Skip to main content
gembira-loka-zoo-map

Kebun Binatang Gembira Loka, Jogja Zoo Harga Tiket & Atraksi Wisata Terbaik

Di tengah banyaknya pantai dan berbagai situs budaya di Yogyakarta. Wisatawan tidak boleh memilih keluar dari kunjungan klasik ke kebun binatang lokal Gembira Loka Zoo. Kebun binatang satu-satunya di provinsi ini tidak lain adalah suguhan untuk melihat fauna Indonesia. Kebun binatang Gembira Loka menelusuri kembali sejarahnya sejak tahun 1933. Menjadikannya salah satu kebun binatang tertua di Indonesia.

Kebun binatang ini menempati area seluas 20 hektar di Rejowinangun, Yogyakarta. Yayasan ini diprakarsai oleh Sri Sultan VIII Yogyakarta, dengan bantuan arsitek Belanda Karsten. Di antara koleksi pertama adalah harimau. Mereka ditangkap oleh penduduk desa dari hutan Gunung Merapi.

Kini kebun binatang tersebut memiliki koleksi 470 spesies hewan. Banyak di antaranya adalah spesies Indonesia yang paling populer dan dilindungi. Hewan-hewan tersebut antara lain Komodo, Owa, Orang Utan, dan burung tropis Indonesia.

Baca juga: Tempat Wisata KarimunJawa Paling Hits

Atraksi Hewan Di Kebun Binatang Gembira Loka

Perlu diketahui pada saat itu kebun binatang ini rusak parah akibat gempa bumi pada tahun 2006. Sejak itu renovasi total telah dilakukan untuk meningkatkan pengalaman pengunjung. Pihak pengelola menambah beberapa atraksi baru antara lain Taman Burung dan Taman Reptil. Hewan seperti kuda nil dan flamingo dari negara lain juga menjadi bagian dari kebun binatang.

Sudah waktunya bagi kebun binatang untuk hanya menempatkan hewan di belakang kandang. Wisatawan mendambakan interaksi dengan hewan dan kebun binatang Gembira Loka mendapatkannya. Di kebun binatang ini, dekati berbagai hewan, mulai dari kelinci berbulu halus hingga ular piton yang mengintimidasi. Ada area atraksi buat pengunjung untuk mengunjungi hewan peliharaan, seperti domba, kambing, dan kelinci.

Di taman reptil, pengunjung dapat memegang iguana, kura-kura, dan beberapa jenis ular tidak berbisa. Wisatawan bisa menunggangi hewan seperti unta dan gajah. Kandang unta dibangun dengan gaya timur tengah. Lengkap dengan piramida.

Ini sangat nyaman bagi semua orang yang berencana untuk menyenangkan teman dan keluarga di rumah. Dorong mereka untuk berpikir bahwa itu adalah Mesir, bukan Indonesia. Saat mengendarai hewan-hewan ini, harap bersikap lembut dengan mereka.

Waktu Memberi Makan Kebun Binatang Gembira Loka

Perhatikan jadwal makan. Karena beberapa hewan tidak keberatan memiliki beberapa penonton saat mereka makan. Kenali apa makanan ular, arapaima raksasa, dan burung kormoran hitam untuk makan siang mereka.

Saksikan simpanse saat mamalia mengunyah setumpuk buah manis yang lezat. Harimau dan gajah tidak menyukai penonton saat mereka makan. Tetapi pada saat hari Minggu, pengelola membuat pengecualian.

Atraksi Bird Show

Bird Show, penampakan elang jawa semakin langka. Kecuali jika seseorang menjelajah jauh di dalam apa pun yang tersisa dari hutan di Pulau Jawa. Di Kebun Binatang Gembira Loka, penjaga akan meletakkan mangsa di satu tangan untuk ditangkap elang.

Perhatikan saat burung yang luar biasa itu menukik ke bawah, mata lurus ke arah mangsanya. Ini adalah orang terdekat yang bisa mengamati perilaku burung seperti di habitat aslinya. Burung-burung lain yang ditampilkan termasuk elang laut, burung hantu, dan kakatua jambul kuning.

Wahana dan Hiburan Gembira Loka Zoo

Setelah binatang, saatnya bersenang-senang dengan gaya taman hiburan. Kebun binatang Gembira Loka memiliki lebih dari cukup wahana. Menjanjikan jam kegembiraan. Sebagai permulaan, naik Kapal Katamaran. Perahu berkapasitas 40 tempat duduk ini akan membawa pengunjung menikmati pemandangan di sekitar Danau buatan Gembira Loka.

