Di wilayah ini, terdapat jembatan yang bisa dijadikan spot foto yang sangat bagus. Tersedia beberapa fasilitas di tempat ini diantaranya terdapat kolam ikan, ada warung makan lesehan yang menyediakan ikan segar menambah kenikmatan disana.

5. Pulau Annora

 Pulau Annora

Lokasi dari pulau ini berada di dusun Cikmas. Pantai satu ini wajib untuk dikunjungi oleh para wisatawan karena memiliki kekhasan tersendiri. Di wilayah ini terdapat banyak ayunan kayu di sekelilingnya. Tentu ini menambah keindahan tersendiri. Bisa bermain ayunan sambil menikmati keindahan pantai.

Airnya jernih serta keindahannya sangat alami. Di pulau annora juga terdapat bukit. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam ketika di atas bukit. Selain pulau juga terdapat bukit juga yang bisa dijadikan tempat wisata. Ada juga warung yang terbuat dari kayu dengan pedagang yang ramah.

6. Pulau Legon Lele

Pulau Legon Lele

Pulau satu ini memiliki keunikan sendiri karena terdapat hutan mangrove juga. Pantai satu ini terletak di timur dari alun-alun kota. Dengan adanya hutan mangrove menambah keasrian sendiri. Uniknya lagi, di pinggiran dari pulau ini terdapat pulau kecil selain itu juga bisa dijadikan tempat untuk memancing.

7. Bukit Love

Bukit Love

Di bukit ini terdapat keunikan sendiri yaitu terdapat batu besar yang berbentuk love dan tulisan karimun jawa. Menuju ke lokasi ini cukup  mudah hanya memakan waktu 5-10 menit saja sudah sampai ke tempat yang sangat menakjubkan ini.

Di batu besar ini bisa dijadikan spot foto. Selain itu juga ada rumah panggung yang bisa dijadikan background untuk berselfi dengan panorama laut lepas. Di tempat ini banyak pohon-pohon yang menambah keasrian. Terdapat pula cafe mini yang bisa dijadikan tempat makan dengan menyediakan berbagai jenis makanan.

8. Bukit Jowo Tuo

Bukit ini terletak 1 kilometer dari dermaga. Karena perbukitan tentu perjalanan yang berkelok-kelok tidak mudah dilalui. Namun, banyak wisatawan yang penasaran untuk menuju bukit ini. Pasalnya, ada keunikan sendiri di lokasi ini yaitu terdapat kerangka ikan paus yang sangat besar tempatnya terbuka dan hanya beratap asbes.

Selain itu juga terdapat tasbih raksasa yang memiliki berat 2 ton. Keunikan itu menjadi background foto yang sangat bagus. Tak kalah menariknya terdapat gardu pandang yang memiliki bentuk perahu. Keunikan tersebut membuat para wisatawan penasaran dengan lokasi ini.

9. Pantai Bunga Jabe Karimun jawa

Pantai Bunga Jabe Karimun jawa

Di pantai ini terdapat beberapa perpaduan antara kesenian, keindahan alam maupun budaya. Mengenai keindahan alamnya di pantai bunga jabe terhampar pasir putih yang luas nan indah. Banyaknya pohon yang rimbun. Kesenian yang bisa dinikmati oleh pengunjung yaitu terdapat rumah panggung, rumah kurcaci, meja makan maupun ayunan. Dari budaya terdapat suku bugis yang bisa dijadikan tempat untuk bertanya-tanya mengenai sejarahnya.

10. Dermaga Mrican

Dermaga Mrican

Di dermaga ini terdapat tempat untuk bersandar kapal-kapal nelayan disekitar sana. Dermaga ini memang cukup sulit dijangkau ketika datang pada waktu pagi hari karena terdapat para warga untuk membeli ikan-ikan hasil tangakpan nelayan. Namun, ada cara lain, datanglah pada sore hari. Tempat ini menjadi salah satu tempat untuk dinikmati saat matahari terbenam. Duduk di pinggiran dermaga sangat nikmat juga.

11. Tracking Mangrove

Tracking Mangrove

Tracking mangrove merupakan taman nasional di Karimun jawa. Di tempat ini banyak terdapat pohon mangrove. Area ini dikelola menjadi tempat wisata. Letaknya berada di antara dua pulau yang terpisah. Dari jalan kecil yang bagus pengunjung bisa menikmati indahnya alam. Tiket masuknya sebesar Rp 12.500,-

Di tracking mangrove juga terdapat gardu pandang yang terdiri dari tiga lantai. Gardu yang unik itu bisa dinikmati saat pagi atau sore hari ketika sudah berada di lantai paling atas bisa menikmati pulau-pulau maupun perbukitan yang bisa dijadikan spot foto. Ditempat ini juga terdapat cara penanaman pohon mangrove.

12. Pulau Geleang

Pulau Geleang

Lokasi pulau ini berada di sisi barat yang cocok untuk dikunjungi pada saat makan siang dan bisa dijadikan tempat untuk beristirahat. Pulau yang memiliki hamparan yang luas dan berpasir putih bisa dijadikan tempat untuk berfoto. Banyak Keindahan pantai yang bisa dinikmati baik wisatawan lokal maupun mancanegara.                                            

13. Karimun jawa Butterfly Park

Karimun jawa Butterfly Park

Selain keindahan alamnya juga terdapat wisata buatan di daerah ini. Di tempat ini banyak hewan kupu-kupu, bagi penyuka hewan satu ini sangat cocok untuk mengunjungi wisata ini juga. Selain itu juga ada wahana-wahana bermain seperti tiga dimensi Cinema, 3D Art Gallery. Tempat wisata ini bisa dikunjungi baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Ulasan dari agen sewa mobil malang di atas merupakan penjelasan dari macam-macam tempat wisata yang ada di Karimun jawa. Tentu bisa dijadikan rekomendasi ketika sedang berencana untuk berlibur dan sedang mencari tempat wisata yang menarik, keren dan kekinian. Bermacam-macam pulau dengan keunikan tersendiri bisa ditemukan di sana. 

One thought to “13 Destinasi Wisata KarimunJawa Paling Hits, Wajib Dijadikan Tempat Berlibur”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *