Skip to main content
Keindahan Hutan Jawatan Benculuk Banyuwangi

Jawatan Benculuk Banyuwangi – Hutan Wisata Alam Rasa “Dunia Lain”

Jawatan Benculuk Banyuwangi – Hutan Djawatan Banyuwangi merupakan sebuah tempat wisata bertema alam yang cukup terkenal di Jawa Timur. Destinasi wisata yang juga dikenal dengan nama Djawatan Benculuk ini awalnya merupakan area bangunan tua yang digunakan sebagai tempat untuk mengelola kereta api. Saat ini selain sebagai tempat wisata, kawasan Jawatan Benculuk juga dimanfaatkan untuk resapan air.

Lokasi dan Harga Tiket Masuk Hutan Jawatan Banyuwangi

Para pengunjung bisa menggunakan kendaraan bermotor untuk sampai ke Jawatan Benculuk Banyuwangi. Lokasinya berada sekitar setengah jam dari pusat kota Banyuwangi yaitu di Desa Benculuk, Kecamatan Cluring. Tak ada tiket masuk bagi pengunjung Hutan Jawatan Benculuk Banyuwangi, namun pengunjung yang membawa kendaraan perlu membayar biaya parkir.

Jawatan Benculuk Banyuwangi

Buka setiap hari, kawasan hutan wisata ini bisa dikunjungi mulai pukul 07.30-18.00 WIB. Pengunjung bisa melakukan beragam aktivitas di hutan ini selain menikmati pemandangan serta udara segar. Fasiltas di area hutan ini terbilang sangat lengkap sehingga tak heran banyak yang puas setelah berkunjung.

Jawatan Benculuk sendiri merupakan kawasan hutan trembesi. Panorama pohon trembesi sangat indah dan unik sehingga tak heran banyak dijadikan spot foto. Pengunjung bisa memanfaatkannya menjadi spot untuk foto prewed ataupun foto bersama keluarga.

Baca Juga :
Pulau Gili Ketapang
Nasi Tepeng Gianyar

Keunikan Hutan Jawatan Banyuwangi

Keindahan Hutan Jawatan Benculuk Banyuwangi

Kawasan wisata Jawatan Banyuwangi memiliki keunikan dan keunggulan tersendiri yang membuatnya berbeda dengan hutan lainnya. Berikut ini beberapa keunikan Jawatan Benculuk Banyuwangi:

Gratis dan Mudah Dijangkau

Para pengunjung yang masuk Hutan Jawatan Benculuk Banyuwangi sama sekali tidak dipungut biaya. Jadi semua orang bisa masuk secara gratis ke area hutan. Tak adanya tiket masuk ini membuat banyak warga Banyuwangi senang berkunjung ke sini untuk sekadar berjalan-jalan atau bersepeda.

Para wisatawan dari luar daerah hanya perlu menyiapkan biaya transportasi saja untuk datang ke sini. Lokasinya sendiri tidak terlalu jauh dari pusat Kota Banyuwangi. Para pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor ataupun mobil untuk sampai ke Jawatan Benculuk.

Memiliki Sejarah Unik

Wisata hutan di Jawatan Benculuk Banyuwangi ini memiliki sejarah yang tak dimiliki tempat lainnya. Pendirian Jawatan Benculuk dimulai pada tahun 1951 dan baru selesai pada tahun 1962. Sebelum menjadi tempat wisata, di sini merupakan kawasan untuk mengelola kereta. Jadi tak heran jika di sini masih tersimpan kereta tua yang masih dilengkapi dengan bengkel dan teknisi.

Selain itu di area hutan ini dulu merupakan tempat penimbunan kayu jati. Sayangnya, kemudian sempat terjadi penjarahan kayu besar-besaran. Peristiwa tersebut yang kemudian memicu perubahan fungsi tempat ini. Pada tahun 1970, akhirnya tempat ini tidak difungsikan lagi dan dijadikan tempat wisata.

Fasilitas yang Lengkap

Meskipun para pengunjung yang datang ke Jawatan Benculuk tidak dipungut biaya, namun fasilitas di sini cukup lengkap. Fasilitas umum seperti toilet, mushola, warung kopi, minimarket, bahkan kantin bisa dimanfaatkan oleh wisatawan. Ada juga fasilitas modern seperti Wi-Fi yang bisa digunakan untuk mengakses internet gratis di area ini.

Selain fasilitas umum, ada juga area untuk olahraga di kawasan Jawatan Benculuk ini. Tersedia lapangan sepak bola, tenis, voli, bahkan tempat latihan karate. Wisatawan tak hanya bisa menikmati pemandangan namun juga bisa sambil berolahraga dengan adanya fasilitas tersebut.

Memiliki Banyak Jenis Pohon

Wisata Alam Jawatan Beculuk

Hutan Jawatan Benculuk dikenal memiliki banyak pohon trembesi. Selain itu ada juga beberapa jenis pohon lain di sini. Beberapa jenis pohon yang ada di area Jawatan Benculuk antara lain:

Trembesi atau Ki hujan merupakan jenis pohon besar yang memiliki tajuk melebar. Pohon trembesi ini disebut punya kemampuan menyerap air tanah dengan kuat. Tak heran jika di area hutan Jawatan dimanfaatkan sebagai resapan air.

Pohon jati di area wisata ini banyak yang sudah berumur puluhan tahun. Jenis pohon ini menjadi saksi sejarah bagaimana Jawatan Benculuk akhirnya berubah menjadi tempat wisata.

Jamur kepong memiliki bentuk seperti kotoran sapi dan memiliki efek yang cukup berbahaya. Hal tersebut yang mungkin membuat para pegawai Perhutani di hutan Jawatan mencabut jamur jenis ini. Namun jamur kepong ini kadang masih terlihat oleh wisatawan.

Di area hutan wisata ini terdapat juga pohon kelengkeng. Jenis pohon yang satu ini cukup tinggi dan menghasilkan buah kelengkeng.

Salak alas atau salak liar juga bisa ditemukan di kawasan hutan yang satu ini. Tanaman yang satu ini berbeda dengan salak biasa karena buahnya terlalu asam sehingga tak bisa dikonsumsi.

Fauna di Hutan Jawatan

Setiap hutan tentunya menjadi habitat untuk beberapa hewan liar. Di hutan Jawatan, hewan khas yang mudah ditemui yaitu kalong atau lowo. Hewan ini merupakan sejenis kelelawar yang memakan buah dan berukuran besar. Wisatawan tak perlu takut dengan adanya kalong di hutan ini. Hewan kalong biasanya suka dengan tempat lembab dan gelap. Mereka aktif pada malam hari sehingga pengunjung di siang hari tidak akan terganggu akan keberadaannya.

Ada Wahana Ekstrem

Jawatan Benculuk tak seperti wisata hutan lainnya yang umumnya hanya digunakan untuk tempat berfoto. Hutan Jawatan Banyuwangi dilengkapi dengan beberapa wahana ekstrem seperti arum jeram dan tubing. Kegiatan arum jeram dan tubing tersebut dilakukan di sebuah sungai yang terletak dekat area hutan Jawatan Benculuk.

Air sungai di daerah ini beraliran cukup deras, sehingga lebih cocok digunakan untuk olahraga ekstrem dan bukan untuk mandi. Pengunjung yang senang dengan kegiatan yang memacu adrenalin bisa mencoba arum jeram di hutan Jawatan ini.

Pemandangannya seperti Film Hollywood

Pemandangan di hutan Jawatan Benculuk disebut-sebut mirip dengan tampilan di film fantasy Hollywood. Hutan ini sering dibilang mirip dengan latar hutan yang ada di Alice in Wonderland dan Lord of the Rings. Alasannya mungkin karena keberadaan pepohonan trembesi yang masih terawat dengan baik.

Adanya pemandangan yang sangat indah tersebut tentunya bisa dimanfaatkan oleh wisatawan untuk berfoto. Tak hanya foto biasa, pemandangan di sini bisa jadi tempat syuting film seperti di luar negeri. Kawasan pepohonan trembesi ini pun menjadi daya tarik tersendiri karena berbeda dari kebanyakan hutan wisata di kota lainnya.

Dekat dengan Wisata Alam Menarik Lainnya

Hutan Jawatan yang terletak di Banyuwangi ini juga berdekatan dengan banyak wisata alam lainnya. Para wisatawan yang ingin berkunjug ke sini, juga bisa mencoba mendatangi beberapa tempat wisata lain di Banyuwangi. Destinasi wisata alam di Banyuwangi misalnya Taman Nasional Baluran dan Kawah Ijen.

Banyuwangi sendiri merupakan salah satu kota yang memiliki banyak wisata alam dan budaya. Para turis tidak akan kehabisan tempat menarik jika ingin berkunjung ke daerah ini. Hutan Jawatan milik Perhutani ini merupakan salah satu tempat yang wajib dikunjungi jika ingin mencari pemandangan indah.

Baca Juga :
Pantai Pandawa
Wisata di Bali

Hutan Jawatan Banyuwangi bisa menjadi pilihan tempat berlibur bersama dengan rekan ataupun keluarga. Selain mudah dijangkau dan gratis, para wisatawan bisa menikmati fasilitas yang sudah lengkap dan modern. Pemandangan unik di hutan Jawatan ini menjadi salah satu keunggulan yang tak bisa ditemui di tempat lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PESAN TRAVEL SEKARANG