Skip to main content
Tempat Wisata di Banyuwangi - Alas Baluran

Tempat Wisata di Banyuwangi Keren? Baca dulu Rekomendasinya Disini!

Home » Blog » Tempat Wisata di Banyuwangi Keren? Baca dulu Rekomendasinya Disini!

Tempat Wisata di Banyuwangi – Kota Banyuwangi yang letaknya di ujung Pulau Jawa ini mempunyai banyak potensi wisata yang cukup besar. Kota ini mendapatkan penghargaan “Excellence and Innovation in Tourism” dari salah satu Organisasi Pariwisata Dunia pada tahun 2016 karena banyaknya tempat wisata di Banyuwangi.

Terdapat beberapa lokasi seperti pantai, taman nasional, hingga desa wisata yang telah dikelola dengan baik dan telah mengundang ketertarikan untuk dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Simak penjelasan tempat wisata di Banyuwangi di bawah ini :

Jawatan Benculuk

Jawatan Benculuk mendapat julukan sebagai tempat ala Lord of the Rings yang sangat cocok dijadikan spot foto dan instagramable. Tempat ini berlokasi Ds. Benculuk, Kec. Cluring, Kab. Banyuwangi sangat ramai didatangi pada sore hari dan bagus untuk hunting foto dengan pohon-pohon.

Tempat Wisata di Banyuwangi - Alas Baluran

Terdapat banyak pohon trembesi yang rindang dapat menciptakan sebuah pemandangan yang bagus nan misterius. Tiket masuknya gratis, buka pada pukul 07.30 hingga 18.00 WIB. Tempat ini cocok untuk dijadikan spot foto maupun untuk bersantai dengan merasakan udara segar, berolahraga, bersepeda atau bahkan melakukan foto pre-wedding.

Baca Juga:

Waduk Bajulmati

Waduk Bajulmati berada di perbatasan dua kota antara Banyuwangi dan Situbondo. Tempat wisata di banyuwangi yang satu ini baru dibuka tahun kemarin pada bulan Juli 2016. Waduk ini memiliki pemandangan seperti Raja Ampat dan terdapat sekitar 10 meter kubik air.

Tempat WIsata di Banyuwangi - Waduk Bajul Mati

Di area waduk terdapat gundukan kecil seperti pulau-pulau kecil. Jika ingin berfoto dengan background seperti wayang berada di area waduk setelah gazebo. Waduk Bajulmati berlokasi Ds. Watukebo, Wongsorejo, Banyuwangi. Di lokasi ini tiket masuknya gratis serta tersedia fasilitas mulai dari kafe, speed boat, sarana outbound dan masih banyak lagi.

Bukit Mondoleko Sragi

Bukit Mondoleko Sragi berlokasi Ds. Sragi, Kec. Songgon, Kab. Banyuwangi memiliki keunikan tersendiri yaitu mampu melihat lima gunung dari atas bukit yaitu Gunung Suket, Raung, Merapi, Kerdil, Meranti. Untuk menuju ke tempat ini, perlu berjalan kaki, namun pengunjung akan disuguhkan pemandangan di sekelilingnya yang indah.

Mondoleko Sragi

Pemandangan yang indah dengan udara yang sejuk membuat perjalanan terasa tidak berat. Di sekitar jalan yang dilewati terdapat kebun stroberi, ladang bunga matahari maupun bermacam bunga lainnya. Selain itu juga terdapat goa yang katanya dulu peninggalan Jepang. Tiket masuk di Bukit Mondoleko Sragi gratis dan buka pada pukul 07.00 hingga 16.00 WIB.

Baca Juga :
Destinasi Wisata di Madura
Wisata Rafting di Malang

Desa Wisata Osing Kemiren

Desa wisata osing kemiren berlokasi di Dsn. Krajan, Kemiren, Glagah Kab. Banyuwangi. Wisata yang ada di Banyuwangi ini tidak hanya berbau alam saja namun juga kebudayaan lokal sangat diperhatikan. Desa Wisata Osing Kemiren ini menjadi cagar budaya karena di desa ini sangat melestarikan budaya dengan adanya suku setempat.

Di lokasi ini terdapat kesenian dari warga setempat, kolam renang dan tempat bermain. Selain itu, di desa satu juga sering terjadi atraksi dari Barong Osing yang memiliki keunikan tersendiri. Hal lain yang lebih memukau yaitu adanya pertunjukan tari gandrung yang bisa ditemui di Sanggar Genjah Arum.

Rumah Kurcaci Glenmore

Rumah Kurcaci Glenmore merupakan tempat wisata terbaru di Banyuwangi. Dari namanya pun sudah mendapat gambaran yang unik. Tempat ini cocok untuk dijadikan tempat bersantai dan berfoto selfi. Rumah kurcaci ini bentuknya seperti rumah yang ada di film the hobbit. Lokasi dari rumah kurcaci glenmore ini terdapat di Jl. Untung Suropati No.44, Ds. Karangharjo, Kab. Glenmore.

Tempat Wisata Banyuwangi - Rumah Kurcaci

Tepatnya berada di area glen coffe selain itu juga terdapat taman peri maupun jembatan warna-warni yang bisa dijadikan background foto. Untuk memasuki wisata rumah kurcaci glenmore ini gratis hanya membayar parkir kendaraan Rp 2.000,- saja.

Mangrove Bedul Ecotourism

Mangrove Bedul Ecotourism berada di Dsn. Bloksolo, Ds. Sumberasri, Kec. Purwoharjo, Kab. Banyuwangi. Taman satu ini masuk dalam Taman Nasional di alas purwo yang mana memiliki luas 1.350 hektar. Pariwisata menarik yang ada di sini yaitu memiliki perahu gondang-gandung sebagai alat transportasi ketika berkunjung di sana.

Mangrove Bedul Ecotourism

Dengan menaiki perahu tersebut dapat melihat seluruh hutan magrove dan segoro anak dengan harga Rp 200.000,- bisa untuk 10 sampai 15 orang. Selain itu, ada fasilitas yang menarik yaitu pengamatan burung dan pengamatan mangrove.

Taman Nasional Baluran

Kebanyakan orang Indonesia pasti sudah tahu Taman Nasional Baluran. Yang mana di taman ini, menawarkan hamparan sabana yang sangat menyejukkan mata, hembusan angin sepoi-sepoi menambah keindahan serta menyejukkan hati.

Taman Nasional Baluran Banyuwangi

Di daerah Taman Nasional Baluran terdapat macam-macam objek wisata, seperti Savana Bengkol, Goa Jepang, Gunung Baluran, Pantai Bilik Sijile, dan Pantai Bama. Waktu sehari masih akan tidak cukup ketika menikmati semua keindahan di Taman Nasional Baluran. Taman Nasional Baluran berlokasi di wilayah Banyuputih, Situbondo, dan Wongsorejo, Banyuwangi Utara.

Rowo Bayu Di Dusun Sambung Rejo

Rowo Bayu merupakan rawa yang dikelilingi oleh hutan lindung. Lokasi tepatnya di Dsn. Sambung Rejo, Bayu, Banyuwangi. Cuacanya sangat sejuk dengan udara segar. Di bagian tengah rawa, memiliki sebuah telaga yang membuat suasana semakin sejuk.

Rowo Bayu juga terkenal dengan nilai sejarah dan keindahan alamnya. Pasalnya, pada jaman dahulu ada beberapa cerita sejarah seperti di salah satu telaga Raja Blambangan bersemedi, Prabu Tawang Alun menyesali tentang kematian kedua adiknya saat berperang melawannya.

Songgon Rafting

Songgon Rafting letaknya di kaki Gunung Raun yang mana berada di Ds. Sumberbulu, Kec. Songgon, di tempat ini ada Sungai Badeng yang memiliki kedalaman kurang lebih 50 cm. Airnya mengalir cukup deras dengan bebatuan. Sungai Badeng dapat untuk dijadikan arung jeram atau rafting yang dinamakan Songgon Rafting.

Ada berbagai jenis fasilitas yang tersedia dengan biaya per orang sekitar Rp100.000,- hingga Rp150.000,- termasuk tiket masuknya, pelampung, sewa perahu karet, transportasi untuk menuju titik mulai perjalanan arung jeram dan biaya jasa pendamping.

Agro Wisata Kaliklatak

Agrowisata Kaliklatak merupakan salah satu tempat wisata di Banyuwangi yang berada di lereng Gunung Merapi dengan bentuk sebuah perkebunan. sebenarnya, perkebunan ini milik perusahaan Belanda Mij Moorman & Co, hak miliknya dipindahtangan ke seorang pengusaha local yang bernama R. Soehoed Prawiroatmodjo.

Kaliklatak merupakan perkebunan dengan pencaharian utamanya berupa kopi, cokelat dan rempah-rempah. Agrowisata Kaliklatak memberikan pemandangan alam yang sangat bagus. Selain itu juga dapat dijadikan spot foto yang sangat menarik.

Bangsring Underwater

Bangsri Underwater seperti Raja Ampat yaitu dapat menikmati biota bawah laut. Lokasi ini memiliki wisata terumbu karang yang belum banyak terjamah oleh orang-orang dan masih asli. Terumbu karang di Bangsring Underwater memiliki luas sekitar 15 hektar dan termasuk dalam daerah perlindungan bersama dari pemerintah dan masyarakat. Wisata ini terletak di Jl. Pelabuhan Ketapang, Kab. Banyuwangi.

Itulah ulasan lengkap mengenai tempat wisata di Banyuwangi yang wajib untuk dikunjungi ketika berlibur. Meski letaknya ada di ujung Pulau Jawa, akses transportasi ke Banyuwangi sangat mudah. Alat transportasi yang bisa dipilih pun beragam dari kereta api, kendaraan pribadi maupun pesawat terbang.

Layanan Transportasi Travelloratour :

One thought to “Tempat Wisata di Banyuwangi Keren? Baca dulu Rekomendasinya Disini!”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *