Skip to main content
foto pantai batu bengkung

Pantai Batu Bengkung – Lokasi dan Harga Tiket

Home » Blog » Pantai Batu Bengkung – Lokasi dan Harga Tiket

Pantai Batu Bengkung – Siapa nih di sini yang suka traveling atau jalan-jalan? Terutama ke salah satu tempat wisata alam yaitu pantai. Nah, buat kalian yang suka berwisata ke pantai kalian bisa datang ke Kabupaten Malang nih. Pasalnya, Malang menyimpan banyak pantai yang indah dan eksotis dan tentunya bikin kamu pingin balik lagi kalau kamu main ke pantai-pantainya Malang. Salah satunya pantai yang bisa kamu kunjungi adalah Pantai Batu Bengkung, pantai ini memiliki pemandangan yang indah dengan didominasi batuan karangnya.

Batu Bengkung Pantai Terindah di Malang?

spot di batu bengkung

Panorama Batu Bengkung tak kalah dengan pantai-pantai lainnya di Malang. Pantai satu ini memiliki julukan “Pantai Raja Ampatnya Malang”. Penasaran dengan pantainya kok bisa disebut dengan Pantai Raja Ampatnya Malang? Yuk baca artikelnya sampai habis.

Baca juga: Coban Tumpak Sewu

Asal Usul Nama Batu Bengkung

Batu Bengkung merupakan salah satu pantai dengan batuan karang yang membentang membentuk barisan barikade. Batuan karang yang ada akan memecah ombak besar di tepi pantai. Kalian pingin tahu tidak sejarah Batu Bengkung?

Jadi nama Batu Bengkung ini mempunyai kaitan dengan bebatuan yang mengelilingi pantai. Bebatuan itu menjadi pelindung yang kemudian membentuk sebuah kolam air yang alami. Gugusan bebatuan ini membentuk lengkungan yang kalau dilihat dengan seksama mirip seorang wanita yang sedang di bengkung.

Di bengkung yang dimaksud di sini adalah seorang wanita yang memakai stagem yang merupakan salah satu tradisi Jawa setelah melahirkan. Dari sini lah nama Batu Bengkung itu muncul.

Pantai yang didominasi batuan karang ini, secara alami batuan karang berubah menjadi kolam yang unik dan tentunya menambah keindahan pantai ini. Oh iya, ketika air laut surut kamu bisa nih bermain air di kolam alami yang dikelilingi birunya air samudera Indonesia ini.

Kamu yang ingin berkunjung ke sana bisa memulai perjalananmu dari rute ini ya. Kalau kamu berangkat dari Malang kamu bisa mengambil arah ke Turen, kemudian ke selatan ke arah Sumbermanjing Wetan, dan terus ke arah Pantai Sendang Biru.

Lanjutkan saja perjalananmu hingga bertemu pertigaan dan di situ akan ada sebuah petunjuk arah yang membantu kamu menemukan lokasi yang kamu tuju yaitu Pantai Batu Bengkung. Ikuti petunjuk yang ada, beloklah ke arah kanan menuju Pantai Goa Cina dan Pantai Bajul Mati.

Lokasi Pantai Batu Bengkung

Link Map : Lokasi Pantai

Untuk lokasi pantai ini sendiri letaknya berjarak sekitar 3 kilometer dari Pantai Bajul Mati ke arah barat. Kalau kalian pergi kesana, kalian bisa sekalian kan ke Pantai Goa Cina dan juga pantai-pantai lainnya, kan satu jalur hehe.

Tenang saja kalian tidak usah risau. Pasalnya, jalan menuju lokasi ini sudah beraspal mulus dan tentunya berkelok-kelok. Tidak hanya itu, selama perjalanan mata Anda akan dimanjakan oleh pemandangan pegunungan dengan udara yang sejuk. Oh iya, kalau kalian mau lewat jalur alternatif juga ada lho jalur alternatifnya.

Apabila ingin ke Batu bengkung bersama rombongan kami sarankan untuk menggunakan mobil saja, demi keamanan. Karena pasti setelah dari pantai anda dan rombongan akan mengalami capek yang luar biasa. Anda dapat memilih jasa sewa mobil malang bersama Travellora. Untuk yang dari Surabaya bisa juga naik travel surabaya malang bila ingin ke kota wisata ini.

lokasi batu bengkung
Lokasi Batu Bengkung

Kamu bisa melalui jalur ke Pantai Balekambang. Jika kalian dari Malang bisa mengambil arah ke Kepanjen, lalu ke Pagak hingga Bantur. Nah, ketika udah sampai Bantur ambillah jalan yang mengarah ke Pantai Balekambang hingga sampai di perempatan.

