Skip to main content
Spot Arum Jeram Malang - Kaliwatu Rafting

Spot Arum Jeram Malang – Wisata Rafting di Malang

Spot Arum Jeram Malang – Jika butuh sedikit penyegaran dengan melakukan olahraga air yang cukup ekstrim, mungkin arum jeram atau rafting bisa dipilih. Olah raga ini memiliki banyak manfaat sehingga layak untuk dicoba. Di Indonesia sendiri punya banyak tempat terbaik yang cocok untuk melakukan aktivitas tersebut. Salah satunya tempat arum jeram Malang yang merupakan terfavorit.

Manfaat Olah Raga Arum Jeram

Salah satu olah raga air yang hingga kini cukup digemari adalah arum jeram atau rafting. Meskipun termasuk salah satu olah raga ekstrim, peminatnya cukup banyak karena dianggap cukup menyenangkan saat melakukannya. Berikut apa saja manfaat olah raga air arum jeram atau rafting

Melatih kekuatan otot

Memang kelihatannya peserta arum jeram ini terlihat hanya duduk di perahu. Padahal, saat perahu harus melawan arus atau menabrak batu peserta dituntut untuk menahan badan agar tetap seimbang. Inilah yang menjadi salah satu gerakan untuk melatih kekuatan otot.

Membantu pembakaran lemak di tubuh

Saat melakukan olah raga arum jeram, peserta dituntut untuk melakukan beragam gerakan. Seperti mendayung saat debit air stabil agar perahu bisa berjalan. Atau saat arus kuat, harus mempertahankan perahu agar tidak terbalik. Secara tidak langsung bisa membuat lemak di tubuh terbakar dengan sendirinya.

Membuat otak dan pikiran menjadi tenang. Ini disebabkan karena saat melakukan arum jeram, berjuta saraf di otak akan otomatis mendapat penyegaran. Hal tersebut tentunya dapat membuat efek pikiran menjadi fresh atau jernih kembali.

Berguna untuk menyehatkan paru-paru. Saat rafting, tentu dilakukan di sepanjang aliran sungai yang umumnya terletak di daerah pegunungan. Hal tersebut membuat udara yang dihirup pun pasti masih bersih jauh dari polusi seperti di daerah perkotaan. Udara seperti ini pasti bagus apalagi untuk kesehatan paru-paru.

Membentuk sikap kerjasama tim

Kegiatan olahraga arum jeram atau rafting dilakukan dengan bersama-sama. Kebersamaan tersebut secara otomatis dapat membuat jiwa kerjasama tim semakin terbangun. Satu sama lain saling terikat karena sama-sama ingin agar perahu boat tidak terbalik.

Melatih keberanian

karena arum jeram ini termasuk olah raga ekstrim maka secara tidak langung dapat melatih seseorang agar lebih berani. Kondisi lah yang memaksa hal tersebut.

Baca Juga Artikel Wisata Malang:
Tempat Senorkeling di Malang
Resto di Malang – Resto Nyaman di Malang
Kumpulan Tempat Wisata di Batu Malang

Tempat-Tempat Arum Jeram Malang

Di Indonesia ada beberapa tempat yang cocok bagi yang sedang ingin melakukan olah raga arung Jeram. Salah satunya bagi yang sedang berada di Jawa timur, tempat yang direkomendasikan adalah kota Malang. Berikut beberapa spot arum jeram Malang yang bisa dikunjungi

Kaliwatu Rafting

Spot Arum Jeram Malang - Kaliwatu Rafting

Lokasi Kaliwatu Rafting sendiri berada di Jalan Raya Pandanrejo No.19, Bumiaji. Tepatnya di Kecamatan Batu, Malang. Jika dari alun-alun kota Batu kaliwatu Rafting ini berjarak kira-kira 2 km. Di tempat ini pengunjung bisa menikmati arum jeram dengan didampingi seorang guide, jadi akan sangat aman walaupun masih pemula.

Setiap penumpang juga telah dilengkapi dengan fasilitas khusus untuk keamanan seperti baju pelampung, helm keamanan, serta sebuah dayung. Dayung ini dapat dipergunakan untuk menghindari bila sewaktu-waktu bertabrakan dengan batuan. Selain kegiatan arum jeram, disini pengunjung juga bisa melakukan outbond yang sudah disediakan oleh pengelola.

Untuk masuk wisata kaliwatu rafting ini pengunjung dikenakan biaya masuk sekitar 180 ribu per orang. Biaya ini sudah termasuk dengan fasilitas serta akomodasi selama di camp pengelola. Salah satu wisata arum jeram Malang ini buka setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 WIB.

Kasembon Rafting

Spot Arum Jeram Malang - Kasembon Rafting

Wisata arum jeram Malang selanjutnya yaitu kasembon Rafting. Lokasi tempatnya ada di perbatasan kabupaten Malang dan Kediri. Lebih tepatnya ada di desa Bayem, Kecamatan Kesembon, Malang. Untuk para penyuka arum jeram, tempat ini sangat direkomendasikan. Pasalnya ada sekitar 8 jeram yang beberapa diantaranya bahkan memiliki ketinggian sampai 4 meter.

Uniknya lagi tempat arum jeram ini tidak mengenal musim. Pengunjung dapat bebas mencoba olahraga ini baik pada musim kemarau maupun penghujan sekalipun. Hal tersebut disebabkan karena debit air sungai yang digunakan berasal dari bendungan Mendalan. Ini membuat besar kecilnya air bisa diatur sehingga aman buat yang professional maupun pemula sekalipun.

Kegiatan lain yang bisa dilakukan pengunjung yaitu outbond, paintball, airsoftgun, camping maupun trail. Tarif untuk mencoba melakukan arum jeram di tempat ini yaitu Rp. 175.000 untuk tiap orang. Biaya tersebut sudah termasuk fasilitas seperti softdrink, snack, makan siang prasmanan serta guide yang professional.

Rafting Pujon Malang

Spot Rafting di Malang - Pujon Rafting

Pengunjung dapat menemukan lokasi arum jeram atau rafting Pujon ini di sekitar sungai Konto. Aliran sungai ini mengalir sepajang desa Lebak Sari hingga ke arah timur yaitu perbatasan Pujon dan Ngantang. Selain rafting, pengunjung juga dapat melakukan tubing di sini karena aliran sungainya cukup deras.

Sepanjang aliran sungai, pengunjung akan diajak menikmati pemandangan khas yaitu kawasan persawahan yang hijau dan indah. Selain itu sejuknya udara pegunungan juga makin membuat suasana menjadi nyaman. Wahana rafting disini cukup aman bahkan untuk pemula sekalipun. Hal tersebut karena pengelola telah menyiapkan guide professional yang siap membantu.

Untuk tarifnya sendiri, pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp. 175.000 per orang. Biaya ini sudah termasuk fasilitas yang cukup lengkap. Diantaranya perahu, perlengkapan rafting, softdrink, makan 1 kali, serta guide yang siap mendampingi. Pengunjung juga berhak mendapatkan fasilitas tambahan yaitu free kolam renang.

Ndayung Rafting

Spot Arum Jeram Malang - Ndayung Rafting

Ndayung Rafting merupakan salah tempat arum jeram Malang yang bisa dicoba selanjutnya. Lokasinya berada di sebuah desa bernama Gubuklakah. Posisi tepatnya di lereng gunung Semeru sebelah utara. Di sekitar tempat ini banyak ditemukan pemandangan alami tebing, hutan, perkebunan apel dan sayur-sayuran.

View tersebut akan terlihat selama perjalanan arum jeram menyusuri aliran sungai. Tempat ini selalu ramai pengunjung karena lokasinya yang merupakan akses jalan menuju Bromo Tengger Semeru. Ndayung Rafting ini punya sekitar 20 jeram dengan 2 jeram andalan yaitu jeram welcome dan loading.

Pengunjung akan disuguhi beragam fasilitas yang telah disediakan oleh pengelola. Diantaranya homestay, camping ground, pendopo serta fasilitas lengkap untuk kegiatan outbond. Untuk menikmati wisata arum jeram, pengunjung dikenakan tarif Rp. 199.900 per orang.

Sungai Amprong Rafting

Spot Rafting di Malang - Sungai Amprong

Sungai Amprong Rafting ini berlokasi ini desa Gubuk Klakah, kecamatan Poncokusumo, kabupaten malang Jawa Timur. Nama Amprong sendiri berasal dari nama hulu sungai “Amprong” yang terletak di wilayah DAS Brantas. Aliran sungai Amprong ini mengalir cukup deras kira-kira 10 hingga 30 km per jam. Melihat derasnya aliran sungai tersebut, membuatnya masuk kategori wisata ekstrim.

Derasnya aliran sungai ini membuat, pengunjung dapat menikmati wisata river tubing di tempat ini. Wisata arum Jeram Sungai Ampong ini masih cukup baru, yaitu mulai berdiri tahun 2014 lalu. Walaupun begitu, pengunjung yang datang cukup banyak berdatangan. Baik penduduk Malang sendiri walaupun luar kota tersebut. Pastinya penyuka wahana esktrim.

Pengunjung dikenakan tarif yang bervariatif tergantung panjangnya durasi waktu dan panjang aliran sungai yang dilewati. Trip satu, dengan tarifnya Rp.100.000, dengan durasi 2 jam dan panjang jalur 4,5 KM. Trip 2, tarif Rp.80.000 dengan durasi 1 jam dan panjang jalur 2,5 KM. Trip 3 Rp45.000 selama 45 menit, jalur 1,5 KM.

Itulah beberapa spot tempat arum jeram malang terbaik. Salah satunya bisa coba dikunjungi apabila sedang berada di Kota Malang Jawa Timur. Walaupun tergolong olah raga ekstrim, namun arum jeram atau rafting sebenarnya aman. Oleh karena setiap tempat arum jeram pasti disediakan guide pendamping oleh pengelola.

Layanan Travelloratour :
Paket Wisata Bromo Midnight dari Malang
Travel dari Juanda ke Malang Termurah
Travel Malang Raya ke Surabaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pesan Travel Sekarang