Skip to main content
Batu Flower Garden

Coban Rais – Primadona Baru Wisata di Kota Batu

Coban Rais – Kota Batu, memang gudangnya tempat wisata alam. Selain memiliki Coban Rondo yang eksotis dan elegan, Kota di Jawa Timur ini juga mempunyai aset wisata yang tak kalah hits. Lokasi wisata ini bernama Coban Rais. Sebelum dijadikan sebagai lokasi destinasi wisata, lokasi ini dulunya merupakan salah satu spot camping yang cukup populer di Jawa Timur.

Batu Flower Garden

Dalam bahasa setempat, coban berarti air terjun. Sehingga sudah dapat dipastikan bahwa lokasi ini merupakan destinasi wisata air terjun. Keindahan pemandangan alam yang ada sudah terkenal, dengan pepohonan yang mengelilingi serta rumpun bambu berjejer di sepanjang jalan menuju ke air terjun.

Menurut sejarahnya dulu, area ini diberi nama Coban Sabrangan. Hal ini dikarenakan, untuk menuju lokasi, orang harus menyebrangi beberapa anak sungai. Akan tetapi, namanya kemudian diubah menjadi Rais, nama salah seorang penduduk setempat. Tidak diketahui informasi pastinya mengapa nama Rais yang dipilih.

Lokasi dan Harga Tiket Masuk Coban Rais

Lokasi Coban Rais berada di lereng timur Bukit Panderman. Tepatnya di Ds. Dresel, Ds. Oro-oro Ombo yang secara administratif masuk dalam wilayah Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Kurang lebih berjarak 5 km ke arah sebelah barat daya dari Alun-alun Kota Batu.

Untuk masuk kawasan lokasi wisata air terjun ini, harga tiket masuknya tidak terlalu mahal. Yang terbaru, tiket lokasi air terjun dibandrol seharga Rp10.000,- per orang. Sementara itu, biaya parkir untuk mobil adalah Rp10.000,- dan Rp5.000,- untuk kendaraan roda dua.

Tersedia pula tempat penyewaan kamera bagi yang ingin mengabadikan momen di sini. Untuk satu unit kamera DSLR dapat disewa seharga Rp20.000,- dan Rp75.000,- untuk per unit kamera drone. Jam buka tempat ini sendiri dimulai pada pukul 07.30 sampai dengan pukul 15.00 WIB.

Rute Menuju Lokasi Wisata

Rute menuju Coban Rais tidak terlalu sulit dan tidak memakan waktu lama. Dari pusat Kota Batu hanya berjarak sekitar 7 km. Artinya, lokasi wisata ini bisa didatangi hanya dengan berkendara selama 15 sampai 30 menit dengan kecepatan normal. Tinggal mengemudi saja dari Terminal Batu menuju ke arah Studio Batu TV. Rute ini bisa digunakan untuk pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi.

Bagi yang akan menggunakan transportasi umum, maka naiklah angkutan kota BIL berwarna kuning di Terminar Landungsari tujuan Batu. Setelah itu, katakan kepada sopir angkutan untuk diturunkan di Pertigaan Tugu Oro-oro Ombo. Dari pertigaan, tinggal naik ojek menuju ke lokasi.

Untuk yang menggunakan angkutan kota warna pink, maka minta diturunkan di Terminal Batu. Dari sana, masih harus naik angkutan kota lain dengan tujuan ke Pertigaan Tugu Oro-oro Ombo. Baru kemudian menuju ke lokasi wisata menggunakan ojek. Oleh karena itu, sebaiknya bertanya terlebih dahulu kepada sopir untuk memastikan sudah menaiki angkutan yang benar.

Baca Juga :
Air Terjun Bidadari
Air Terjun Kabut Pelangi Lumajang

Atraksi Wisata Di Coban Rais

Spot Foto Coban Rais

Bertemakan sebagai lokasi wisata alam, Coban Rais tak hanya menyuguhkan pemandangan hasil karya Sang Pencipta. Ada beberapa atraksi wisata menarik yang sengaja dibangun untuk para pengunjung yang datang. Berikut adalah beberapa wahana buatan yang menarik minat para pengunjung untuk datang ke tempat ini:

Rumah Hobbit (The Hobbit)

Rumah Hobbit adalah wahana wisata Coban Rais yang terdapat di area Bukit Bulu. Di sini, pengunjung akan diberi kebebasan menentukan spot terbaik untuk berfoto. Rumah Hobbit sendiri merupakan tergolong populer di Indonesia. Beberapa lokasi wisata bertemakan rumah hobbit pun banyak di bangun di daerah lain.

Yang membedakan rumah hobbit di lokasi ini dengan yang ada di tempat lain yakni suasana yang ditawarkan. Di sini, miniatur rumah yang terinspirasi dari hasil imajinasi J.R.R. Tolkien ini dibangun di atas bukit. Udara yang bersih serta pemandangan asri pun menjadi daya tarik utama.

Bukit Bunga (Batu Flower Garden)

Atraksi kedua yang ditawarkan di lokasi ini yaitu Bukit Batu Flower Garden, atau mudahnya sebut saja sebagai bukit bunga. Ada beragam jenis bunga beragam warna sengaja ditanam dan menciptakan pemandangan yang menakjubkan. Tak heran, atraksi yang satu ini langsung menjadi favorit bagi para pengunjung yang datang.

Wahana ini disebut bukit bunga. Karena jika diteropong dari jauh, seakan di seluruh area bukit, tertutup oleh bunga-bunga yang sedang mekar. Landscape inilah, yang tidak boleh ditinggalkan oleh para wisatawan. Bahkan, rugi jika tidak mengabadikannya dalam jepretan kamera. Hanya saja, khusus untuk atraksi yang satu ini, pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp25.000,- jika ingin masuk.

Gardu Pandang

Jika ingin bersantai menikmati pemandangan dari ketinggian, maka bisa dilakukan dari Gardu Pandang. Disebut sebagai Gardu Pandang, karena memang fungsinya adalah sebagai tempat wisatawan untuk memandang pemandangan yang terjadi di depan mata.

Gardu Pandang Coban RAis

Berbeda dengan gardu pandang yang ada di lokasi lain, Gardu Pandang ini tidak memiliki seperti gazebo ataupun pondokan gardu lainnya. Melainkan berbentuk hati, membuat banyak pasangan kekasih mengabadikan momen di lokasi ini.

Spot Wefie Penuh Bunga

Satu lagi yang paling menarik jika datang ke lokasi wisata ini adalah, tak akan pernah kehabisan lokasi untuk ber-selfie. Mau difoto dari arah mana pun, hasilnya akan tetap bagus dipandang. Terlebih pihak pengelola telah menyediakan puluhan spot selfie dengan beragam tema latar belakang.

Berfoto di lokasi dengan udara yang sejuk, tentu bisa menambah keasyikan dan menjadikan lupa waktu. Tak perlu pula terburu-buru karena cuaca yang panas, sebab di sini sepanjang waktu selalu terasa sejuk. Intinya, lokasi ini wajib didatangi karena sangat instagramable.

Sepeda Udara

Untuk pengunjung yang hobi memacu adrenalin, naik sepeda udara di lokasi wisata yang satu ini layak untuk dicoba. Dijamin, akan memacu jantung untuk berdetak lebih cepat dibandingkan biasanya. Tak perlu khawatir soal keamanan, sebab wahana yang satu ini sudah lulus uji keselamatan dan terdapat petugas profesional yang selalu mengawasi.

Camping Ground

Di lokasi ini, tersedia pula camping ground bagi wisatawan yang ingin menikmati suasana camping di perbukitan yang indah. Untuk dapat camping di tempat ini, pengunjung harus meminta izin terlebih dahulu kepada pengelola.

Baca Juga :
Goa Tetes Lumajang
Wisata Pulau Menjangan

Fasilitas yang Ada Coban Rais

Selain memiliki wahana wisata yang beragam, pihak pengelola juga membangun fasilitas yang lengkap bagi para wisatawan. Fasilitas ini dibangun, semata untuk mempersiapkan segala kebutuhan pengunjung ketika berwisata. Berikut adalah beberapa fasilitas yang tersedia di Coban Rais untuk para pengunjung, antara lain:

• Lokasi parkir yang luas
• Warung makanan untuk tempat menghilangkap lapar pengunjung setelah bersenang-senang
• Fasilitas ibadah berupa musholla
• Toilet

Jika ke Malang, apalagi tujuannya ada di Kota Batu, jangan lupa mampir di Coban Rais. Dengan keindahan alam yang dianugerahkan Sang Pencipta, tiket masuknya pun murah meriah. Ditambah lagi, lokasi ini pun semakin mempercantik diri. Oleh karenanya, lokasi ini bisa menjadi destinasi alternatif untuk menghabiskan waktu di Kota Batu.

Dan satu lagi, Travelloratour menyediakan jasa sewa mobil untuk keperluan wisata anda selama di Malang. Bukan sekadar mobil keluarga saja, tapi kami juga memiliki layanan Sewa Bus Pariwisata Malang yang cocok untuk anda yang datang berwama rombongan. Bahkan Sewa Jeep Bromo, juga kami sediakan. Jadi anda dapat mempercayakan kepada kami untuk urusan perjalanan wisata anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PESAN TRAVEL SEKARANG