Skip to main content
coban tumpak sewu

Coban Tumpak Sewu – Serpihan Potongan Surga di Malang

Mana nih suaranya yang suka travelling? Khusus yang suka travelling ke alam, bisa banget angkat tangan. Wisata alam adalah tempat wisata yang menyuguhkan pemandangan alam yang luar biasa, selain itu juga menyegarkan mata. Di sini ada tidak yang suka berwisata ke air terjun? Buat yang suka air terjun, kali ini wajib mengunjungi Coban Tumpak Sewu.

Pernah dengar Coban Tumpak Sewu tidak? Baru dengar kali ini? Yah kalian hampir saja melewatkan serpihan surga dunia. Surga dunia? Emang ada, ya? Pingin tahu? Yuk simak artikel ini sampai tuntas :D.

Lokasi Coban Tumpak Sewu

air terjun tumpak sewu

Coban Tumpak Sewu atau yang biasa disebut dengan Coban Sewu, Air Terjun Tumpak Sewu, Coban Grojokan Sewu, ada juga yang menyebutnya Grojogan Sewu (banyak banget yah nama panggilannya :D) adalah sebuah tempat wisata alam yang berupa air terjun dengan ciri mempunyai ketinggian kurang lebih 120 meter.

Air Terjun Tumpak Sewu atau air terjun ini berada di perbatasan Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang. Coban berlokasi perbatasan kota antar provinsi. Untuk lebih tepatnya berada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang yang berbatasan langsung dengan salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Malang yaitu Kecamatan Ampelgading.

Kalau Anda ingin berwisata ke Air terjun Tumpak Sewu ini Anda dapat melakukan perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi sekitar 1,5 jam dari Kota Malang/Lumajang.

Eits, masih belum sampai lho ya lanjutkan perjalanannya, memasuki gang kurang lebih 100 meter. Nah, untuk masuk ke gang menuju Coban Tumpak Sewu, hanya bisa dimasuki oleh kendaraan roda 2 saja ya, buat kendaraan roda 4 tidak bisa masuk dan sebaiknya memarkirkan kendaraan sebelum memasuki gang.

Coban Tumpak Sewu via Lumajang

coban tumpak sewu lumajang

Kalau kalian berangkatnya dari Kabupaten Lumajang kamu bisa melajukan kendaran menuju Sumbersuko kemudian melalui Tempeh, Pasiria, Candipuro, dan  Pronojiwo, kemudian lanjutkan perjalanan hingga melewati banner Gua Tetes. Lalu, ikuti saja petunjuk yang ada tak jauh dari situ juga akan ada petunjuk menuju Coban Tumpak Sewu.

Baca Juga :

Nah, buat kalian yang berangkat dari arah Kepanjen/Malang kamu bisa melaju kendaraanmu menuju ke Gondanglegi, Turen, Dampit, Tirtoyudo sampai Ampelgading. Jangan berhenti berlaju kawan hehe, lanjutkan perjalananmu hingga ada banner yang bertuliskan Coban Sewu dan ikuti petunjuk yang ada. Jangan sampai nyasar, ya? Bahaya nih kalau sampai nyasar. Kalian juga jangan mau-malu ya untuk bertanya lokasi Coban Tumpak Sewu ini kepada warga sekitar.

Setelah lama berkendara dan pastinya merasa lelah, rasa lelah Anda akan hilang seketika. Pasalnya, setelah Anda sampai di Coban Tumpak Sewu, Anda akan disuguhkan oleh pemandangan alam yang luar biasa indahnya. Sebelum masuk ke area wisata alam malang ini Anda akan disambut dengan tulisan “Serpihan Surga itu Memang Ada”. Yups bagaimana tidak, Coban Tumpak Sewu yang indah dan menawan ini membuat mata terasa segar.

Panorama Coban Tumpak Sewu

Lebarnya Coban Tumpak Sewu ini mengingatkan pada Niagara Waterfall. Lokasi air terjun ini sama-sama berada di daerah perbatasan. Hanya saja kalau Air Terjun Tumpak Sewu atau Coban Tumpak Sewu ini berada di perbatasan Kabupaten Malang dengan Kabupaten Lumajang akan tetapi kalau Niagara Waterfall berada di perbatasan Negara Amerika Serikat dengan Negara Kanada. Waw keren kan.

Mau tahu tidak kenapa air terjun atau coban ini dinamai Coban Tumpak Sewu? Untuk cobannya sendiri berarti air terjun dan karena air terjun ini berasal dari beberapa mata air yang memancar dari tebing maka dinamai begitu. Sumber mata airnya sendiri membentuk garis vertikal yang seolah-olah seperti berbaris rapi. Pada saat air tersebut mengalir dari sumbernya, aliran tersebut membentuk kesan bertumpuk-tumpuk dan inilah yang disebut tumpak. Kalau dalam bahasa Indonesia berarti naik.

Banyak juga masyarakat yang menyebut Coban Tumpak Sew dengan sebutan Grojokan Sewu. Memang sekilas panorama dan pemandangan yang disuguhkan hampir sama dengan Air Terjun Coban Pitu di Pujon, Malang. Bedanya, di Air Terjun Tumpak Sewu ini memiliki lebih banyak sumber mata airnya.

Sebelum Anda benar-benar memasuki area wisata ini Anda akan disambut lagi dengan tulisan “Salaamun Qulan Min Robbirohim” yang mempunyai arti kurang lebih ucapan salam dari Tuhan kepada para penghuni surga di pintu surga akhirat nanti. Dari sinilah Anda dapat melihat seluruh bagian air terjun atau Air Terjun Tumpak Sewu ini yang membentuk setengah lingkaran.

Keunikan Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang

coban tumpak sewu

Air Terjun Tumpak Sewu juga meiliki keunikan tersendiri lho, yaitu bertipe plunge, yang berarti tidak bersentuhan dengan tebing di baliknya. Air terjun yang jatuh pada tebing tampak seperti tirai tipis tembus pandang yang direngkuh oleh hutan yang hijau di sekitarnya. Pemandangan dan panorama alam yang luar biasa ini menjadi tempat favorit orang-orang yang suka mendalami landscape photography.

Buat yang suka selfie cocok banget nih tempat ini untuk kalian, pokoknya wajib selfie mah kalau ke sini. Satu lagi yang membuat air terjun ini berbeda dengan yang lainnya yaitu pemandangan di Air Terjun Tumpak Sewu ini akan tetap tampak luar biasa meskipun dilihat dari sudut mana pun. Waw keren kan?

Harga Tiket Masuk Coban Tumpak Sewu

Oh iya, untuk tiket masuk ke Air Terjun Tumpak Sewu ini adalah Rp.3000,- (untuk ke spot foto) dan Rp.2000,- (untuk biaya parkir). Untuk yang mau masuk ke area coban Anda harus membayar uang retribusi yaitu sebesar Rp.3000,-. Lumayanlah, ya kan gaes? Dibandingkan dengan keindahan air terjun yang ditawarkan.

Kalau masih mau melanjutkan perjalan traveling, Anda bisa banget nih mampir ke air terjun yang dekat dengan Air Terjun Tumpak Sewu ini. Lanjutkan perjalananmu menyusuri Sungai Glidih, dari sungai inilah yang akan mengantarkanmu ke wisata alam yang dekat dengan Coban Tumpak Sewu ini yaitu Goa Tetes. Sama-sama wisata alam air terjun akan tetapi Goa tetes lebih terkenal ini karena Goa Tetes yang sudah dikenal lebih dulu sebagai destinasi wisata. Tapi, untuk keindahan air terjunnya juga tetap masih indah Air Terjun Tumpak Sewu dong hehe. Selain ke Goa Tetes, Anda juga bisa ke lokasi wisata yang lainnya yaitu Air Terjun Kapas Biru kalau masih kuat dan tidak capek lho ya hehe. Kalau sudah lelah mending pulang saja, istirahat.

Coban Tumpak Sewu memang salah satu air terjun yang ada di Kabupaten Malang yang sangat indah, namun karena letaknya yang berbatasan dengan Kabupaten Lumajang hal inilah yang terkadang menjadi hal yang direbutkan. Seringkali Air Terjun Tumpak Sewu ini di klaim oleh Kabupaten Lumajang sebagai salah satu destinasi wisata alam yang luar biasa.

Liburan ke Malang Bersama Travellora Tour

Buat Anda yang suka wisata alam tertarik tidak berkunjung ke sini? Jika mau ke sini, jangan lupa hubungi Travellora, ya?

Kami menyediakan berbagai paket wisata malang maupun transportasi di kota Malang. Bahkan buat kamu yang memang ingin berwisata di Malang menggunakan unit Innova Reborn, kamu dapat pesan di Sewa Mobil Innova Reborn Malang Terbaik milik kami.

Kamu juga dapat memilih jenis armada apa yang hendak kamu gunakan untuk liburan bersama banyak rombongan, bersama keluarga, kawan, dan siapa saja. Sebab kami menyediakan Jasa Sewa Mobil Malang Murah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *