Skip to main content
Aturan di Gunung Ijen

Kawah Ijen – Tips Menikmati Keindahan Gunung Milik Jawa Timur

Home » Blog » Kawah Ijen – Tips Menikmati Keindahan Gunung Milik Jawa Timur

Kawah Ijen – merupakan salah satu primadona wisata yang berada di jawa timur, indonesia. Tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan, baik dalam negeri maupun luar negeri. Banyak wisatawan yang berkunjung ke kawah ijen dikarenakan ingin melihat pemandangan indah dari gunung ijen.

Kawah ijen merupakan satu-satunya keindahan panorama kawah yang terdapat di banyuwangi jawa timur. Banyak wisatawan kagum dengan objek wisata pegunungan yang memberikan kesan ketenangan. Para wisatawan ditantang untuk mendaki gunung ijen dan melihat pemandangan dari atas puncak gunung tersebut.

Tips Berwisata ke Kawah Ijen Agar Selamat Dan Menyenangkan

Keindahan kawah ijen hampir mirip dengan gunung wisata bromo hal itu menarik masyarakat untuk berkunjung. Untuk para wisatawan diperlukan tips pergi ke kawah ijen karena ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut ini adalah tips berwisata ke kawah ijen agar terasa menyenangkan.

Siapkan Dan Gunakan Pakaian Yang Dibutuhkan

karena kawah ijen merupakan daerah pegunungan, pasti memiliki suhu yang cukup dingin. Bahkan bila saat malam hari hingga dini hari suhu udara menjadi 2 derajat celcius. Maka hal yang harus diperhatikan adalah pakaian yang digunakan, agar bisa menghangatkan tubuh yang kedinginan.

Outfit ke Kawah Ijen

Cara wisatawan bisa menggunakan jaket gunung dan juga sendal khusus gunung agar mendaki semakin nyaman. Selain itu juga, siapkan masker khusus dari Paltuding, atau para wisatawan bisa menyewa dan membelinya dengan harga Rp.30.000. Karena bau belerang yang terdapat di tempat itu bisa membuat mata menjadi pedih dan juga penciuman sangat menyengat.

Membawa Makanan Ringan

Makanan juga sangat penting untuk diperhatikan pasalnya hal itu sangat dibutuhkan saat pendakian. Membawa bekal makanan atau minuman merupakan salah satu antisipasi yang harus dilakukan. Agar tidak terjadi dehidrasi dan juga kelaparan, sehingga stamina yang dibutuhkan pun tercukupi.

Namun, yang harus diingat oleh para wisatawan adalah jangan membuang sampah sembarangan. Karena peraturan yang ada di tempat tersebut adalah bahwa wisatawan harus menjaga kebersihan lingkungan. Sehingga tidak menimbulkan ketidaknyamanan daripada wisata lainnya.

Siapkan Fisik Dan Juga Peralatan Saat Mendaki

Sebelum mendaki gunung alangkah baiknya untuk mengecek kesiapan fisik saat mendaki. Jangan sampai mendaki dalam keadaan sakit, karena hal itu bisa merepotkan para petugas. Juga patuhi perintah petugas, bila diizinkan untuk naik maka boleh menaik namun sebaliknya bila tidak boleh makan jangan naik.

Jangan lupa juga menyiapkan peralatan yang harus dibawa di dalam tas ransel sesuai kebutuhan. Misalnya membawa senter untuk menerangi pendakian yang dilakukan malam hari. Dan juga membawa kamera hantu memotret keindahan alam yang berada di kawah.

Ikuti Peraturan Yang Sudah Diberikan

Saat berkunjung ke tempat wisata manapun, salah satunya adalah kawan ijen maka para wisatawan harus menuruti aturan tersebut. Jangan sampai melanggar aturan tersebut jika tidak ingin mendapatkan masalah. karena bisa saja kejadian tertimpa pada kesalahannya masing-masing.

Aturan di Gunung Ijen

Dengan mengikuti peraturan yang diberikan maka perjalanan juga akan selamat. Lalu ikuti juga panduan yang diberikan oleh para petugas yang ada di daerah tersebut. karena merekalah yang akan bertanggung jawab pada saat wisatawan melakukan perjalanan pendakian.

Take A Break

Saat mendaki gunung ijen yang harus diperhatikan adalah Jangan memaksa keadaan fisik yang sudah lelah. Karena suasana yang ada di gunung tersebut terdapat tingkat pencapaian yang cukup sulit. Dimulai dari puncak ketinggian dan juga perjalanan medannya yang merupakan tanjakan.

Terkadang banyak wisatawan yang tidak kuat dengan perjalanan mendaki. sebab itulah lakukan peristirahatan agar badan tidak mudah terjatuh. Para wisatawan bisa duduk di pinggir atau sembari memakan bekal makanan dan juga minuman.

Baca Juga:

Bukit Teletubbies Malang – Destinasi Wisata Malang Fotogenic
Malang Night Paradise – Informasi Primadona Wisata Malam Kota Malang
Air Terjun Madakaripura – Keindahan yang Sangat Sayang Di lewatkan

Rute Perjalanan Menuju Kawah Ijen Dan Panorama Keindahannya

Tentu saja banyak wisatawan yang ingin mengunjungi kawah ijen. Rute perjalanan dimulai dari kota Banyuwangi, menuju ke arah daerah Paltuding. Ketika sudah sampai, maka ada loket yang melayani pada pukul 01.00 dini hari.
Sehingga pendakian tersebut dimulai dari dini hari hingga jam 12.00 siang. Pendakian hanya terdiri dari satu jalur sehingga mudah dilihat dari daerah Paltuding. Lalu setelah itu dibutuhkan waktu kurang lebih 3 jam untuk sampai ke kawah ijen.

Bagi para wisatawan yang mengincar pemandangan blue fire tentu saja harus sampai sebelum jam 04.00. Namun, itu harus membutuhkan waktu yang cukup cepat sehingga diperlukan stamina yang cukup kuat. Pasalnya hal itu tidaklah mudah karena jalur yang dilewati merupakan tanjakan.

Blue Fire Kawah Ijen

Tentu saja hal itu pasti akan terasa melelahkan bagi para wisatawan yang tidak terbiasa untuk mendaki gunung. Namun meskipun begitu, ketika sudah sampai pada puncaknya, wisatawan akan disuguhkan pemandangan yang sangat menakjubkan. Hal itulah yang membuat para wisatawan dalam membuang energinya.

Terlebih jika berhasil melihat pemandangan blue fire. Blue fire sebuah pemandangan dari belerang kawan ijen yang memiliki api biru. Pemandangan tersebut hanya bisa ditemukan 2 di dunia salah satunya di indonesia.

Selain blue fire, yang tak kalah indahnya juga di kawah ijen ini juga memiliki keindahan lain. Seperti air yang mirip dengan kawah putih Ciwidey, Bandung. Yaitu keindahan tepi tebing yang berwarna putih dengan pemandangan matahari. Terdapat pula tambang belerang yang merupakan mata pencaharian bagi masyarakat sekitar.

Harga Tiket Masuk Kawah Ijen dan Kebutuhan yang Harus Dibayar

Bagi wisatawan yang berniat untuk mengunjungi kawah ijen makalah juga harus siap mengeluarkan biaya. Hal ini disiapkan agar bisa mendapatkan tiket masuk. Tiket masuk yang harus dibayarkan beragam sesuai dengan wisatawan dan juga waktu.

Biaya untuk wisatawan yang berasal dari dalam negeri, tentu sangat terjangkau. Pada hari biasa seperti senin s/d Jumat dikenakan biaya sebesar Rp. 5000. Sedangkan untuk akhir pekan, atau hari libur ditanggal merah dikenakan biaya sebesar Rp. 7.500 Dan juga untuk wisatawan asing dikenakan biaya yang cukup jauh berbeda. Yaitu pada hari biasa dikenakan biaya sebesar Rp. 100.000. Pada hari libur atau akhir pekan dikenakan biaya sebesar Rp. 150.000

HTM Kawah Ijen

Namun juga terdapat kebijakan bila membawa kamera untuk pengambilan gambar komersial. Yakni dengan harus membayar biaya sebesar Rp. 10.000.000. wow cukup tinggi bukan? Selain mengeluarkan biaya tiket masuk saya pekan juga uang untuk memenuhi biaya kebutuhan lain. Seperti membayar untuk keperluan buang hajat. Juga membayar parkir untuk kendaraan yang beroda 2 dan juga beroda 4.

Bagi para wisatawan yang sudah tidak sanggup untuk mendaki gunung bisa menaiki taksi lokal. Taksi tersebut adalah sebuah gerobak yang bisa dinaiki lalu juga didorong oleh penduduk lokal. Tentu saja hal itu bisa meraup biaya yang harus dikeluarkan.

Jangan lupakan juga oleh-oleh yang harus dibeli sebagai buah tangan atau kenang-kenangan diri sendiri. Di tempat ini banyak sekali souvenir yang dijual dari ukiran belerang. Tentu saja para wisatawan harus memiliki uang untuk membayar souvenir yang diinginkannya.

Itulah penjelasan lengkap mengenai tempat wisata kawah ijen yang berada di banyuwangi, jawa timur, indonesia. Siapkan diri dan juga ikuti tips yang harus dilakukan sebelum berkunjung ke tempat wisata tersebut. Agar perjalanan yang dilakukan tidak terjadi masalah yang besar karena ketidaktahuan wisatawan.

Layanan Transport Travelloratour :

Paket Wisata Bromo Private dari Malang

open trip bomo dari malang

Travel Malang Raya ke Surabaya

One thought to “Kawah Ijen – Tips Menikmati Keindahan Gunung Milik Jawa Timur”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *