Skip to main content
Keindahan Pantai Clungup Malang

Pantai Clungup – Pesona Pantai Perawan di Malang

Pantai Clungup – Kota Malang merupakan sebuah kota dengan destinasi wisata yang sangat banyak dan beragam. Dapat dikatakan bahwasanya Kota Malang adalah surga wisatanya Jawa Timur. Bahkan di beberapa spanduk, ada slogan “Malang, The Heart of East Java”.

Akses jalan menuju malang sendiri juga sangat mudah, maka wajar jika tempat-tempat wisata di Malang selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Terlebih jasa transportasi menuju Malang atau transportasi untuk berwisata di Malang banyak tersedia.

Dan kali ini, dari banyaknya destinasi wisata, kami akan mengulas salah satu destinasi wisata pantai dari sekian banyak pantai yang ada di Malang. Dan yang jelas, pantai ini tidak kalah dengan pantai lain yang ada di berbagai daerah di Indonesia. Adalah Pantai Clungup, yang berada di jajaran garis Pantai Selatan Kabupaten Malang.

Keindahan Pantai Clungup Malang

Pantai Clungup adalah sebuah pantai yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Terletak di pesisir selatan Pulau Jawa, tepatnya secara administratif berada di Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang.

Keindahan Pantai Clungup

Pesona keindahan Pantai Clungup ini masih jarang diketahui orang kebanyakan, karena letaknya yang cukup terpencil di pelosok Malang Selatan. Namun tenang saja, jalan untuk menuju Pantai Clungup saat ini sudah cukup mudah. Petunjuk arah juga sudah tersedia di perjalanan menuju pantai.

Dan Pantai Clungup ini merupakan sebuah pantai yang istimewa. Dimana di pantai ini hanya pengunjung yang sadar dan mau menjaga kebersihan saja yang boleh masuk. Dengan di terapkannya Eco Tourism, dimana pengunjung di wajibkan menjaga kebersihaan dan kelestarian pantai..

Di pintu masuk, petugas  akan mendata barang bawaan tiap pengunjung yang akan berpotensi menjadi sampah, kemudian pengunjung akan di berikan form yang di fungsikan check list barang bawaan serta jumlah dari setiap jenis barang.

Chek list tersebut nantinya akan di cek ulang oleh petugas, dan di cocokkan. Jika ada tidak sesuai dengan list yang tertulis, maka pengunjung di wajibkan untuk mencari sampah yang ditinggalkan di pantai. Dan akan di denda jika tidak menemukan sampah tersebut.

Untuk menuju pantai ini sendiri, kamu harus melakukan trekking yang lumayan, jika berjalan kaki kurang lebih dapat menempuh waktu selama 20 sampai 30 menit dari tempat parkir menuju pos penjagaan dan Pantai Clungup sendiri.

Artikel Menarik Lainnya:

Clungup Mangrove Conservation

Inilah sebab mengapa pantai ini menjadi berbeda dari pantai-pantai lainnya, di sini adalah kawasan konservasi alam atau Clungup Mangrove Conservation. Yang mana kelestarian alam lebih utama di banding dengan jumlah wisatawan.

Mangrove Pantai Clungup

Kata seorang pengurus, “labih baik sepi pengunjung, daripada banyak pengunjung tapi alam di sini kotor”. Oleh sebab itu, jika kamu kemari jangan merasa aneh dengan harus mengabsen barang bawaan kamu.

Di kawasan Pantai Clungup ini di budidayakan pohon mangrove, dan sekadar info, tiket masuk yang di bayarkan nantinya akan di gunakan oleh pengurus untuk membeli bibit mangrove dan biaya operasional konservasi alam.

Satu hal yang pasti, hutan mangrove di sini juga sangat indah. Banyak spot foto yang dapat kamu abadikan di kawasan mangrove.

Air Laut yang Tenang

Jika pada umumnya pantai di Malang atau pantai yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia memiliki ombak besar dan kasar, berbeda dengan Pantai Clungup ini, sebab pantai ini memiliki ombak yang sangat tenang. Sehingga aman bagi kamu untuk bermain air atau bahkan berenang.

Tidak perlu takut bahkan jika kamu membawa anak kecil sekalipun. Selain itu pengelola juga menyewakan pelampung, jadi pasti aman jika kamu berenang di sini. Cuma hati-hati saja pada karang di dasar air, beberapa banyak yang tajam.

Pasir putih, alam bersih, ombak yang tenang, pantai terpencil. Ketika kamu datang kemari pada hari sibuk, maka di jamin seolah kamu akan memiliki pantai pribadi, dan akan betah berada di sini.

Gugusan Pulau Kecil yang Menawan

Salah satu panorama keindahan di pantai ini adalah pulau-pulau kecil yang ada di tengah-tengah laut. Dimana faktor ini juga yang menyebabkan kenapa Pantai Clungup ini memiliki ombak yang tenang. Di beberapa artikel atau media, ada juga yang menyebut pantai ini adalah Raja Ampatnya Kota Malang.

Intinya kamu sama sekali tidak akan kecewa mengunjungi pantai perawan satu ini.

5 Keindahan Pantai dalam 1 Tiket Masuk

Ini dia, alasan mengapa kamu harus kesini. Wisata pantai yang sangat asri dan terjaga kebersihannya, dan hanya perlu sekali bayar tiket masuk, 5 keindahan pantai dapat kamu nikmati. Sangat-sangat ekonomis bukan?

5 Pantai tersebut adalah Pantai Clungup, Pantai Gatra, Pantai  Mini, Pantai Watu Pecah, dan Pantai 3 warna. Yang mana kelima pantai tersebut menawarkan panorama yang sangat mengesankan.

Itulah hal yang paling sangat menarik ketika kesini. Pantai-pantai yang masuk dalam wilayah konservasi alam tersebut hanya perlu sekali bayar. Belum lagi fakta bahwa tiket masuk tersebut di gunakan untuk melestarikan alam di area wisata ini. Jadi kamu sngat “menang banyak”.

Menikmati keindahan pantai yang super asri, dan secara tidak langsung ikut membantu melestarikan alam Indonesia. Sungguh mulia sekali pengagas dan pelaku konservasi alam di pantai-pantai ini.

Rute Menuju Pantai Clungup

Dari Kota Malang, kamu bisa mengikuti penunjuk arah yang akan menuju Pantai Sendang Biru. Atau jika bingung, kamu bisa minta petunjuk pada Google Map’s.

Setelah sampai di Pantai perempatan Pantai  Sendang Biru, belok ke kanan menuju arah pantai Goa China. Setelah memasuki Goa China, kamu harus berjalan ke arah sebelah timur sekitar 500 meter.

Kamu bisa memarkir kendaraan di Pantai Goa Cina ini, kemudian berjalan menuju Pantai Clungup dengan melewati bukit-bukit kecil dan kebun penduduk.

Jalan setapak cenderung licin saat atau setelah hujan. Kamu harus sedikit lebih berhati-hati ketika berjalan. Atau pastikan cuaca terlebih dahulu. Sebab bagaimanapu sangat tidak asyik mengunjngi pantai ketika sedang hujan atau langit mendung.

Harga Tiket Masuk Pantai Clungup

Harga yang di pasang untuk masuk ke dalam kawasan wisata Pantai Clungup ini sendiri sangatlah murah. Hingga artikel ini terbit, Harga tiket masuk ke kawasan pantai adalah Rp 10.000,- per orang. Sangat murah bukan? Melihat bagaimana pemandangan dan segala sesuatu di kawasan wisata ini.

Jadi tunggu apa lagi? Pantai ini sangat lebih dari layak untuk di kunjungi. Refreshing bersama keluarga di pantai ini sngatlah tepat. Sekaligus memberikan edukasi kepada anak cucu kita tentang pentingnya menjaga dan merawat alam.

Di jamin kamu tidak akan kecewa mengunjungi pantai ini. Terlebih jika kamu kemari menggunakan jasa transportasi Sewa Mobil di Malang yang kami sediakan, maka liburan wisata kamu di Pantai Clungup ini akan lebih berkesan.

Dan yang pasti, jika kamu menggunakan jasa transportasi kami, kamu tidak akan nyasar!!! Sebab driver kami sudah sangat menguasai seluruh area Malang Raya, terlebih area wisata seperti kawasan pantai di Malang Selatan.

Tidak percaya? Coba gih liburan bareng kami. ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pesan Travel Sekarang