Skip to main content
Balai-kota-malang

Menengok Bangunan Kuno Kota Malang

Kota Malang selain berhawa sejuk, Disini kita bisa menengok bangunan kuno kota malang dan gedung-gedung tua.


peninggalan jaman kolonial Belanda yang cocok untuk wisata dengan nuansa tempo dulu di kota Malang.

Ini tentu saja cocok bagi anda yang suka dengan bangunan tua, bangunan/gedung tua ini dibangun sekitar tahun 1900 – 1940an, dan 1916 – 1940an.

ada yang sudah dialihkan fungsikan untuk bangunan lain dan masih ada bangunan yang masih dalam keadaan baik.

Mari kita mulai perjalanan kita untuk menyusuri jejak peninggalan kolonial belanda ini, anda bisa mencoba memulai perjalanan ke alun-alun Tugu di Jl.Tugu atau sekitar 100m dari barat stasiun Malang.

==Layanan TravelloraTour==

» Travel Malang juanda Surabaya

» Travel Surabaya Malang

Tempat yang berfungsi sebagai taman kota dan terdapat pohon-pohon rindang yg membuat udara disekitar tugu menjadi sejuk, disekitar sini terdapat komplek gedung-gedung lama dari SMAN 1 ,3 dan SMA 4 Malang.

Dan yang pasti kita hanya bisa melihat ketiga gedung tersebut hanya dari luar saja, karena bangunan ini masih digunakan untuk kegiatan belajar mengajar.

Disebelah selatan alun2 tugu berdiri bangunan Balai kota Malang sebagai pusat pemerintahan kota Malang.

Untuk menikmati keindahan disekitar alun-2 ini direkomendasikan datang pada malam hari, karena para wisatawan dari dalam dan luar Malang-

biasanya datang pada waktu ini untuk sekedar berjalan-2 bersama keluarga atau kerabat juga menikmati taman kota dan tentunya berselfie ria bagi para muda-mudi dengan latar balai kota malang yang megah di area tugu ini.

Hotel Splendid Inn.

h-splendid-inn-malang

Selanjutnya perjalanan kita menuju sebelah barat daya jalan Tugu yang terdapat sebuah Hotel peninggalan Belanda yang masih berdiri sampai saat ini,

gedung ini dibangun sekitar tahun 1924-1930 yang bergaya Nieuwe Bouwen (berbentuk kubus dan atap lurus).

Fasilitas yang ada pun relatif sama dengan hotel-hotel berbintang, sehingga sesuai dengan anda yang ingin beristirahat dalam nuansa tempo dulu.

Di tempat ini masih sering dikunjungi turis turis Belanda dan turis asing yang ingin bernostalgia di tempat ini.

Hotel Pelangi.

Sekarang kita menuju selatan ke hotel tua yang ada di pusat kota malang ini yaitu hotel pelangi yang terletak di di Jl. Merdeka Selatan No. 3.

Hotel yang diperkirakan dibangun sekitar tahun 1916 dan sekarang sudah berusia 100 tahun lebih.

Hotel yang memiliki 50 kamar ini dengan bangunan kokoh dan memiliki keunggulan dengan menjaga keaslian dari bentuk lantai, plafon dan tegel2 dinding berpemandangan negara kincir angin nan eksotis.

Awal nama hotel ini bukanlah hotel pelangi melainkan bernama hotel Palace, dan hotel ini mempunyai ciri khas yaitu memiliki menara kembar yang pada jaman dahulu digunakan sebagai menara pengawas.

Selain Hotel splendid inn dan hotel pelangi kota Malang juga mempunyai hotel bersejarah lainnya yaitu Hotel Graha Cakra yang berada di Jl. Cerme 16.

Hotel bintang tiga ini dahulu adalah bekas gedung Radio Republik Indonesia (RRI) Malang yang pernah rata dengan tanah karena hancur saat terjadi perang pada 1947.

Untuk gaya arsitektur dari hotel ini masih menerapkan gaya yang sama dengan Hotel Splendid Inn yaitu gaya Nieuwe Bouwen yang populer pada 1935 karya arsitek Belanda, Ir. Mulder.


Gaya Nieuwe Bouwen yang diterapkan dalam dua hotel itu sebenarnya istilah untuk gaya bangunan sesudah tahun 1920-an yang merupakan penganut dari aliran International Style, sebagaimana yang diungkapkan Akihary (1988) dalam bukunya Architectuur en Stedebouw in Indonesie 1870-1940.

Gaya arsitektur ini dibarengi oleh pengaruh gaya arsitektur modern yang sedang trend pada masa itu antara lain, Amsterdam School, Bauhaus dan De Stilj yang berkembang di Indonesia karena semakin banyak arsitek Belanda beraliran arsitektur modern yang di terapkan di Indonesia.

Itulah sebagian bangunan/gedung tua peninggalan jaman kolonial hindia Belanda yang masih bisa kita lihat di kota Malang, yang tentunya meninggalkan banyak sekali bangunan bernuansa inlander, seperti yang kita kunjungi diatas:

Balai kota malang, SMAN Tugu (SMA 1, SMA3, SMA4), Hotel Pelangi, GEDUNG Bank BI, Kantor pos pusat dan masih banyak yang lainnya. yang menurut kabar banyak juga terdapat cerita mistis dibelakangnya.

Tapi sebagai pecinta bangunan bangunan kuno peninggalan jaman dahulu di wisata tempo dulu ini masih layak dan tetap menarik untuk dikunjungi.