Skip to main content
Air Terjun Kabut Pelangi Lumajang

Air Terjun Kabut Pelangi – Si Cantik yang Masih Tersembunyi di Lumajang

Air Terjun Kabut Pelangi – Masih banyak para wisatawan yang tidak mengetahui bahwa Lumajang menyimpan sejuta pesona di balik namanya. Wisata alam di Lumajang tidak bisa dipandang dengan sebelah mata. Air Terjun Kabut Pelangi adalah salah satu bukti nyata keindahan alam eksotis yang berada di Lumajang.

Lokasi dan Harga Tiket Masuk Air Terjun Kabut Pelangi

Lokasi wisata Air Terjun Kabut Pelangi berada di wilayah Lumajang, tepatnya di Mulyoarjo, Pronojiwo. Untuk mencapai tempat wisata air terjun, pengunjung sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi. Hal ini dikarenakan belum tersedianya fasilitas transportasi umum untuk mencapai tempat ini.

Mengcapai lokasi air terjunnya sendiri, perjalanan yang harus ditempuh memang tidaklah sederhana dan mudah. Tentu saja demikian, karena jalan yang harus ditempuh adalah jalan bebatuan yang disertai dengan tanah.

Wisata Air Terjun Kabut Pelangi Lumajang

Terlebih jika cuaca sedang hujan, jalanan menjadi licin dan akan memakan waktu lebih lama lagi. Ini merupakan sebuah tantangan bagi para pengunjung, namun bisa menjadi sebuah petualangan bagi yang gemar trekking. Jarak tempuh untuk mencapai titik utama perjalanan adalah sejauh 2 kilometer, dan kadang akan menemukan area dengan kemiringan 45 derajat.

Tarif biaya masuk ke objek wisata ini sendiri terbilang murah, cukup Rp5.000,- saja untuk setiap orangnya. Jelas nilai yang sangat kecil mengingat indahnya pemandangan yang bisa didapatkan dinikmati di tempat ini. Hanya saja, wisata air terjun ini hanya beroperasi sampai jam 16.00 WIB setiap harinya bagi wisatawan umum.

Baca Juga :
Goa Tetes Lumajang
Air Terjun Tumpak Sewu

Yang Perlu Diketahui dari Air Terjun Kabut Pelangi

Bagi para traveler yang belum mengetahui tentang tempat wisata yang satu ini, tidak perlu khawatir. Berikut adalah beberapa informasi tentang Air Terjun Kabut Pelangi yang mampu memikat para pengunjungnya:

Masih Jarang Dikunjungi

Belokasi di bawah kaki Gunung Semeru, menyebabkan jarangnya ada wisatawan yang berkunjung ke air terjun ini. Ditambah dengan cuaca yang kadang tidak menentu, tak heran jika objek wisata yang eksotis ini belum terlalu terkespos di dunia kepariwisataan.

Selain itu, wisata air terjun ini yang satu ini benar-benar masih berada di kawasan yang dipenuhi oleh pepohonan yang menjulang tinggi dan jauh dari akses utama Kota Lumajang. Tak heran “Si Cantik” ini masih sangat terjaga keindahan dan kelestariannya.

Asal-usul Nama Kabut Pelangi

Tidak sembarang memberi nama, sebutan Air Terjun Kabut Pelangi memiliki asal-usul yang cukup menarik untuk diketahui. Penduduk sekitar mengatakan air terjun ini memang kerap kali menujukkan penampakan pelangi. Kata kabut juga digunakan karena seringnya para penduduk melihat adanya kabut di sekitar air terjun ini.

Berawal dari sanalah, air terjun di Lumajang ini dijuluki dengan nama Kabut Pelangi atau Coban Pelangi. Tidak perlu khawatir, karena walaupun ada kabut, para pengunjung masih tetap bisa menikmati keindahan air terjun yang satu ini. Bahkan ada beberapa pengunjung yang datang hanya untuk menikmati suasana kabut di tempat ini.

Sensasi Menikmati Air Terjun Setinggi 100 Meter

Dengan memiliki ketinggian 100 meter, air terjun ini menghasikan suara gemuruh air yang cukup keras namun lembut. Didukung pula dengan keberadaannya yang berada di dataran tinggi, yaitu sekitar 1200 di atas permukaan laut. Sensasi berada di dekat Coban Pelangi ini sangatlah berbeda dari wisata air terjun di tempat lain.

Pengunjung yang berada di sini juga akan mendengar berbagai suara hewan yang memang hidup di sekitar kawasan air terjun. Dihiasi dengan berbagai bebatuan yang terkena cipratan air akan menambah kesan magis wisata alam yang terletak di Pronojiwo ini.

Spot Foto yang Eksotis

Beriwisata tentunya tidak akan lengkap tanpa mengabadikannya dalam sebuah foto. Para wisatawan yang berkunjung ke wisata air terjun pelangi ini akan dimanjakan dengan berbagai spot foto yang sangat indah. Baik di siang maupun sore hari, Coban Pelangi tetaplah akan memberikan spot foto yang indah bagi para wisatawan.

Air Terjun Kabut Pelangi Lumajang

Para traveler yang belum puas hanya dengan spot foto di daerah air terjun, bisa bergeser ke daerah perkebunan yang tak kalah bagusnya. Di sekitar perkebunan yang notabene dimiliki oleh warga sekitar, para wisatawan akan menemukan Kali Sriti dengan sumber air dari Gunung Semeru sebagai hulunya.

Pemandangan Bak Lukisan Alam

Tidak perlu diragukan lagi, wisata air terjun yang satu ini miliki pesona yang memikat hati. Siapa pun yang datang ke sini, pasti ingin kembali lagi. Coban Kabut Pelangi memang indah. Dikelola langsung oleh Perum Perhutani, Malang, tempat ini memang sangat dijaga kelestariannya. Di dalam kawasan hutan yang berada di sekeliling air terjun juga terdapat beberapa satwa liar salah satunya elang.

Air Terjun Kabut Pelangi

Air Terjun Anak Kabut Pelangi

Keunikan lain dari objek wisata yang ada di Lumajang ini adalah adanya Air Terjun Anak Kabut Pelangi. Ketika pera pengunjung mulai memasuki area wisata, yang pertama kali menyapa mata pengunjung adalah Air Terjun Anak Pelangi. Butuh kurang lebih perjalanan 15 menit lagi dari Air Terjun Anak Kabut Pelangi ke lokasi Coban Pelangi.

Perjalanan yang ditempuh untuk dapat menikmati keindahan Coban Pelangi memang cukup menguras tenaga dan keringat para wisatawan yang berkunjung. Jangan bersedih karena semua rasa lelah itu terbayar ketika melihat betapa megahnya pemandangan air terjun yang menanti.

Fasilitas yang Lengkap

Dilihat dari harga tiket masuknya yang murah, siapa sangka lokasi wisata ini memiliki fasilitas lengkap. Objek wisata alam Kabut Pelangi menyediakan hampir semua fasilitas kebutuhan bagi para pengunjung. Mulai dari musholla, toilet, hingga lahan parkir yang luas tersedia di kawasan objek wisata ini.

Bagi pengunjung yang ingin membawa buah tangan, bisa memesan buah salak kepada warga dengan harga Rp5.000,- saja untuk harga per kilonya. Pengunjung yang belum bisa melupakan keindahan Coban Pelangi ini, bisa bekemah di tempat ini. Terdapat area camping ground yang disediakan di sekitar area air terjun. Wisatawan pun bisa semakin berlama-lama menikmati keindahan pemandangan air terjun.

Baca Juga :
Keindahan Puncak B29 Lumajang
Wisata di Pulau Menjangan

Melihat Fenomena yang Unik

Fenomena yang bisa disaksikan oleh para pengunjung di Coban Pelangi ini adalah melihat bagaimana terbentuknya pelangi di antara air terjun yang berasal dari bias cahaya dan juga air. Sayangnya, fenomena unik ini tidak bisa disaksikan setiap hari karena sangat bergantung pada cuaca.

Di hari yang cerah, hanya pengunjung yang beruntung saja yang akan menjadi saksi betapa indahnya ketika pelangi muncul di tengah-tengah air terjun. Dilengkapi dengan kabut yang tipis dan hawa sejuk, pengunjung pun akan merasa betah untuk berada di objek wisata ini lebih lama lagi.

Menjelajahi dan mengenal wisata alam di Lumajang memang tidak cukup hanya dalam waktu sehari. Air Terjun Kabut Pelangi merupakan salah satu aset terbaik yang patut untuk mendapat perhatian lebih dari para wisatawan. Semoga informasi di atas bisa menambah daftar panjang daftar wisata alam di Indonesia khususnya Lumajang, Jawa Timur.

Mencari Layanan Sewa Bus Malang Pariwisata atau Sewa Jeep Bromo? Hubungi admin kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PESAN TRAVEL SEKARANG