Skip to main content
Pantai Balekambang - Pantai Malang Seatan

5 Pantai Malang Selatan yang Keindahannya Di Kenal Sejak Dahulu Kala

Home » Blog » 5 Pantai Malang Selatan yang Keindahannya Di Kenal Sejak Dahulu Kala

5 Pantai Malang Selatan – yang Keindahannya Di Kenal Sudah Sejak Dahulu Kala – Kota Malang memang memiliki banyak tempat wisata yang menarik dan indah untuk dikunjungi. Mulai dari wisata gunung, wahana, pantai dan lain sebagainya ada di sini.

Dan untuk kali ini, kami hendak mengulas beberapa pantai di Malang selatan yang sudah terkenal akan keindahannya, yang mana kamu sendiri pernah mendengar atau bahkan pernah kesana. Cek info travel malang juanda disini

Tentu artikel ini adalah teruntuk kamu yang hendak pergi ke Malang, atau kamu yang mencari info tentang pantai-pantai di Malang yang sudah “kondang” ketenarannya. Atau kamu yang mencari sebuah alasan “mengapa harus mengunjungi pantai di Malang”, maka kamu tengah membaca paragraf pembuka dari artikel dan website yang tepat.

Sebab di Malang sisi selatan, adalah gugusan pantai yang memanjang dari timur hingga ke Barat. Beberapa sudah lama tenar, beberapa baru saja di buka, dan masih banyak pantai dengan status surga tersembunyi. Tak perlu berpanjang kalam, mari kita bahas pantai di Malang selatan yang sudah terkenal akan keindahannya.

Pantai Balekambang – Tanah Lotnya Malang

Kamu pernah mendengar nama pantai satu ini? Atau pernah kesana? Pantai Balekambang ini sudah sangat lama dikenal masyarakat luas, baik itu wisatawan lokal maupun asing. Keberadaan Pura di pulau pinggir pantai membuatnya mendapat julukan Tanah Lotnya Malang. Yang mana Tanah Lot adalah sebuah pantai yang sangat indah di Pulau Bali.

Pantai Balekambang - Pantai Malang Seatan

Pantai Balekambang ini adalah salah satu pantai di Malang selatan terindah yang memiliki area cukup luas. Panjang pantai yang kurang lebih 1km, membuat pantai ini otomatis menjadi favorit bagi orang untuk berlibur. Terlebih keberadaan pura yang begitu ikonik, semakin menambah daya tarik pantai satu ini.

Info travel surabaya malang murah 24 jam di Travelloratour

Karena pantai ini adalah pantai yang sudah lama terkenal, maka ajar jika fasilitas yang tersedia di Pantai ini sudah sangat lengkap. Mulai dari tempat parkir, toilet umum, mushola, restoran, penjual oleh-oleh, bahkan penginapan semua tersedia lengkap di Pantai Balekambang ini.

Jadi kamu yang berencana berkunjung kemari, tak perlu bingung soal kelengkapan fasilitas. meskipun mungkin agak sedikit lebih mahal dari harga normal sebab dalam area wisata, setidaknya kamu tidak perlu bingung tentang kebutuhan kamu selama liburan di pantai ini.

Untuk kamu ketahui, Pantai Balekambang akan sangat ramai oleh pengunjung ketika hari-hari tertentu. Seperti ketika lebaran kaum muslim,  ketika hari raya Umat Hindu, atau ketika datang hari upacara adat. Seolah orang yang datang merubah pantai pasir menjadi lautan manusia.

Baca juga: Tempat wisata pilihan surabaya

Pantai Bajul Mati – Pesona Keindahan Pantai yang Mati Suri

Keindahan Pantai Bajul Mati sebenarnya sudah sangat lama terkenal, namun karena kurangnya peraatan membuat pesona keindahan pantai ini perlahan pudar dan mengalami mati suri. Mati suri, sebab baru-baru ini pihak pemerintah dan pengelola mulai kembali “menyentuh” pantai satu ini.

Pantai Bajul Mati - Pantai Malang Selatan

Pantai yang terkenal dengan bibir pantai memanjang dan melengkung ini dahulunya sempat menjadi destinasi favorit untuk warga Malang Raya. Sebab dari namanya sendiri sangatlah unik, “Bajul Mati”. Yang mana dalam bahasa Indonesia memiliki arti Buaya Mati.

Konon katanya, pantai di Malang selatan ini dulunya pernah terdapat buaya putih besar yang mati dan terdampar di bibir pantai, kemudian karena itulah, orang menyebutnya dengan Pantai Bajul Mati. Terlepas benar tidaknya, setidaknya cerita tersebut hanya menambah kemenarikan pantai satu ini.

Terlebih panorama pantai yang melengkung, pasir yang putih dan area pantai yang sangat luas menjadi daya tarik paling menawan di pantai ini. Dan seiring membaiknya akses jalan dewasa ini, pemerintah dan pengelola mulai menghidupkan kembali wisata pantai satu ini.

Pantai Wonogoro – Pantai Indah Rusak dan Terabaikan

Judul pembuka Pantai Wonogoro – pantai indah rusak dan terabaikan kiranya sangat tepat menggambarkan pantai di Malang selatan ini. Sebab ulah tangan dari manusia yang sedikit memiliki kuasa, perlahan merusak dan membuat pantai ini tidak seramai dahulu kala.

Dulu, pantai ini adalah pantai paling ramai di jajaran pantai Malang Selatan setelah pantai Balekambang. Namun sebab ulah pengusaha tambak dan pengusaha tambang pasir besi membuat pantai ini menjadi sangat asing bagi pencari keindahan pantai di Malang.

Dahulu, ketika lebaran ketupat (H+7 Iddul Fitri) tiba, masayarakat lokal selalu memadati pantai satu ini. Selain untuk menyaksikan upacara adat Larungan, mereka berkumpul bersama keluarga besar sembari menikmati puncak hari raya fitri.

Namun jangan khawatir, meskipun pantai ini sudah terjamah tangan manusia yang sedikit memiliki kuasa tersebut, pantai ini masih memiliki keindahan yang bisa di bilang tersembunyi. Sebut saja Taman Ayu, yang hanya di batasi oleh tebing, atau wedi ireng yang merupakan spot favorit bagi para pemancing.

Jadi, meskipun ada yang rusak, namun pantai satu ini tetap memiliki keindahannya tersendiri.

Pantai Sendang Biru – Pelabuhan Pecinta Seafood

Pantai Sendang biru di Malang ini adalah pantai yang menjadi tempat pelabuhan para nelayan. Dimana nelayan menjual hasil tangkapan ikannya di TPI. Maka tidak berlebihan menyebut pantai ini sebagai pelabuhannya pecinta seafood. Sebab banyak sekali jenis ikan yang di perdagangkan disini.

Pantai Sendang Biru Malang

Selain itu, kamu dapat memasak langsung ikan yang kamu beli, sehingga makan disini sangat-sangat berbeda sensasinya ketika membeli seafood di rumah makan, sebab ikan yang masih super fresh dari laut, langsung dimasak dan di nikmati sembari menikmati pemandangan laut.

Meskipun sebenarnya daya tarik utama di pantai ini adalah Pulau Sempu, namun kami tidak akan mengulas keindahan pulau tersebut. Sebab hingga artikel ini diterbitkan, Pulau Sempu masih menjadi lahan sengketa. Untuk detail siapa yang mempersengketakan, kami sama sekali tidak tahu, itu di luar kapasitas kami sebagai pengulas wisata.

Namun terlepas dari itu, panati ini sangat layak untuk kamu kunjungi. Sebab aktivitas seru pantai di Malang selatan ini sangat beragam. Sebut saja menyewa speed boat, berenang, camping dll masih dapat kamu nikmati ketika mengungjungi Pantai Sendang Biru ini.

Pantai Ngliyep – Keindahan dan Mitos Nyi Roro Kidul

Agak horor juga judul yang kami pasang ternyata yah? Pantai Ngliyep – Keindahan dan Mitos Nyi Roro Kidul. Namun jangan takut, semata-mata itu hanya untuk menarik saja, agar orang sudi tertarik dan mampir membaca artikel kami ini.

Pantai Ngliyep Malang Selatan

Namun memang benar, Pantai Ngliyep adalah pantai di Malang selatan yang sering di kaitkan dengan mitos Nyi Roro Kidul, yang konon adalah penguasa laut selatan Pulau Jawa. Bahkan kabarnya, di bulan atau hari tertentu, orang mengirim sesajen dan menghanyutkannya ke laut untuk persembahan kepada Nyi Roro Kidul tersebut.

Namun terlepas dari segala mitos, legenda atau cerita rakyat, pantai ini sudah sangat lama terkenal sebagai pantai yang sering di kunjungi di Malang. Keindahan pantainya tidak dapat di pandang sebelah mata begitu saja. Terlebih pantai ini memiliki banyak spot foto yang sangat keren.

Demikian sedikit info tentang pantai di Malang yang sudah lama terkenal di Malang. Jangan lupa mampir kesana, menyaksikan langsung keadaan pantai-pantai yang sudah lama terkenal keindahannya tersebut. Dan gunakan jasa sewa mobil malang untuk menuju destinasi tersebut

Pantai Malang Selatan yang face to face dengan Samudera Hindia memuat pantai-pantai tersebut memiliki ombak yang lumayan besar. Jadi berhati-hatilah, ikuti petunjuk dan jauhi larangan yang ada demi keselamatan kamu.

Selamat beriwisata.

One thought to “5 Pantai Malang Selatan yang Keindahannya Di Kenal Sejak Dahulu Kala”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *