Skip to main content
travelloratour-balekambang

Wisata Pantai Balekambang

Siapa nih di sini yang suka ke pantai? Angkat tangannya dong. Siapa sih yang tak kenal dengan pantai yang terkenal dengan Tanah Lot-nya Jawa Timur? Iyaps benar, Pantai Balekambang.

Pantai ini memang memiliki julukan “Tanah Lot-nya Jawa Timur” karena pantai ini memiliki lanskap dan topografi yang sering disebut menyerupai Pantai Tanah Lot di Bali. Kawasan pantai ini yang terus menjadi salah satu incaran para wisatawan yang ingin menikmati keindahan Kota Malang ini.


Baca Juga : Wisata Coban Tumnpak Sewu

 

Pantai Balekambang

Pantai Balekambang merupakan salah satu wisata pantai yang berada di Malang lebih tepatnya di Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang.

Pantai ini menawarkan pemandangan dan panorama yang luar biasa indahnya. Pantai ini banyak dikunjungi wisatawan yang sedang berkunjung ke Malang apalagi ketika libur panjang.

Kalau Anda berangkat dari Malang, Anda harus melalui 67 kilometer untuk menuju tempat ini. Akses menuju tempat ini juga sudah memadai lho gaes, untuk jalan utamanya sudah diaspal mulus dan juga dapat dilalui dengan mudah. Tapi, kalian juga harus hati-hati ya?

Pasalnya, jalan menuju pantai ini banyak terdapat tanjakan dan juga tikungan yang sangat tajam. Tak hanya itu, kalian juga akan melewati jalan Jurang Mayit.

Mungkin kalian bertanya-tanya kalau di jalan ini ada mayatnya gitu? Bukan gaes jalan ini di kenal dengan jalan Jurang Mayit karena kabarnya jalan ini terkenal angker dan banyak kecelakaan yang sering terjadi. Jalannya cukup berkelok.

Tapi jangan khawatir, sepanjang perjalanan menuju pantai ini para wisatawan bisa menemukan suasana yang masih asri dengan pepohonan hijau yang berjejer di sepanjang jalan.

Pantai ini juga memiliki sejarah yang harus kalian tahu nih. Pasalnya, pantai ini dulunya masih dipenuhi oleh pepohonan yang lebat dan juga hutan maka dari itu tidak banyak orang yang mau masuk ke dalamnya.

Namun, semenjak tahun 1978 pantai ini mulai dikenal oleh warga sekitar dan salah seorang perangkat desa di Desa Srigonco mulai membuka akses jalan ke pantai ini. Setelah 5 tahun berselang Pantai Balekambang ini diresmikan oleh Bapak Eddy Slamet selaku Bupati Malang saat itu.

Pantai Balekambang Malang
Pura di di Pantai Balekambang

Sejarah dan Adat Pantai Balekambang

sunset di pantai balekambang

Setelah diresmikan sebagai salah satu destinasi wisata di Jawa Timur. Nama Pantai ini semakin terkenal dan banyak didatangi oleh wisatawan. Seiring dengan berjalannya waktu, fasilitas pantai ini mulai dilengkapi demi menunjang kenyamanan wisatawan yang berkunjung ke Pantai Balekambang.

Hingga saat ini tak heran jika Pantai Balekambang menjadi salah satu destinasi wisata di Malang dan juga Jawa Timur yang popular.

Usut demi usut, ternyata orang yang pertama membuka hutan yang melingkupi Pantai Balekambang ini bernama Syaikh Abdul Jalil. Beliau adalah seorang ulama yang berasal dari Yogyakarta dan ketika beliau wafat, beliau dimakamkan di area yang dekat dengan Pantai Balekambang sekitar 1 kilo meter dari Pantai Balekambang.

Jasa beliau dikenang oleh masyarakat sekitar dan menjadikan makan beliau suci. Saat bulan Suro/Muharram makam ini akan ada banyak peziarah yang mengunjungi makam beliau, dan sekarang makam beliau menjadi salah satu wisata religi yang ada di Malang.

Sebagai Tempat Upacara Adat & Keagamaan

Pantai Balekambang memang ramai dipadati pengunjung, tetapi pantai ini tak hanya ramai waktu liburan. Terlebih lagi saat Hari Raya Nyepi.

Pantai ini akan dipadati oleh wisatawan sebab saat hari raya Nyepi umat Hindu yang tinggal di sekitar Kota Malang ini melakukan prosesi upacara yang di Pura Amarta Jati yang letaknya di Pulau Ismoyo, sebuah pulau yang terletak di seberangpesisir pantai.

Para wisatawan yang ingin menyaksikan upacara ini juga bisa menyaksikan upacara ini dengan dekat. Tenang saja, untuk mencapai ke Pulau Ismoyo sudah ada jembatan yang menuhubungkan Pulau ini dengan Pantai Balekambang.