Selanjutnya, untuk sampai ke pantai ini kalian tinggal belok kiri. Kalau kalian lewat jalur alternatif ini lokasi Batu Bengkung terletak sebelum Pantai Bajul Mati. Nah, untuk rute alternatif ini bisa dibilang lebih bagus dan juga lebih cepat tentunya. Cek juga transportasi travel juanda malang Kami

Terserah kalian nih mau lewat jalur yang mana. Kalau ingin cepat ya lebih baik lewat jalur alternatif saja hehe tapi kalian tidak akan memui Pantai Bajul Mati lho.

Rekomendasi Pantai Malang:

Rute Perjalanan ke Batu Bengkung dari Malang Kota

Tapi kalau kalian ingin sekalian ke Pantai Bajul Mati kalian bisa lewat rute yang pertama oke. Untuk letak lokasi Batu Bengkung lebih tepatnya terletak di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

foto pantai batu bengkung

Nah, ketika kalian sudah sampai di tempat yang dinanti-nantikan. Untuk pertama kalinya kalian menginjakkan kaki di lokasi ini akan disambut oleh ornamen alam berupa gugusan batu karang yang membentang begitu artistik. Tidak hanya itu lho gaes, mata anda akan dimanjakan oleh pemandangan yang indah ketika melihat deruhan ombak deras yang membentur batuan kapur melintang berbentuk cekung. Pemandangan ini seperti memisahkan antara air laut tenang dan berdebur ombak.

Pemandangan di Batu Bengkung

Nah, buat kalian para traveler yang suka dengan tantangan kalian dapat nih naik ke bukit yang ada di Pantai Batu Bengkung. Jadi, di pantai ini terdapat sebuah bukit, tetapi untuk mendakinya dibutuhkan kewaspadaan ekstra. Pasalnya, untuk melakukan aktifitas mendaki di sini belum disediakan medan pendakian. Jadi, kalian harus menjaga keseimbangan dan juga harus hati-hati. Sebagai penggantinya, kalian bisa pakai tali tampar yang diikat sebagai alat bantu untuk menuju puncak.

Namun, ketika kalian sudah sampai di atas bukit kalian akan melihat pemandangan yang sangat luar biasa. Gugusan bukit di dataran garis pantai Malang Selatan terlihat begitu jelas. Gugusan batu karang seolah-olah terlihat seperti mengapung dan juga ditambah dengan angin sepoi-sepoi yang membuat pengunjung bakal betah berlama-lama di Batu Bengkung ini. Satu lagi yang membuat pantai ini istimewa karena ketika dilihat dari atas, pemandangan Pantai Batu Bengkung ini seperti di Pantai Raja Ampat. Nah, di sini lah spot foto yang terbaik hehe. Nggak percaya? Coba aja deh ke sana.

Pantai Batu Bengkung

Nah, kalau kalian nggak punya keberanian mau mendaki bukit tersebut kalian juga bisa menyaksikan senja di tepian Pantai Batu Bengkung ini. Ketika saat itu tiba air laut Pantai Batu Bengkung akan surut dan barikade karang di tepi pantai akan terlihat sangat jelas. Buat yang suka selfie, saat-saat inilah yang bagus untuk mengambil gambar dengan background lautan lepas dan juga sunset.

Senja di Batu Bengkung

Wisata alam Batu Bengkung ini aman untuk berenang, sebab ada jajaran karang yang menghadang ombak dan menciptakan kolam alami. Akan tetapi, yang sangat menawan disini adalah pemandangan dan panorama yang eksotisnya, yang membuat para wisatawan datang kemari.

Di Pantai Batu Bengkung, kalian dapat melihat dengan detail pemandangan indah bagaimana matahari terbenam yang memberikan kesan senja yang mempesona.

Hal ini disebabkan karena Pantai Batu Bengkung ini memiliki pesisir dengan pemandangan langsung ke arah Barat yang membuat panorama menjadi eksotis. Berbeda dengan pantai-pantai lainnya. Maka tak heran jika banyak wisatawan yang berkunjung untuk menyaksikan keindahan senja di Pantai Batu Bengkung ini. Bahkan kabarnya nih hampir ada 100 orang setiap harinya yang rela untuk menghabiskan waktu dan juga berkemah di sekitar Pantai Batu Bengkung untuk melihat matahari tenggelam.

Harga Tiket Masuk Pantai Batu Bengkung

Tidak hanya itu, ternyata pemandangan matahari terbit juga menjadi daya tarik tersendiri dari wisata alam ini. Tiketnya pun terjangkau, hanya Rp.10.000,- kalian sudah bisa menikmati indahnya Pantai Batu Bengkung. Gimana tertarik tidak untuk mengunjungi Pantai Batu Bengkung ini? Langsung saja hubungi Travellora untuk pemesanan ke sana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *