Skip to main content
Pantai Klayar - Wisata di Jawa Timur

Tempat Wisata di Jawa Timur Populer yang Sayang Jika Dilewatkan

Tempat Wisata di Jawa Timur – Sebagai provinsi dengan luas wilayah paling besar di Pulau Jawa, Provinsi Jawa Timur memiliki lanskap alam yang beragam. Kekayaan alamnya yang beragam menjadikan Jawa Timur kaya akan pilihan tempat wisata. Pilihan tempat wisata di Jawa Timur semakin lengkap dengan kehadiran berbagai candi, museum, atau juga wahana-wahana yang menarik.

Provinsi paling ujung timur Pulau Jawa ini memang memiliki daya tarik memikat. Tak heran jika ada banyak sekali wisatawan yang mengunjungi Jawa Timur baik dari wisatawan nusantara maupun mancanegara. Jika dalam waktu dekat berencana untuk pergi ke Jawa Timur, patut disimak beberapa pilihan tempat wisata berikut ini.

Gunung Bromo

Tidak ada yang tidak tahu tentang Gunung Bromo yang memang sudah sangat identik dengan wisata di Jawa Timur. Tak sedikit wisatawan yang datang ke sini setiap harinya. Keindahan alam gunung yang masih aktif ini memang mampu memukau setiap orang yang datang.

Wisata Jawa Timur - Gunung Bromo

Gunung Bromo dapat ditempuh melalui tiga kabupaten yakni Malang, Pasuruan, dan Probolinggo. Setiap orang yang akan memasuki kawasan Gunung Bromo, diharuskan membayar kurang lebih sebesar Rp30.000,-. Menikmati matahari terbit di Bukit Pananjakan adalah satu dari sekian banyak hal yang bisa dilakukan di Gunung Bromo. Selain itu, jika datang pada saat Upacara Kasada akan membawa pengalaman tersendiri saat mengunjungi Gunung Bromo.

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Kawah Ijen, Banyuwangi

Kabupaten paling ujung timur Pulau Jawa, Banyuwangi, sedang ramai sibuk mempromosikan dirinya. Julukannya sebagai Sunrise of Java memang layak disematkan kepada Banyuwangi. Keindahan alamnya yang luar biasa berakibat banyaknya wisatawan yang datang ke Banyuwangi. Salah satu obyek wisata andalan Banyuwangi adalah pesona api biru di Kawah Ijen.

Kawah Ijen - Wisata di Jawa Timur

Kawah Ijen sebagai salah satu andalan wisata di Jawa Timur, menyajikan keindahan api birunya yang tersohor dan hanya ada dua di dunia ini. Mendaki Gunung Ijen dan menuju ke kawahnya memang susah-susah gampang. Siapkan saja fisik dan tentu saja jaket tebal. Saat yang paling bagus untuk ke Kawah Ijen adalah pada saat Bulan Mei hingga September.

Tips Berkunjung ke Kawah Ijen

Air Terjun Tumpak Sewu

Melalui sebuah unggahan di kanal Instagram, Air Terjun Tumpak Sewu langsung melejit pamornya. Pemandangan alam air terjun dilihat dari atas dengan latar belakang Gunung Semeru menjadi pesonanya. Tidak hanya itu saja, air terjun yang dijuluki sebagai niagara di Jawa Timur ini juga bisa dinikmati sampai di bawahnya.

Air Terjun Tumpak Sewu Malang Jawa Timut

Bagi yang berencana untuk menikmati air terjun di bawah, perlu disiapkan fisik yang prima karena medan yang cukup berat. Selain itu, alas kaki yang nyaman juga sangat penting. Air Terjun Tumpak Sewu dapat ditempuh melalui Malang atau Lumajang. Biaya masuknya hanya Rp10.000,- dengan tambahan parkir sebesar Rp5.000,- untuk motor dan Rp10.000,- untuk mobil.

Air Terjun Tumpak Sewu

Gili Labak, Sumenep, Madura

Beralih ke Pulau Madura, pesona Gili Labak yang berada tidak jauh dari Pulau Madura ini memang sangat luar biasa indahnya. Perjalanan menuju Gili Labak membutuhkan waktu sekitar dua jam menggunakan perahu dari Pelabuhan Kalianget, Sumenep. Harga sewa perahunya cukup mahal, belum lagi gelombang tinggi, dan perahu yang kecil menjadi tantangan.

Pantai Gili Labak Madura

Perjuangan yang tidak mudah itu akan langsung lunas terbayarkan begitu tiba di Gili Labak. Hamparan pasir putih dan bersih akan langsung tersaji di depan mata. Jika merasa belum cukup, silakan menyewa peralatan snorkling dan menikmati betapa cantiknya alam bawah laut Gili Labak. Sekarang sudah banyak operator yang menyediakan paket wisata mengunjungi tempat wisata di Jawa Timur yang elok ini.

Tempat Wisata Populer di Madura

Surabaya Heritage Track oleh House of Sampoerna

Kota Surabaya termasuk ke dalam salah satu kota tertua yang penting sejak zaman dahulu. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya bangunan-bangunan bersejarah yang ada di Kota Surabaya. Keberadaan bangunan bersejarah di Surabaya yang masih ada hingga kini tentu saja memiliki nilai historis yang tinggi. Museum House of Sampoerna mengadakan sebuah program menarik untuk mempelajari sejarah Kota Surabaya.

Surabaya Heritage Track

Program bernama Surabaya Heritage Track yang dikelola oleh Museum House of Sampoerna langsung menarik perhatian para wisatawan yang berkunjung ke Surabaya. Menaiki sebuah bus kecil berwarna merah, wisatawan diajak berkeliling mengunjungi beberapa tempat bersejarah di Surabaya. Program ini gratis, cukup dengan datang saja ke Museum House of Sampoerna untuk mendaftarkan diri.

Pantai Klayar Pacitan

Lokasi Pacitan memang cukup terpencil dan sangat jauh dari Surabaya. Membutuhkan waktu sekitar empat jam perjalanan darat dari Kota Surabaya untuk menuju Pacitan. Jalan yang harus dilalui juga tidak selalu mulus, cenderung berkelok dan berlubang. Namun, justru karena itulah alam Pacitan masih sangat asri. Pantai Klayar contohnya.

Pantai Klayar - Wisata di Jawa Timur

Seperti semua pantai yang berada di pesisir Pulau Jawa, Pantai Klayar juga memiliki hamparan pasir putih yang sangat cantik. Warna pasir putih tersebut akan sangat kontras dengan gradasi warna air laut dari biru menjadi hijau. Perpaduan warna yang memanjakan mata tersebut dapat dinikmati hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp5.000,- per orang.

Hutan Djawatan Benculuk, Banyuwangi

Sebagai salah satu andalan wisata di Jawa Timur, Banyuwangi terus melahirkan banyak obyek-obyek wisata baru. Salah satunya adalah Hutan Djawatan Benculuk. Sebuah hutan yang dipenuhi dengan Pohon Trembesi ini masuk ke dalam lahan yang dikelola oleh Perhutani. Perlu membayar Rp5.000,- untuk masuk ke kawasan wisata Hutan Djawatan Benculuk ini.

Wisata di Jawa Timur - Hutan Djawatan Benculuk

Suasana mistis akan langsung terasa begitu memasuki kawasan hutan. Dahan-dahan pohon dan dedaunan menggantung seakan berusaha untuk menghalangi cahaya matahari yang akan masuk. Sorot-sorot cahaya matahari menjelang sore yang menerobos rimbunnya pepohonan akan menambah suasana mistis. Para pecinta fotografi akan sangat menyukai datang ke kawasan yang sedang ramai diperbincangkan di dunia maya saat ini.

Air Terjun Madakaripura

Ketika sedang berwisata ke Bromo, sempatkan juga menyambangi salah satu air terjun tertinggi di Indonesia ini. Namanya Air Terjun Madakaripura, yang terletak tidak jauh dari Gunung Bromo. Air terjun yang memiliki ketinggian mencapai 200 meter ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Keindahan dan kesegaran air terjun bisa langsung dinikmati begitu tiba di dasar. Menyiapkan pakaian ganti akan sangat berguna.

Setelah tiba di tempat parkir, harga tiket masuk yang harus dibayarkan adalah Rp11.000,- per orang. Karena masih cukup jauh, tersedia jasa ojek yang akan mengantar ke titik terdekat dengan air terjun. Dari sana masih harus berjalan kaki selama dua puluh menit menyusuri sungai yang airnya segar, barulah Air Terjun Madakaripura dapat dinikmati.

Taman Nasional Baluran

Jawa Timur memiliki empat Taman Nasional yang tersebar. Mereka adalah Taman Nasional Meru Betiri, Taman Nasional Alas Purwo, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, dan Taman Nasional Baluran. Nama yang disebut terakhir itu juga dijuluki sebagai Africa van Java atau Tanah Afrika di Jawa.

Alas Baluran Jawa Timur

Baluran, selain menjadi andalan wisata di Jawa Timur, juga menjadi tempat tinggal berbagai hewan langka. Hewan yang paling sering dijumpai di sini adalah monyet dan burung merak. Sesekali pemandangan langka berupa banteng dan rusa yang turun juga bisa disaksikan. Merogoh kocek sebesar Rp15.000,- per orang tentu bukan harga yang mahal untuk sebuah mengalaman menakjubkan.

Batu Night Spectacular, Kota Batu

Kota Batu yang berada tidak jauh dari Kota Malang adalah surganya bagi yang akan berwisata bersama keluarga. Wahana-wahana baru yang menarik tersedia di Kota Batu. Tidak hanya siang hari, ada juga wisata keluarga yang bisa dikunjungi saat malam tiba, bernama Batu Night Spectacular atau yang disingkat menjadi BNS.

BNS dibuka mulai pukul 15.00 WIB. Tiket masuk per orangnya sebesar Rp15.000,-. Namun, agar bisa menikmati wahana-wahana menarik yang ada di dalamnya, pengunjung harus membayar lagi pada loket wahana. Bagi yang tidak ingin ribet, tersedia juga paket sebesar Rp100.000,- sehingga tidak perlu membayar lagi di loket.

Tidak salah memang jika mengatakan bahwa semua wisata di Jawa Timur mengundang decak kagum. Keindahan alamnya, sejarahnya yang kaya nilai historis, serta wahana-wahana baru semuanya sangat layak untuk dikunjungi. Fasilitas dan akses yang cukup mudah juga menjadi nilai tambah bagi dunia wisata yang ada di Jawa Timur. Siapkan rencana yang matang dan jelajahi Jawa Timur.

Layanan Travelloratour :
Sewa Mobil Malang Murah
Travel Malang Surabaya
Paket Wisata Bromo Midnight

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PESAN TRAVEL SEKARANG