Tapi, harus ingat satu hal ya kalian harus menjaga norma kesopanan dan menghargai masyarakat sekitar pemeluk agama Hindu yang sedang melakukan upacara ya gaes. Di sini kalian dapat menikmati proses upacara dan sekaligus juga belajar akan budaya dan adat masyarakat yang ada di Indonesia.

Baca Juga :
Wisata Jatim Park 2
Jatim Park 3 Batu

Aroma Mistis di Pantai Balekambang

Pantai yang tergolong dalam gugusan Pantai Selatan ini juga menyimpan cerita mitos dan juga kepercayaan yang lekat dengan hal-hal yang berbau mistis.

Penasaran? Udah jangan penasaran ini aku kasih tahu cerita mitosnya. Salah satu mitos yang banyak dibicarakan adalah berakhirnya asmara bagi pasangan muda yang belum sah/belum menikah jika mereka berkunjung bersama ke Pantai Balekambang ini. Nah, jangan ke sana sama pasangan ya kalau nggak mau hubungannya berakhir.

Mitos lainnya adalah bahwa air laut pantai ini dapat membuat orang menjadi awet muda. Tapi ini hanyalah mitos lho ya gaes, artinya semua kebenaran akan cerita-cerita itu kembali pada keyakinan masing-masing individu dan tidak perlu dipersoalkan dengan serius.

Akan tetapi meski ini hanya mitos, tentu saja menjadi salah satu daya tarik dari Pantai Balekambang ini.

Fasilitas di Tempat Wisata Balekambang

Di Pantai Balekambang ini juga menyediakan macam fasilitas yang tentunya memudahkan wisatawan yang sedang berkunjung ke pantai ini. Fasilitas yang ada di Pantai Balekambang adalah :

  1. Rumah makan: Di sepanjang Pantai Balekambang ini banyak dijumpai warung makan ataupun resto yang menjual aneka makanan. Mulai dari seafood sampai makanan dengan menu lain yang pastinya memanjakan lidahmu. Hmm yummy. Tapi kalau mau hemat, bisa banget bawa dari rumah lho.
  2. Tempat ibadah: Bagi kalian yang beragama Islam tidak usah khawatir nanti mau sholat di mana, karena di Pantai Balekambang juga menyediakan Mushola. Jadi nggak ada alasan ya mau meninggalkan sholat. Musholanya juga cukup bersih lho.
  3. Toilet umum: Tak boleh ketinggalan nih fasilitas yang satu ini. Toilet umum memang menjadi ruangan yang wajib ada di tempat wisata. Toilet umum yang ada di Pantai Balekambang ini cukup bersih dan juga dapat digunakan untuk membilas badan setelah bermain pasir.
  4. Tempat parkir: Jika Anda ingin ke tempat ini membawa kendaraan pribadi seperti mobil juga tak perlu khawatir, karena Pantai Balekambang juga menyediakan halaman parkir yang cukup luas.
  5. Toko oleh-oleh: Kalau Anda mau berwisata pasti tempat ini masuk ke dalam list Anda kan? hehe . Tenang saja di pantai ini juga menyediakan toko oleh-oleh yang di dalamnya berjualan cendera mata, souvenir yang ada di sekitar Pantai Balekambang ini.
  6. Pengianapan: Pantai yang indah ini juga menyediakan penginapan yang dapat di sewa mulai dari tarif Rp.150.000 hingga Rp. 250.000 per malam ya gaes. Jadi kalian bisa tuh menginap di sana kemudian paginya bisa melihat matahari terbit hehe.

Untuk tiket masuk ke kawasan ini kalian hanya perlu membayar Rp.10.000,- sampai Rp.15.000,- per orang tergantung harinya. Lumayan murah kan gaes dibandingkan dengan keindahan pantai yang sangat memukau.

Baca Juga Info Wisata Lain :
Wisata Surabaya Pilihan
Onsen Resort Batu

Ke Balekambang Bersama Travelloratour

Jadi kamu tertarik untuk datang ke tempat wisata satu ini? Untuk mengunjungi pantai ini sangat di anjurkan menggunakan kendaraan yang prima. Dan akan sangat nyaman jika amu kemari menggunakan mobil yang memiliki kaki-kaki tangguh, seperti Innova Reborn misalnya.

Maka dari itu, jika kamu kemari ingin kemari menggunakan Innova Reborn sebagai tunggangan kamu, kamu bisa menyewa di sewa mobil di malang yang ada dalam list layanan kami.

So, tunggu apa lagi? Yuk nikmati liburan kamu di pantai yang namanya sudah lama menjadi ikon wisata pantai di Malang ini. Kamu juga bisa menuju Bandara Juanda dari Malang dengan jasa travel malang juanda juga.

Ataupun kamu yang dari Surabaya, kamu dapat menggunakan travel surabaya ke malang yang kami sediakan

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PESAN TRAVEL SEKARANG