Skip to main content
Rute menuju Pantai Sipelot

Pantai Sipelot – Panorama Keindahan Tersembunyi Malang Selatan

Home » Blog » Pantai Sipelot – Panorama Keindahan Tersembunyi Malang Selatan

Pantai Sipelot – Musim liburan telah tiba, dan inilah saatnya memutuskan tempat terbaik untuk rekreasi! Bagi masyarakat Malang, Jawa Timur, tempat wisata untuk dikunjungi memang tidak ada habisnya. Akan tetapi, tidak semua masyarakat Malang pernah mendengar nama Pantai Sipelot. Bagaimana sebenarnya panorama di sana? Apa yang membuat pantai tidak terkenal itu sangat layak dikunjungi tahun ini? Simak ulasan kami berikut ini.

Mengenal Pantai Sipelot Lebih Dekat

Wajar jika belum banyak wisatawan yang tahu soal Pantai Sipelot. Pantai yang berada di pinggiran Malang Selatan ini memang baru saja dibuka untuk komersial beberapa tahun belakangan. Meski demikian, para wisatawan – terutama traveler dan pecinta pantai – pasti akan menyesal jika tidak pernah mengunjungi pantai ini.

Layanan travel malang surabaya 24 jam dan tepat waktu

Mengenal Sipelot Pantai Malang

Pantai Sipelot berada di kecamatan dengan jumlah nelayan terbanyak di Malang, yakni Tirtoyudo. Tepatnya, pantai ini berada di desa Pujiharjo, bersebelahan dengan pantai-pantai eksotis lain seperti Goa Cina, Sendiki, Balekambang, dan Sendang Biru.

Sebenarnya pantai ini telah ada sejak zaman penjajahan Belanda dulu. Hal ini dibuktikan dengan asal nama “Sipelot” yang diambil dari Bahasa Belanda, yang artinya “persinggahan”.

Akan tetapi selama ini warga hanya menggunakannya sebagai tempat untuk melaut dan berdagang ikan. Untungnya baru-baru ini, pemerintah Kabupaten Malang mencanangkan Sipelot menjadi tempat wisata komersil. Jadi wisatawan bisa lebih bebas menikmati keindahan pantai beserta berbagai fasilitas yang baru dibangun di dalamnya.

Hal-Hal Yang Bisa Dilakukan Pantai Sipelot

Sipelot merupakan salah satu pantai terbaik yang bisa dikunjungi di Malang. Bahkan dibanding beberapa pantai seperti Balekambang dan Goa Cina, Sipelot lebih lengkap panoramanya. Selain itu, pengunjung Sipelot juga bisa menyaksikan masyarakat setempat melakukan kegiatan ekonominya di sekitar pantai.

Ingin tahu lebih jauh apa saja yang bisa dilakukan di pantai ini? Berikut ini daftar lengkapnya.

Berenang di Coban

Beberapa tahun lalu, nama pantai Sipelot sempat masuk pemberitaan karena adanya wisatawan yang tenggelam. Meski demikian ini bukan berarti Sipelot berbahaya untuk wisatawan yang ingin berenang. Hanya saja, ada banyak area yang memang terlalu dalam untuk direnangi orang yang tidak ahli berenang. Selain itu, Sipelot juga punya ombak yang keras.

Akan tetapi tidak perlu bersedih hati, karena pantai ini juga memiliki yang namanya Coban Sipelot. Coban ini berada di bagian barat pantai, dengan air terjun setinggi 10 meter berada di depannya. Para wisatawan bisa main di coban satu ini sepuasnya.

Melakukan Kegiatan Fotografi

Malang dikenal sebagai daerah yang paling banyak memiliki dataran tinggi di Pulau Jawa. Jadi meski pun berada di pantai, wisatawan di daerah Malang masih bisa melihat gunung dan bukit di mana-mana. Sama halnya dengan lingkungan sekitar Sipelot, yang juga dikelilingi pegunungan.

Fotografi di Sipelot


Bahkan di dalam area Sipelot, terdapat tebing tinggi yang bisa dijadikan tempat berkemah. Dari sini, wisatawan bisa dengan bebas melakukan berbagai kegiatan fotografi karena pemandangannya memang mendukung.

Menyaksikan Proses Pengolahan Ikan Segar

Pantai Sipelot adalah salah satu tempat penerimaan dan pengolahan ikan segar terbaik di Malang. Bahkan hasil yang diperoleh para nelayan Sipelot juga didistribusikan ke daerah-daerah lain di Jawa Timur. Saat berkunjung kemari, wisatawan bisa melihat langsung proses nelayan menurunkan berton-ton ikan segar, lalu mengolahnya. Sepulangnya dari pantai, wisatawan bisa membeli oleh-oleh ikan segar untuk dibawa pulang.

Menikmati Kuliner di Tepian Pantai

Ada berbagai macam kuliner tersedia di sekitar Sipelot, semuanya siap melayani wisatawan mulai pagi hingga senja. Bukan hanya enak-enak, makanan di sekitar Sipelot harganya jauh lebih murah dibanding pantai-pantai lain di Malang. Dijamin wisatawan yang berkunjung ke Sipelot akan puas dengan kuliner sea food yang ada di sana.

Berjalan-Jalan Hingga ke Pantai Lain

Seperti yang di awal tadi sudah disebutkan, Sipelot berbatasan langsung dengan pantai-pantai terkenal lain di Malang. Wisatawan bisa berjalan-jalan mengikuti rute pantai, bahkan hingga ke pantai sebelahnya. Jika khawatir akan kelelahan, wisatawan bisa mengendarai motor untuk menuju ke sana. Selain itu, wisatawan juga bisa melakukan tur ke pantai lain dengan mengendarai boat warga setempat.

Layanan sewa mobil malang untuk wisata murah di Travelloratour

Pantai di Malang

Berkemah di Area Pantai dan Pegunungan

Selain memiliki pemandangan pantai yang bagus, area sekitar Sipelot juga sangat cocok dijadikan tempat berkemah. Wisatawan bisa memilih area kemah di atas tebing atau di sekitaran pantai.
Tenang saja, penduduk setempat tidak akan menarik biaya untuk kemah di sana. Selain itu, wisatawan yang berkemah juga bebas membuat api unggun di sekitar kemah. Akan tetapi wisatawan yang ingin berkemah diwajibkan terlebih dulu mohon izin pada pengelola setempat.

Snorkeling

Siapa bilang Malang tidak punya tempat yang bagus untuk snorkeling? Selama ini, Malang memang dikenal memiliki banyak sekali pantai. Akan tetapi belum banyak wisatawan yang tahu ada beberapa pantai di Malang yang cocok untuk snorkeling. Salah satu pantai yang cocok tersebut adalah pantai Sipelot.

Dunia bawah laut Sipelot sangatlah indah untuk dijelajahi. Apalagi dengan suburnya populasi berbagai jenis ikan di sana. Jika memang ingin snorkeling, wisatawan tidak perlu membawa alat-alat selam pribadinya. Sebab terdapat beberapa jasa sewa alat selam di sekitar Sipelot.

Baca Juga: Hawai Waterpark Malang, Destinasi Wisata Air Di kota Apel

Rute Yang Harus Ditempuh Menuju Pantai Sipelot

Ada banyak sekali rute yang bisa ditempuh untuk sampai ke pantai indah ini. Bahkan dibanding dengan pantai-pantai lainnya di Malang, Sipelot menjadi salah satu pantai yang paling mudah diingat jalannya.

Rute menuju Pantai Sipelot

Bagi masyarakat yang berasal dari Surabaya, pertama-tama perlu masuk dulu ke rute Batu – Kota Malang. Setelah sampai di area Kota, wisatawan bisa mengambil rute menuju Pasar Gadang. Begitu tiba di perempatan pasar, wisatawan hanya perlu lurus dan mengikuti arah jalan. Setelah bertemu dengan panah menuju Gondanglegi, maka wisatawan bisa mengikuti petunjuk tersebut.

Perjalanan dari Gondanglegi dari sini cukup jauh. Setelah setidaknya 30 menit, wisatawan akan tiba di perempatan Pasar Gondanglegi. Dari sini, wisatawan tinggal belok kanan menuju Turen dan lalu ke Dampit. Setelah menemukan panah menuju Tirtoyudo, wisatawan bisa mengikuti rute tersebut.

Jika dihitung-hitung, perjalanan dari Surabaya menuju pantai Sipelot bisa memakan waktu 4 – 5 jam. Akan tetapi jika wisatawan berasal dari Malang dan sekitarnya, 1 – 2,5 jam saja sudah cukup untuk tiba di sana.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas yang Ada di Pantai Sipelot

Meski namanya mulai naik daun beberapa tahun terakhir ini, belum ada biaya yang ditetapkan untuk masuk ke pantai Sipelot. Begitu tiba, wisatawan bisa langsung memarkir kendaraannya di tempat parkir yang telah tersedia. Kemudian wisatawan bisa bebas mengeksplor keindahan pantai ini.

Terkait dengan fasilitas, Sipelot memiliki sarana prasarana yang cukup memadai bagi wisatawan. Meski tidak ada penarikan tiket masuk, pemerintah Kabupaten Malang telah membangun mushola, toilet, tempat parkir, dan saung bagi wisatawan.

Demikianlah informasi detail mengenai pantai Sipelot. Sudah siap mengunjungi pantai nan indah dan tersembunyi milik Malang ini? Segera siapkan perlengkapan liburan sekarang juga, dan kunjungi pantai serba lengkap ini sebelum liburan berakhir.

Layanan Travelloratour :

Paket Wisata Bromo Private

Travel Juanda Malang Tepat Waktu

Travel Malang Surabaya Terbaik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *