Skip to main content
Karapan Sapi - Tempat Wisata di Madura

Tempat Wisata di Madura? Baca Dulu Rekomendasinya Disini!

Home » Blog » Tempat Wisata di Madura? Baca Dulu Rekomendasinya Disini!

Tempat Wisata di Madura – Madura, salah satu bagian dari Provinsi Jawa Timur, sebelumnya memang tidak terlalu banyak yang mengenal. Berbagai kendala seperti akses dan bahasa cukup menghalangi perkembangan dunia wisata di Madura. Ditambah lagi kurangnya informasi menyebabkan Madura seakan tertutup. Namun saat ini semua itu sudah berhasil diatasi.

Dewasa ini, Madura tengah menggeliat, terutama pada bidang pariwisata. Tempat-tempat wisata di Madura mulai dikenal publik. Kemudahan informasi melalui internet turut membantu promosi pariwisata Madura. Keindahan Madura sedikit demi sedikit terungkap. Beberapa rekomendasi wisata yang ada di Madura berikut ini akan sangat berguna jika berencana mengunjungi Madura.

Gili Labak

Keindahan Gili Labak sedang populer di berbagai kanal sosial media saat ini. Pasir pantai yang putih bersih terhampar luas seakan menghipnotis para wisatawan yang berkunjung. Selain itu keindahan bawah lautnya sangat memukau. Tersedia beberapa penyewaan alat snorkling bagi yang menikmati keindahan bawah laut Gili Labak. Namun, tantangan yang harus dilalui pertama adalah perjalanan menuju Gili Labak.

Gili Labak Madura

Perjalanan menuju salah satu tempat wisata di Madura ini memang tidak cukup mudah. Paling umum dilakukan melalui Pelabuhan Kalianget lalu menyewa perahu nelayan menuju Gili Labak. Harganya bisa mencapai Rp 600.000,00 untuk satu perahu yang bisa diisi hingga sepuluh orang. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk berangkat secara rombongan. Perlu waktu dua jam untuk perjalanan dari Pelabuhan Kalianget menuju Gili Labak.

Baca Juga:  Spot Arum Jeram Malang – Wisata Rafting di Malang

  • Wisata Rafting di Malang
  • Tempat Snorkeling di Malang
  • Wisata Keren di Batu Malang

Kepulauan Kangean

Masih berada di ujung timur Pulau Madura, Kepulauan Kangean menawarkan sebuah permata yang tersembunyi bagi yang ingin berwisata ke Madura. Menuju Kepulauan Kangean sendiri juga bukan perkara mudah. Pelabuhan Kalianget di Sumenep menjadi cara paling gampang untuk menuju ke Kepulauan Kangean, kemudian menyeberang menggunakan Kapal Ferry selama kurang lebih enam hingga delapan jam. Tarifnya berkisar antara Rp 80.000,00 hingga Rp 250.000,00 per orang.

Kepulauan Kangean menyajikan alam yang masih sangat asri. Semua gugusan pulau di Kepulauan Kangean memiliki pantai yang putih dan bersih serta pemandangan bawah laut yang indah. Selain itu menikmati segarnya air di Pemandian Olbek atau menyusuri Gua Kuning juga sangat direkomendasikan. Keaslian Kepulauan Kangean siap untuk membius para wisatawan yang datang.

Wisata Kota Tua Kalianget

Membicarakan sejarah Pulau Madura, tidak bisa dilepaskan dari keberadaan Kota Tua Kalianget. Meski bukan sebuah kota besar seperti Jakarta, Semarang, dan Surabaya, rupanya Kalianget juga memiliki wisata kota tua yang menarik. Kota modern pertama di Pulau Madura ini menyimpan peninggalan rumah-rumah bergaya Eropa klasik.

Tempat Wisata di Madura - Kota Tua

Kota Tua Kalianget dibangun oleh Belanda sebagai bagian dari pembangunan pabrik-pabrik garam di Pulau Madura. Rumah-rumah dibangun menyerupai gaya rumah di Eropa kemudian menjadi tempat tinggal bagi para karyawan pabrik garam. Setelah Indonesia merdeka, rumah-rumah ini ditinggalkan penghuninya. Keindahan arsitektur rumah di Kota Tua Kalianget ini masih bisa dinikmati hingga sekarang.

Menikmati Karapan Sapi

Kebudayaan Karapan Sapi sudah dikenal di berbagai pelosok negeri. Bermula karena lahan di Madura yang kurang subur, Karapan Sapi kemudian lahir sebagai bagian dari kegiatan membajak lahan pertanian. Tradisi Karapan Sapi sudah ada sejak lama dan terus dilestarikan hingga sekarang.

Karapan Sapi - Tempat Wisata di Madura

Dalam perlombaan Karapan Sapi, dua ekor sapi diikat dan dihubungkan dengan sebuah pelana khusus yang biasanya menjadi alat bajak, kemudian bersama joki berpacu menuju garis finish. Perlombaan Karapan Sapi ini digelar setiap tahunnya. Jadi jangan sampai melewatkan tontonan seru ini saat berkunjung ke Madura.

Bebek Sinjay

Belum lengkap rasanya membahas wisata di Madura kalau belum mengulas tentang kulinernya. Beberapa kuliner di Madura sudah terkenal seperti Sate Madura, Soto Madura, atau Nasi Jagung khas Madura. Satu lagi kuliner buruan para wisatawan saat berkunjung ke Madura adalah Bebek Sinjay.

Bebek Sinjay - Tempat Wisata di Madura

Berlokasi di Bangkalan, Rumah Makan Bebek Sinjay ini selalu ramai dikunjungi setiap harinya. Dalam satu porsi, dihidangkan sepiring nasi hangat dengan bebek yang digoreng kering lengkap dengan sambal mangga muda dan lalapan. Rasa gurih bebek berpadu sempurna dengan hangatnya nasi putih. Ditambah dengan sambal mangga muda yang manis, asam, dan pedas pasti membuat lidah bergoyang dan ketagihan.

Baca Juga :
Resto Instagramable di Malang
Wisata Kawah Ijen

Api yang Tak Kunjung Padam

Jauh sebelum Gili Labak dikenal oleh khalayak, ada satu tempat yang biasanya menjadi tujuan wisata di madura, yakni Api yang Tak Kunjung Padam namanya. Tempat wisata ini dikelola secara mandiri oleh pemiliknya yang bernama Haji Ali. Tiket masuknya hanya Rp 10.000,00 per orang di luar biaya parkir kendaraan, tentunya tidak akan memberatkan kantong.

Api yang berada di lahan Haji Ali memang dikenal sangat ajaib lantaran ia tak pernah padam. Jika hujan datang, api akan padam sementara lalu menyala kembali ketika hujan reda. Menariknya lagi adalah api ini tidak menjalar dan hanya berada pada tempatnya. Demi keamanan, pengelola membangun pagar besi agar pengunjung tidak masuk ke dalam.

Sentra Batik Madura

Kerajinan batik memang tidak hanya dikembangkan di Jawa Tengah dan Yogyakarta saja. Beberapa daerah seperti Cirebon, Tuban, dan Madura juga memiliki kerajinan batiknya sendiri. Batik Madura memiliki motif yang berbeda dengan batik-batik yang ada di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Salah satu ciri khas dari Batik Madura adalah warnanya yang mencolok.

Proses pembuatan dan pengolahan Batik Madura dikembangkan oleh masyarakat Desa Teseseh, Kabupaten Bangkalan. Secara turun temurun mereka meneruskan tradisi membuat kain-kain Batik Madura. Berkunjung ke wisata di Madura yang satu ini selain dapat melihat proses pembuatan batik juga dapat turut serta merasakan bagaimana cara membuat batik. Hal itu akan menjadi pengalaman yang sangat berharga tentunya.

Air Terjun Toroan

Madura secara geografis termasuk dataran rendah. Namun, ternyata di Madura terdapat obyek wisata air terjun yang sebetulnya lebih identik ada di dataran tinggi. Namanya Air Terjun Toroan yang terletak di Desa Ketapang, Kabupaten Sampang. Keindahan alami Air Terjun Toroan masih terjaga hingga saat ini.

Tempat Wisata di Madura - Air Terjun Toroan

Air terjun dengan ketinggian mencapai dua puluh meter ini menjadi satu-satunya wisata air terjun di Madura. Tidak heran jika kemudian Air Terjun Toroan menjadi incaran wisatawan yang akan melakukan wisata di Madura. Medan menuju air terjun tidak terlalu susah. Namun begitu, tetap perlu berhati-hati dan sangat disarankan menggunakan alas kaki yang nyaman.

Keraton Sumenep

Sebuah bangunan megah berwarna kuning berdiri di kota paling ujung Pulau Madura, Sumenep. Bangunan itu dikenal sebagai Keraton Sumenep. Madura memang memiliki sejarah panjang sejak zaman dahulu yang dibuktikan dengan adanya Keraton Sumenep ini. Keraton Sumenep ini menjadi bukti bahwa kota yang berada di ujung timur Pulau Madura ini pernah menjadi pusat dari Pulau Madura.

Keraton Sumenep Madura

Keraton Sumenep ini dibangun pada abad ke-17 Masehi sebagai kediaman dan pusat pemerintahan para raja di Sumenep saat itu. Meski begitu, sebetulnya sejarah Madura jauh lebih lama dari itu, karena diperkirakan Madura sudah ada sejak zaman Kerajaan Majapahit. Saat ini Keraton Sumenep digunakan sebagai museum dengan menampilkan berbagai peninggalan sejarahnya.

Gili Iyang

Jika orang-orang di Jakarta dan kota-kota besar lainnya mengeluhkan kualitas udara yang semakin buruk, di Madura, tepatnya di Gili Iyang, justru dikenal sebagai pulau dengan udara paling bersih karena kadar oksigennya sangat tinggi. Kadar oksigen di Gili Iyang menurut penelitian mencapai 21% atau yang tertinggi kedua setelah Yordania.

Selain kualitas udaranya yang sangat baik, Gili Iyang juga memiliki pantai yang cantik dan bersih. Keindahan bawah laut Gili Iyang juga sangat menakjubkan. Selain itu, Gua Mahakaya dengan stalaktitnya yang menggantung indah patut dikunjungi. Cara tercepat menuju Gili Iyang adalah dengan menaiki perahu yang berangkat dari Pelabuhan Dongkek, Sumenep. Waktu perjalanan kurang lebih memakan waktu 45 menit saja.

Madura seperti mulai membuka diri untuk dikunjungi dan bukan lagi daerah asing yang tidak dikenal. Beragam destinasi wisata di Madura mulai dikenal satu persatu. Wisatawan sedikit demi sedikit datang mengunjungi setiap tempat. Madura kini siap untuk menjadi idola dan destinasi utama wisata Indonesia.

Layanan Travelloratour :

One thought to “Tempat Wisata di Madura? Baca Dulu Rekomendasinya Disini!”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *