Skip to main content
Goa Tetes Lumajang

Goa Tetes Lumajang – Wisata Alam Dekat Air Terjun Tumpak Sewu

Goa Tetes Lumajang – Objek wisata di Lumajang memang sudah terkenal keindahannya di kalangan para traveler terutama bagi petualang alam. Salah satu wisata alam yang menjadi incaran para wisatawan adalah Goa Tetes. Menyimpan berbagai macam keunikan, goa ini memang menjadi salah satu destinasi incaran para wisatawan.

Lokasi dan Harga Tiket Masuk Goa Tetes Lumajang

Secara administrarif, Goa Tetes berada di Desa Sidomulyo yang masuk dalam wilayah Kecamatan Pronowijo, Kabupaten Lumajang. Untuk masuk ke lokasi ini, pengunjung yang datang ke sini cukup hanya perlu membayar Rp5.000,- saja untuk setiap orangnya.

Wisata Goa Tetes Lumajang

Di zaman sekarang, menikmati suasana yang tenang dan jauh terjamah dari tangan manusia sudah sangat jarang bisa dinikmati. Dengan mengeluarkan biaya yang tergolong sangat murah untuk ukuran objek wisata, tentunya para pengunjung akan kembali lagi ke sini dengan senang hati.

Baca Juga :
Keindahan Puncak B29 Lumajang
Wisata Pulau Menjangan

Yang Menarik dari Objek Wisata Goa TetesLumajang

Objek wisata ini sendiri merupakan perpaduan antara air terjun dan juga goa. Berikut beberapa hal menarik yang perlu diketahui oleh para traveler yang ingin berkunjung ke Goa Tetes di Lumajang ini:

Berbagai Mitos Kepercayaan Warga Setempat

Bagi para traveler yang menunjungi objek wisata yang satu ini pasti akan mendengar berbagai mitos yang akan diceritakan oleh warga setempat. Salah satunya adalah mitos mengenai masalah percintaan. Diyakini oleh masyakarat sekitar, bagi siapa saja yang mengunjungi tempat wisata air terjun ini, maka akan dientengkan jodohnya.

Tidak berhenti sampai di situ, wisatawan yang berkunjungpun bisa mendapatkan efek menjadi awet muda. Hubungan yang tidak harmonis pun bisa menjadi lebih baik jika pengunjung datang dan mandi di wisata Air Terjun Goa Tetes ini. Pengunjung diperbolehkan datang baik sendiri maupun bersama pasangan.

Memiliki Stalagtit yang Indah

Keunikan lain yang bisa disaksikan oleh para pengunjung adalah komposisi stalagtit dan stalagmit yang indah. Dengan deretan stalagtit beragam warna dan beragam ukuran menambah kesan eksotis yang diberikan oleh objek wisata yang satu ini. Uniknya lagi terdapat stalagtit dan stalagmit yang sudah menyatu di dalam goa.

Goa Tetes Pronojiwo Lumajang

Melihat pemandangan tersebut, dipastikan wisata goa dan air terjun ini sudah berumur sangat lama. Terlebih jika mengingat pembetukan stalagtit dan stalagmit hanya sekitar 0,005 inch per tahunnya. Stalagtit sendiri adalah sejenis mineral sekunder yang tergantung di langit-langit goa, dan stalagmit adalah pembentukan goa secara vertikal.

Incaran Para Fotografer

Pemandangan Goa Tetes memang sangat memukau bak lukisan. Dinding goa yang megah, perpaduan berbagai warna didominsi oleh warna kuning keemasan, serta indahnya tebing di sekitar goa memang tidak boleh dilewatkan. Banyak para wisatawan yang datang berkunjung hanya demi melihat dan mengambil foto keindahan goa.
Objek wisata ini tak lepas dari incaran para fotografer baik lokal maupun luar negeri. Keindahannya yang tiada tara memang pantas untuk diabadikan. Tak jarang banyak juga pasangan yang datang ke objek wisata ini untuk berfoto dengan berlatarkan air terjun yang megah.

Keindahan Alamnya yang Mempesona

Para wisatawan yang datang ke area wisata goa ini tidak akan pulang dengan tangan hampa. Objek wisata yang satu ini menawarkan perpaduan alam yang sulit ditemukan padanannya. Gemuruh suara air dari air terjun yang pecah, pepohonan yang rindang dan tinggi, serta udara yang jauh dari kata polusi akan menyapa para pengunjung yang datang.

Goa Tetes Lumajang

Di samping itu, bisa dilihat sendiri oleh wisatawan, ada berpuluh-puluh air terjun kecil yang mengalir dari bebatuan lain di sekitarnya. Tebing-terbing batu yang berada di sekitar air terjun juga dilapisi oleh belerang, sehingga menghasilkan warna kuning. Dipadukan dengan warna hijau yang berasal dari lumut dinding, menambah keunikan tempat ini.

Sejarah yang Menarik

Asal-usul nama objek wisata yang satu ini memang cukup unik jika ditelaah dari cerita masyarakatnya. Alkisah dinamakan Goa Tetes karena letaknya berada tepat di bawah indahnya air terjun. Banyaknya tetesan air yang berasal dari resapan air pun menetes di dalam goa.

Obyek wisata ini sendiri baru diketahui pada 1969 ketika seorang penggergaji kayu tidak sengaja menemukan lokasi ini. Hanya saja, tidak langsung ramai dikunjungi. Baru sekitar 6 tahun kemudian beberapa rombongan pengunjung dari sekitar Pronowijo berdatangan. Pengunjung yang datang pun semakin banyak berdatangan sejak pemprov meresmikan kawasan ini sebagai objek wisata pada 2005.

Perjalanan yang Menguji Adrenaline

Lokasi ini cocok bagi para pengunjung yang memiliki jiwa petualang dan ingin merasakan bagaimana menantangnya perjalanan menuju goa. Bagaimana tidak, sesampainya di objek wisata ini, tantangan yang harus dilalui oleh para pengunjung tidak main-main.

Berawal dari harus melewati ratusan anak tangga, jalanan yang berkelok, dan tak jarang ada medan yang cukup sempit yang harus dilalui para pengunjung. Sesampainya di area air terjun, jalan setapaknya pun licin. Inilah mengapa disebut sebagai tantangan bagi para pangunjung yang ingin datang berwisata.

Baca Juga :
Jawatan Benculuk Banyuwangi
Air Terjun Tumpak Sewu

Tidak Pernah Surut

Lumajang memang terkenal dengan bentang alamnya yang unik. Terutama dengan curah hujan yang tinggi walaupun sedang berada di musim kemarau. Daerah sekitar objek wisata ini sendiri sangatlah dingin dan seringnya berkabut. Uniknya, air terjun yang ada di goa ini tidak pernah surut di dalam keadaan apa pun.

Sepanjang tahun air yang ada di tempat wisata ini seakan tidak pernah kehilangan alirannya. Itulah mengapa pengunjung yang berdatanganpun tidak perlu bersusah-susah untuk mencari waktu yang tepat untuk datang. Wisata air terjun ini bisa dinikmati kapan saja tanpa pernah kehilangan pesonanya.

Melakukan Berbagai Aktivitas

Ketika berkunjung ke objek wisata yang satu ini, pengunjung tidak perlu takut akan merasa bosan. Berbagai aktivitas yang seru dan menarik bisa dilakukan di area air terjun maupun goa. Mulai dari berenang, mengeksplor keindahan goa, trekking, dan juga yang pengunjung bisa melakukan meditasi di bawah guyuran air terjun.

Bagi para traveler yang ingin melakukan kegiatan trekking, diingatkan untuk selalu berhati-hati jika melangkah dan melewati jalan di area ini. Traveler juga bisa menyewa jasa pemandu yang berasal dari warga sekitar. Dengan menyewa pemandu, akan meminimalisir adanya resiko tersesat di jalur trekking dan akan mempermudah perjalanan.

Baik Untuk Kesehatan Jiwa dan Raga

Datang dan berkunjung ke lokasi wisata ini akan sangat bagus untuk memulihkan kesehatan jiwa dan raga para pengunjung. Sibuknya pekerjaan, penatnya suasana kota, dan berisiknya jalanan bisa ditebus dengan melihat suasana Goa Tetes yang membawa kesan damai.

Lokasi goa pun masih terbilang masih belum banyak tersentuh oleh tangan manusia. Semua yang terdapat di kawasan ini merupakan hasil karya Sang Pencipta. Berbagai macam binatang pun berhabitat di sekitar goa, menambah keinginan untuk selalu datang lagi dan lagi. Melakukan meditasi di saat jenuh juga bisa menjadi pilihan bagi para pengunjung yang memerlukan ketenangan pikiran.

Wisata Goa Tetes menyimpan sejuta keindahan yang tidak bisa dilupakan begitu saja. Dengan segala kekayaan alam yang ada di dalamnya, berkunjung ke objek wisata ini memberikan kepuasan tersendiri bagi para pengunjungnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PESAN TRAVEL SEKARANG