Setelah itu, bersenang-senanglah dengan menabrak satu sama lain dengan bumper boat. Bumper boat seperti bemper mobil, hanya di atas air. Pengunjung bisa menyewa jet ski di kebun binatang ini. Satu-satunya tempat untuk melakukannya di kota. Tentu saja tanpa harus berkendara berjam-jam ke laut selatan Yogyakarta.

Untuk sesuatu yang santai dan tenang, sewa sepeda air dan mengayuh santai di sekitar danau. Di tengahnya terdapat bangunan besar seperti kapal yang disebut Tirta Mayang. Kadang-kadang, ada pertunjukan musik di sini.

Arboretum Kebun Binatang Gembira Loka

Arboretum Gembira Loka seperti oase di antara bangunan buatan manusia di kebun binatang. Kawasan pelestarian adalah tanaman sengaja. Tapi rimbunnya itu akan membuat siapa pun percaya itu adalah hutan tropis yang nyata. Pepohonan tinggi dan megah, dengan tanaman merambat merambat di batang dan cabangnya. Naik ke menara pandang untuk menikmati pemandangan 360 derajat dari hutan mini ini.

Jam Buka Kebun Binatang Gembira Loka

Jam buka07:30 – 17:30/ setiap hari

Kebun Binatang Gembira Loka buka mulai pukul 07:30 hingga 17:30 setiap hari. Kebun binatang juga buka pada hari libur nasional. Hindari akhir pekan atau liburan sekolah musim panas dari Juni hingga Juli. Ini adalah waktu paling puncak.

Tiket Masuk Kebun Binatang Gembira Loka

Tiket masuk Gembira Loka Zoo Rp60.000 di hari biasa. Pada akhir pekan dan hari libur, harga tiketnya Rp75.000/pengunjung. Beberapa wahana mengharuskan pengunjung untuk membeli tiket tambahan secara terpisah, mulai dari Rp8.000/naik.

waktuharga tiket
Hari kerjaRp 60.000
Akhir pekanRp75.000
WAHANA
Zoo EkspresRp 10.000
NinebotRp 20.000
ATVRp 20.000
Wahana TaringRp 8.000
Terapi ikanRp 20.000
Bumper boatRp 20.000
Perahu dayungRp 20.000
Kolam TangkapRp 20.000
perahu katamaranRp 20.000
Perahu boatRp 20.000

Jadwal Makan & Pertunjukan

Lihat jadwal waktu makan dan pertunjukan lainnya. Pemberian makan & pertunjukan dimulai pukul 10 pagi dan setiap hari. Kecuali Harimau dan pertunjukan gajah.

Atraksi BurungWaktu
Presentasi & Edukasi Satwa (burung, beruang, orangutan)Senin-Jumat : 11:00 & 13.00 Sabtu : 11:00, 12:00, 13:00 & 14:00 / Minggu & hari libur nasional : 10:00, 11:00 , 12:00, 13:00, 14:00, & 15:00
Pertunjukan burung10:30 & 12:30
Waktu Makan Simpanse10:30, Arapaima 11:00, Ular 11:30, Burung Kormoran : 10:30 & 13:00,
HarimauMinggu & hari Libur pukul 12:00
Pertunjukan GajahMinggu & Hari Libur 10:00

Fasilitas

Layanan sentral adalah tempat semua fasilitas berada. Di sinilah toilet, kamar mandi, dan kamar bayi. Akses internet gratis disediakan di tempat-tempat di seluruh kebun binatang. Pengunjung bisa mendapatkan password Wi-Fi di loket tiket.

Ada juga fasilitas bagi pengunjung penyandang disabilitas (toilet, kursi roda, jalan ramah disabilitas). Sedangkan untuk makanan, ada banyak warung makan dan restoran di dalam dan di luar tempat.

Cara Menuju Kebun Binatang Gembira Loka

Kebun Binatang Gembira Loka sangat mudah diakses dari berbagai titik di Yogyakarta. Dengan layanan bus umum TransJogja. Pengunjung yang datang dari Bandara Adisucipto bisa naik Bus Rute 2A dan turun di Halte Kusumanegara (Gembira Loka). Cek perjalanan di travel malang jogja Travellora TOUR atau sewa mobil malang bila dari luar provinsi.

Pengunjung yang datang dari Stasiun Tugu dapat menggunakan Bus Route 1B menuju lokasi, berhenti di halte yang sama. Tiket bus TransJogja sangat murah seharga Rp3.500 untuk setiap perjalanan.

Alamat & Lokasi

Kebun binatang kebanggaan kota yang terletak di Jln. Kebun Raya, No.2, Rejowinangun, Kotagede, Yogyakarta kodepos 55171.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *