Skip to main content
Wisata Bali - Pantai Pandawa

Pantai Pandawa – Pantai Eksotis Baru Bali yang Siap Jadi Primadona

Home » Blog » Pantai Pandawa – Pantai Eksotis Baru Bali yang Siap Jadi Primadona

Pantai Pandawa – Pulau Dewata, Bali, punya segudang pantai. Beberapa yang sudah sangat terkenal antara lain Pantai Kuta, Sanur, Nusa Penida, Tanah Lot, dan Pandawa. Nama yang terakhir itu memang belum setenar Pantai Kuta, tapi Pantai Pandawa juga tidak kalah indah dibanding pantai-pantai di Bali yang lain. Apalagi beberapa tahun ke belakang, Pandawa masih dikenal sebagai pantai rahasia.

Rute Dan Harga Tiket Masuk Pantai Pandawa

Pantai Pandawa Bali

Berkat letaknya yang tersembunyi di balik bukit, Pandawa juga dijuluki sebagai pantai rahasia. Namun, meski berada di balik dua buah bukit, akses menuju ke sana sudah ditopang dengan jalan raya beraspal yang mulus. Harga tiket masuk yang hanya Rp8.000,- di luar biaya parkir kendaraan tentu lebih dari cukup untuk menikmati keindahan pantai.

Pantai Pandawa berlokasi Kuta Selatan, tidak jauh dari beberapa tempat wisata lain seperti Garuda Wisnu Kencana (GWK) atau Pantai Kuta. Dari Pantai Kuta ambil arah menuju ke GWK. Pada sebuah persimpangan di dekat GWK, terdapat papan petunjuk yang akan mengarahkan menuju pantai. Ada banyak sekali papan petunjuk yang nantinya akan membantu mengarahkan menuju pantai, jadi tidak perlu takut tersesat.

Fasilitas Dan Aktivitas Yang Bisa Dilakukan Di Pantai Pandawa

Wisata Bali - Pantai Pandawa

Pengelola sudah menyediakan fasilitas yang lengkap di Pantai Pandawa. Mulai dari tempat bilas dan toilet, tempat makan, juga area parkir yang luas tersedia. Belum lagi tersedia ambulance dan pelayanan informasi yang memadai untuk kemudahan pengunjung. Semua itu tentu saja demi memanjakan wisatawan yang akan berkunjung ke sana. Karena fasilitas yang sudah lengkap, berikut aktivitas yang bisa dilakukan di sana :

Mandi Di Pantai

Meski baru dibuka belum lama ini, tapi Pantai Pandawa seakan sudah dapat menghipnotis para wisatawan agar berkunjung ke sana. Hal pertama yang bisa dilakukan tentu saja mandi air laut yang ada di pantai. Warna air lautnya yang biru dan jernih pasti menggoda siapa saja untuk mandi. Tenang saja, fasilitas bilas juga tersedia di sini.

Bersantai Di Pantai

Bermain pasir dan bersantai di pantai tentu tidak bisa dilewatkan, apalagi bagi wisatawan yang tidak ingin berbasah-basahan. Pasir pantainya yang lembut dan putih bersih juga cocok bagi anak-anak yang ingin mengembangkan kreativitasnya. Berfoto ria bersama keluarga dengan latar belakang kombinasi pasir pantai yang putih dan air laut yang biru juga akan menghasilkan foto yang cantik.

Relaksasi Dengan Pijat Tradisional

Tersedia berbagai kursi malas di pantai yang bisa dimanfaatkan untuk bersantai. Jika masih merasa kurang, bisa ditambah dengan jasa pijat tradisional yang banyak ditawarkan oleh warga. Selain itu juga tersedia beberapa fasilitas pijat lain seperti manikur dan pedikur. Tentu sebuah pengalaman tersendiri dipijat sambil menikmati keindahan pantai. Selain mata yang disegarkan dengan pemandangan laut, otot-otot juga tidak tegang setelah dipijat.

Berkeliling Pantai Dengan Kano

Pandawa juga dikenal sebagai pantai yang memiliki area sangat luas. Mengelilingi pantai dengan berjalan kaki tentu sudah hal biasa, karena itu di Pandawa disediakan penyewaan kano bagi yang ingin merasakan pengalaman lain mengelilingi pantai. Harga per jam menyewa kanonya sebesar Rp40.000,- hingga Rp50.000,- dan bisa dimainkan oleh dua orang. Tersedia juga jaket pelampung demi keamanan.

Melihat Budidaya Rumput Laut

Masih berada di lingkungan pantai, warga lokal memanfaatkan keberadaan Pantai Pandawa untuk proses budidaya rumput laut. Karena itu tidak perlu heran jika di pantai akan tampak beberapa papan kayu yang digunakan untuk menjemur rumput laut. Kalau tertarik, bisa juga sambil bertanya dan ikut membudidayakan rumput laut.

Budidaya rumput laut di sini sudah berlangsung sejak lama. Aktivitas ini terus berlangsung hingga sekarang dan dapat dinikmati sebagai pilihan untuk menikmati pantai, selain dengan bermain dan mandi. Berbagai aktivitas mulai dari proses penanaman hingga pengolahan rumput laut dapat disaksikan.

Baca Juga: Travel Malang Denpasar

Uji Nyali Dengan Paragliding

Mungkin ada yang merasa bermain di pantai sudah biasa dan begitu-begitu saja. Kalau iya, silakan coba menguji nyali sambil menikmati pantai dari atas dengan mengikuti aktivitas Paragliding. Tidak jauh dari Pantai Pandawa, tepatnya di Bukit Timbis, ada jasa penyewaan peralatan Paragliding. Aktivitas yang sangat menantang ini bisa dinikmati dengan merogoh kocek sebesar Rp400.000,-.

Karakter angin di Pandawa ini sangat baik dan cocok untuk aktivitas seperti Paragliding. Bukit Timbis yang cukup tinggi juga sangat memungkinkan untuk melakukan kegiatan lepas landas Paragliding. Sensasi yang ditawarkan aktivitas Paragliding di sini tentu sangat menantang dan menyenangkan. Apalagi menikmati keindahan pantai dari udara juga menjadi sebuah pengalaman tersendiri yang menakjubkan.

Berburu Suvenir Menarik

Memburu suvenir menarik seakan sudah menjadi satu kesatuan dengan kegiatan jalan-jalan. Suvenir-suvenir unik dan menarik ini biasanya akan dibagikan untuk oleh-oleh atau bisa juga sebagai koleksi pribadi. Beragam suvenir juga tersedia di sini. Harganya pun beragam, ada yang murah, ada juga yang mahal. Siapkan dana yang cukup sebelum mulai berburu suvenir.

Berselancar

Biasanya ketika datang ke Bali, Pantai Kuta adalah tujuan bagi yang ingin berselancar. Karakter ombak di Pantai Kuta memang sudah dikenal sejak lama cocok untuk berselancar. Namun, karena hal itu justru banyak sekali orang yang berselancar di Pantai Kuta. Alternatif tempat lain adalah berselancar di Pantai Pandawa.

Karakter ombak di sini bisa dibilang tidak jauh berbeda dengan di Pantai Kuta. Bahkan ada yang mengatakan, karakter ombak Pandawa lebih baik dibanding Kuta. Beberapa peselancar sudah mulai melirik Pandawa sebagai spot untuk berselancar. Selagi belum terlalu banyak yang tahu, silakan mencoba berselancar menaklukkan ombak di Pandawa.

Berfoto Dengan Patung Di Sepanjang Jalan

Pantai Pandawa

Jika datang ke Pantai Pandawa bersama sewa mobil malang, pasti di kanan dan kiri jalan menuju pantai akan ditemui beberapa patung berukuran raksasa. Patung-patung tersebut merupakan patung yang menggambarkan tokoh wayang Pandawa Lima. Dari sana pula kemudian penamaan pantai ini berasal. Patung-patung tersebut diletakkan di antara dinding-dinding tebing di jalan masuk pantai.

Patung-patung berwarna putih berwujud lima ksatria Pandawa, Yudistira, Bima, Arjuna, dan si kembar Nakula dan Sadewa berdiri kokoh di tebing jalan masuk pantai. Kelima patung ini seakan sedang menjaga pantai agar tetap damai dan nyaman untuk dikunjungi. Mengabadikan patung ini dengan berfoto juga diizinkan oleh pengelola asalkan tetap berhati-hati.

Melihat Upacara Adat

Jika dilihat dari sejarahnya, Pantai Pandawa ini dulu hanya digunakan oleh Umat Hindu warga lokal sebagai tempat mengadakan Upacara Melasti, salah satu ritual yang dilakukan sebelum memasuki Hari Raya Nyepi. Upacara Melasti ini dikenal juga sebagai upacara untuk menyucikan diri sebelum kemudian melakukan proses Nyepi.

Hingga saat ini, Upacara Melasti masih tetap digelar di sini. Saat Upacara Melasti digelar, akan ada banyak sekali warga lokal yang beragama Hindu datang ke pantai untuk turut serta mengikuti prosesi. Pantai masih tetap terbuka untuk umum dan diperbolehkan bagi wisatawan untuk melihat prosesi. Meskipun diperbolehkan, tapi jangan sampai aktivitas yang dilakukan justru mengganggu mereka yang sedang beribadah.

Sebelum berkunjung ke sini, pastikan untuk mengenakan pakaian yang nyaman karena cuaca di pantai akan sangat panas. Mengenakan topi atau pelindung kepala juga sangat dianjurkan. Pastikan pula pakaian yang dikenakan cantik di depan kamera. Warna lautnya yang biru dan pasir putihnya yang lembut membuat semua orang akan langsung jatuh cinta pada Pantai Pandawa.

Baca Juga: Tempat Wisata di Bali yang Sangat Sayang Dilewatkan

One thought to “Pantai Pandawa – Pantai Eksotis Baru Bali yang Siap Jadi Primadona”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *